5 Cara Mengetahui Skincare Cocok atau Tidak, Wajib Dilakukan Sebelum Pakai Produk Baru
5 cara mengetahui produk skincare cocok atau tidak dengan kulit wajahmu. (Pexels/Anna Nekrashevich)

SKINCARE PEDIA – Sekarang ini tentu saja banyak di antara kamu yang sudah rutin menggunakan skincare. Tujuannya tentu untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah.

Tapi apakah semua produk skincare cocok di kulitu? Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda, sehingga kebutuhan kulitmya pun berbeda.

Oleh sebab itu, penggunaan skincare tidak boleh asal. Lalu, bagaimana kira-kira cara mengetahui skincare yang kamu pakai cocok atau tidak? Yuk, lakukan cara ini untuk mencari tahu.

5 Cara Mengetahui Skincare Cocok atau Tidak dengan Kulitmu

1. Lakukan Test Patch

Sebelum kamu mencoba produk baru, lakukan test patch yang dinilai efektif memberikan tanda apakah skincare cocok atau tidak pada kulit.

Langkahnya cukup mudah, pertama kamu oleskan produk skincare di area belakang telinga dan biarkan beberapa jam. Jika terjadi reaksi seperti gatal, kemerahan, ataupun efek lainnya, tandanya produk tersebut tidak cocok di kulitmu.

2. Jika Breakout Hentikan Pemakaian

Biasanya ketika wajah dalam kondisi breakout, muncul jarawat disertai peradangan di wajah. Jika hal ini terjadi hentikan pemakaian produk skincare.

Kandungan apa pun bisa menyebabkan breakout, semua tergantung kulitmu bisa menerimanya atau tidak. Jadi, harga mahal atau pun brand terkenal belum tentu cocok untuk kulit kamu.

3. Perhatikan Kondisi Kulit Setelah Pemakaian

Biasanya efek skincare akan muncul setelah 28 hari pemakaian. Jika kamu menemukan tanda-tanda permasalahan kulit, itu artinya skincare tersebut tidak cocok untuk kamu.

Sebaliknya, jika tidak menimbulkan efek apa pun, itu artinya kandungan di dalam skincare kamu bekerja dengan baik pada kulitmu.

4. Perhatikah Perkembangan Positif pada Kulit

Jika skincare bekerja secara optimal, tandanya bisa merubah kulit menjadi lebih baik. Misalnya saja kulit menjadi lebih cerah, atau jerawat perlahan mulai menghilang.

Artinya skincare yang kamu pakai cocok. Tanda skincare tidak cocok bisa terlihat jika membuat kulit justru semakin kusam atau muncul jerawat dan masalah lainnya.

Jadi, dengan cara ini kamu dapat dengan mudah mengetahui skincare yang kamu pakai cocok atau tidak.

5. Apakah Terjadi Purging?

Purging adalah proses detox pada kulit saat memakai produk baru dengan kandungan acid seperti retinol, niacinamide, AHA/BHA dan lain-lain.  Apabila pada awal pemakaian kamu mengalami masalah jerawat, itu artinya kulit kamu sedang beradaptasi.

Nah, ketika purging ini terjadi, cobalah untuk mnegurangi intensitas pemakaian. Saat kulit perlahan mulai membaik kamu boleh mencoba untuk meningkatkan intensitas pemakaian.

Jika dalam jangka waktu 1 hingga 3 bulan kulit semakin membaik itu artinya skincare kamu cocok. Namun jika purging tak kunjung berhenti itu tandanya kamu juga harus menghentikan pemakaian produk skincare tersebut.

Nah, itulah cara yang dapat kamu lakukan untuk mengetahui skincare yang kamu pakai cocok atau tidak. Jangan lupa untuk selalu terapkan cara ini agar tidak terjadi hal buruk pada kulitmu akibat dari pemakaian skincare yang tidak cocok.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *