Mengenal 5 Tipe Kulit Wajah
Mengenal 5 tipe kulit wajah. (Freepik)

SKINCARE PEDIA – Merawat kulit itu sesuatu hal yang mudah, bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Selama kamu mengetahui apa tipe kulitmu, maka kamu dapat dengan mudah memilih produk perawatan yang tepat.

Produk perawatan akan diformulasikan sesuai dengan tipe-tipe kulit. Pertanyaannya, apa kamu sudah megenal tipe kulitmu seperti apa?

Skin lovers nggak perlu galau soal ini, kita akan membantu kamu untuk mengidentifikasi tipe-tipe kulit.

Mengenal 5 Tipe Kulit Wajah

  1. Kulit Normal

Tipe kulit normal bisa dikatakan sebagai tipe kulit yang paling aman. Sehingga tak heran kulit normal menjadi impian banyak orang.

Kulit normal memiliki tingkat kelembaban dan kekenyalan yang cukup. Tidak terlalu kering ataupun terlalu berminyak.

Minyak alami pada kulit tersebar merata dan tidak berlebihan sehingga tidak membuat wajah terlihat mengkilap.

Biasanya orang dengan tipe kulit normal tidak mengalami masalah kulit yang berarti. Atau bahkan tidak ada masalah kulit apapun.

Selain itu ukuran pori-pori wajah pun tidak terlalu besar dan wajah tidak terlihat kusam. Kulit normal dengan minim masalah ini menjadikannya mudah dalam perawatannya.

  1. Kulit Berminyak

Kult yang berminyak disebabkan oleh produksi sebum dalam kulit yang berlebih. Ciri yang paling spesifik adalah wajah terlihat mengkilap.

Kulit berminyak bermasalah dengan pori-pori wajah yang besar sehingga sering muncul jerawat dan komedo.

Kondisi kulit berminyak bisa semakin parah karena perubahan hormon, pertambahan usia dan lain-lain. Pemilik kulit berminyak disarankan untuk menghindari produk skincare dengan kandungan comedogenic.

  1. Kulit Kering

Ciri khas kulit kering diantaranya memiliki pori-pori yang kecil, kemerahan hingga mengelupas. Si pemilik kulit kering juga memiliki tingkat elastisitas yang rendah, kulit bersisik bahkan tampak garis-garis halus.

Tipe kulit ini biasanya sering disebabkan oleh usia yang semakin menua karena adanya perubahan hormon. Penyebab lain yakni karena kulit terkena paparan sinar matahari yang cukup lama.

Jika tidak mendapatkan perawatan yang tepat kulit akan mengalami peradangan bahkan bisa menjadi eksim.

  1. Kulit Kombinasi

Kulit kombinasi merupakan perpaduan dari tipe kulit kering dan berminyak. Ciri khasnya adalah pada bagian T-zone kondisinya lebih berminyak sedangkan di bagian pipi, mata dan mulut lebih terlihat kering.

Sebagai informasi area T-zone meliputi dahi hidung dan dagu.

Kulit kombinasi bisa disebabkan beberapa faktor seperti genetik dan  perubahan hormon. Orang dengan tipe kulit kombinasi akan lebih mengalami kesulitan dalam memilih produk perawatan.

Untuk itu perlu mempertimbangkan banyak hal mengenai kandungan pada produk skincare-nya

  1. Kulit Sensitif

Hal yang membedakannya dengan tipe kulit lain adalah tipe kulit ini mudah mengalami iritasi.  Kulit sensitif rentan mengalami gatal, kemerahan bahkan alergi suatu produk.

Orang dengan tipe kulit sensitif juga mudah mengalami kulit terbakar akibat paparan sinar matahari, untuk itu tabir surya menjadi hal sangat penting yang tidak boleh terlewatkan.

Ciri lain kulit sensitif terkandang tampak bercak dan pembuluh darah pada permukaan kulit.

Jika sudah mengenal tipe kulitmu sendiri, kamu tidak perlu bingung lagi untuk memilih produk perawatan kulit. Tetap lakukan perawatan kulit secara rutin dan sesuaikan dengan tipe kulit kamu.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *