Kanker Kulit: Penyebab dan Gejala yang Sering Diabaikan
Penyebab dan Gejala kanker kulit yang jarang disadari penderita. (Pexels/Tara Winstead)

SKINCARE PEDIA – Kanker adalah salah satu penyakit yang berbahaya. Bahkan kulit juga dapat terkena penyakit kanker. Sama seperti jenis kanker lainnya, kanker kulit juga salah satu penyakit yang perlu di waspadai.

Kanker kulit adalah kondisi penyakit yang menyerang kulit akibat dari pertumbuhan sel-sel yang tidak normal.

Kanker kulit juga bisa menyerang sampai ke lapisan sel kulit yang paling dalam tanpa ada gejala awal yang berarti, sehingga kebanyakan penderita tidak menyadarinya bahkan sampai stadium akhir.

Lalu apa saja penyebab dan gejala yang dialami penderita kanker kulit? Simak info lengkapnya lewat artikel ini.

Jenis-Jenis Kanker Kulit

Kanker kulit merupakan salah satu penyakit yang seringkali tidak disadari oleh penderitanya. Terdapat tiga jenis utama kanker kulit yang biasanya ditemui:

  1. Karsinoma Sel Basal: Merupakan jenis kanker kulit yang berasal dari jaringan sel terdalam pada epidermis. Pertumbuhannya cenderung lambat dan biasanya tidak menyebar ke bagian tubuh lainnya.
  2. Karsinoma Sel Skuamosa: Berbeda dengan karsinoma sel basal, jenis kanker ini berasal dari jaringan sel pada bagian tengah dan terluar dari lapisan epidermis. Meskipun dapat menyebar, jika dideteksi dini, karsinoma sel skuamosa dapat disembuhkan sepenuhnya.
  3. Melanoma: Merupakan jenis kanker kulit yang langka namun mematikan, berasal dari jaringan sel penghasil pigmen pada kulit atau melanosit.

Penyebab Kanker Kulit

Kanker kulit umumnya disebabkan oleh kerusakan genetik di jaringan sel kulit, terutama akibat paparan sinar ultraviolet yang berlebihan.

Selain itu, faktor eksternal seperti paparan radiasi dan senyawa kimia juga berperan dalam perkembangan kanker kulit.

Faktor Eksternal

  1. Paparan Sinar Ultraviolet: Sinar UVA mampu menembus kulit hingga ke lapisan terdalam dan mengubah mutasi DNA pada kulit.
  2. Paparan Radiasi: Pengobatan dengan sinar radiasi seperti pada penderita eksim atopik dan jerawat dapat menyebabkan kanker kulit jenis karsinoma sel basal.
  3. Paparan Senyawa atau Bahan Kimia: Beberapa bahan kimia bersifat karsinogenik seperti arsenik dapat memicu kanker kulit.

Gejala Kanker Kulit yang Sering Diabaikan

Meskipun penting untuk diwaspadai, gejala-gejala kanker kulit seringkali tidak disadari oleh penderitanya. Beberapa gejala yang mungkin kamu alami adalah:

  • Munculnya bercak kemerahan pada kulit.
  • Timbulnya benjolan berwarna terang pada kulit.
  • Mengalami nyeri pada sendi jika kanker telah menyebar ke tulang.
  • Tekstur kulit menjadi kasar dan bersisik.
  • Munculnya luka kecil atau besar pada area tubuh yang sering terpapar sinar matahari.
  • Merasa gatal dan nyeri pada kulit.
  • Perubahan warna kulit secara drastis.
  • Adanya luka terbuka yang tak kunjung sembuh.

Kesimpulan

Penting untuk diingat bahwa tidak benar bahwa seseorang dengan kulit gelap lebih aman dari kanker kulit. Setiap orang memiliki risiko yang sama terhadap penyakit ini.

Penting untuk selalu menjaga kulit dan mencegahnya dengan perawatan yang tepat serta segera memeriksakan diri ke dokter jika mengalami gejala-gejala kanker kulit.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *