Hukum Skincare Sebelum Wudhu, Panduan Lengkap dari Buya Yahya
Hukum skincare sebelum Wudhu menurut Buya Yahya. (Pexels/Cottonbro Studio)

SKINCARE PEDIA – Apakah Anda pernah merasa ragu ketika akan berwudhu namun masih dalam keadaan memakai skincare atau kosmetik?

Kondisi seperti ini tentu sering dialami oleh banyak wanita, baik saat di rumah maupun ketika sedang dalam acara penting seperti kondangan atau pesta lainnya.

Keutamaan Berwudhu

Keutamaan dari berwudhu adalah membersihkan diri dari hadas besar dan hadas kecil. Syarat dari berwudhu adalah bagian tubuh yang dibersihkan harus terbasuh seluruhnya. Rasulullah bersabda dalam hadis riwayat Imam Ahmad dan Abu Daud:

“Rasulullah SAW pernah melihat seseorang salat sedangkan di punggung kakinya ada bagian mengkilap karena tidak terbasuh air wudhu, seukuran sekeping dirham. Lalu Nabi SAW menyuruhnya mengulang kembali wudhunya.”

Bolehkah Berwudhu dengan Wajah yang Memakai Skincare?

Pertanyaan ini sering dialami oleh wanita yang menjadikan skincare sebagai kebutuhan rutin dalam merawat kulit. Namun, apa hukumnya jika berwudhu tetapi skincare tidak dihapus? Yuk, cari tahu jawabannya di artikel ini hingga tuntas.

Pakai Skincare Ketika Berwudhu

Menurut Buya Yahya yang dilansir dari channel YouTube Al-Bahjah TV, air wudhu tetap menyerap meskipun wajah menggunakan skincare. Skincare hampir menyatu dengan kulit.

“Karena tidak ada bentuk yang menempel dan membatasi, karena itu hampir menyatu dengan kulit, jadi tetap tembus,” jelasnya.

Namun, berbeda kondisinya ketika kita memakai skincare atau hand body yang berbentuk lotion. Kita harus memperhatikan hal ini.

“Permasalahannya adalah ketika wajah dibasuh, apakah airnya berubah atau tidak. Jika ada benda yang terpisah dari tangan seperti hand body atau lainnya dan merubah air, maka air itu tidak bisa digunakan lagi untuk bersuci,” ungkap Buya Yahya.

Jadi, sebaiknya wajah yang memakai skincare dihapus terlebih dahulu dengan cleansing sebelum berwudhu agar tidak ada keraguan lagi.

Menggunakan Kosmetik Waterproof Ketika Berwudhu

Masalah lain yang sering diperhatikan oleh banyak wanita adalah mengenai skincare atau kosmetik waterproof yang dipakai saat berwudhu. Saat ini banyak kosmetik waterproof digemari karena tidak mudah luntur ketika terkena keringat atau air sehingga make up lebih awet.

Dalam hal ini, Buya Yahya menegaskan umat muslim, khususnya wanita, harus jeli memeriksa kandungan yang ada dalam kosmetik waterproof tersebut. Disarankan untuk menghapusnya terlebih dahulu jika hendak berwudhu.

Kesimpulan

Penggunaan skincare dan kosmetik memang tidak salah jika ingin tampil menarik dan merawat kulit. Namun, jangan sampai keduanya menghalangi ibadah kita.

Semoga penjelasan ini membantu Anda untuk lebih memahami hukum skincare sebelum wudhu.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *