Manfaat Berjemur di Pagi Hari, Benarkah Bisa Mencegah Kelahiran Prematur?
Ilustrasi | Penjelasan mengenai manfaat berjemur di pagi hari. (Pexels/Mikhail Nilov)

SKINCARE PEDIA – Berjemur pada pagi hari tentu sudah menjadi bagian dari hidup sehat. Diketahui dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi memberi berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh.

Ketika melakukan aktivitas berjemur akan membantu memproduksi vitamin D dalam tubuh, dimana vitamin D itu sendiri kaya akan antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh.

Namun apa saja kira-kira manfaat berjemur di pagi hari. Yuk simak informasinya berikut ini.

 

Durasi Berjemur di Pagi Hari

Meskipun sinar matahari dapat membahayakan kulit, namun paparan sinar matahari juga memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Untuk mendapat manfaat baiknya kamu bisa lakukan dengan berjemur selama 5 hingga 15 menit pada pagi hari.

Tidak dianjurkan untuk berjemur dengan durasi yang terlalu lama dan tentunya harus dengan perlindungan, seperti mengenakan kacamata hitam dan mengoleskan tabir surya.

Jika dilakukan dengan tepat maka kamu akan mendapatkan manfaat kesehatan. Berikut ini manfaat dari berjemur di pagi hari.

 

Manfaat Berjemur di Pagi Hari

  1. Mengurangi Risiko Stress

Sinar matahari memiliki kemampuan untuk memengaruhi otak agar melepaskan hormon serotonin. Hormon serotonin sendiri berperan untuk meningkatkan mood dan membantu memberikan rasa tenang.

Bahkan pada seseorang yang tidak sedang mengalami stress pun dapat merasakan manfaat dari berjemur, ada perubahan suasana hati yang dapat ia rasakan.

  1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Faktor usia ataupun kesibukan aktivitas yang dihadapi menjadikan seseorang rentan mengalami perubahan pola tidur. Padahal kurangnya waktu tidur dapat menyebabkan terjadinya kerusakan sel-sel tubuh serta menurunnya daya tahan tubuh.

Dengan melakukan aktivitas berjemur di pagi hari ini dapat membantu siklus tidur kamu menjadi lebih teratur. Berjemur di bawah sinar matahari pagi dengan rutin akan membantu tubuh kamu untuk merasa mengantuk ketika matahari terbenam.

  1. Mencegah Gangguan Tulang

Berjemur di pagi hari juga diyakini dapat mencegah gangguan pada tulang. Sebab, paparan sinar matahari pagi akan membantu produksi vitamin D alami dalam tubuh.

Vitamin D inilah nutrisi yang diperlukan tubuh untuk penyerapan kalsium dan fosfor.  Dengan ini, tentu akan membantu pencegahan osteoporosis dan radang sendi.

Gangguan pada tulang tidak hanya dialami oleh orang dengan usia lanjut, namun tak terkecuali pada kaum muda. Untuk itu sebaiknya cegah pengeroposan tulang sedini mungkin dengan rutin berjemur di pagi hari.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Dengan rutin berjemur di pagi hari, asupan vitamin D akan terpenuhi. Ini artinya kekebalan tubuh akan meningkat sehingga mengurangi risiko berbagai penyakit, seperti flu, penyakit jantung, ataupun penyakit autoimun.

  1. Menurunkan Risiko Bayi Lahir Prematur

Asupan vitamin D yang diperoleh saat berjemur disebut- sebut dapat menurunkan resiko kelahiran prematur.

Dikutip dari yoona.id sinar matahari akan berperan penting dalam pelepasan nitric oxide dari kulit yang melemaskan pembuluh darah. Kondisi ini akan membantu kehamilan yang sehat dan bagus untuk janin.

Namun sayangnya mengenai manfaat yang satu ini masih menjadi bahan penelitian lebih lanjut untuk pembuktian dan kebenaran teorinya.

Pada beberapa penelitian memang tingkat persalinan prematur lebih tinggi terjadi pada wanita yang kurang vitamin D. Jadi, tidak ada salahnya jika kamu berjemur di pagi hari ketika kondisi hamil.

Itulah deretan manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika berjemur di pagi hari. Tetap gunakan pelindung seperti sunblock atau sunscreen agar aman dari kerusakan akibat sinar ultraviolet.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *