Perbedaan Serum dan Essence, dari Manfaat hingga Pertimbangan Manakah yang Paling Baik?
Perbedaan serum dan essence, dari tekstur hingga manfaatnya. (Pexels/Karolina Kaboompics)

SKINCARE PEDIA – Ada nggak sih yang bingung dengan perbedaan serum dan essence? Sekilas kedua produk ini memang sama, keduanya sama-sama mampu membantu melembabkan dan menghidrasi kulit.

Dari segi formula dan teksturnya pun dirasa banyak kesamaan. Namun keduanya tidak persis sama. Yuk, cari tahu perbedaan serum dan essence. Kira-kira mana yang paling tepat untuk kebutuhan kulit kamu?

Apa itu Serum?

Serum adalah produk skincare yang berbentuk cairan, baik cair seperti air maupun sedikit kental. Serum terdiri dari bahan aktif yang bernutrisi dan mampu memberikan hasil signifikan pada kulit.

Fungsi serum beragam, di antaranya adalah mengatasi tanda penuaan, hiperpigmentasi, gari halus, dan kulit kusam.

Apa itu Essence?

Essence biasanya diformulasikan dengan bahan yang lebih banyak mengandung air yang menjadikan kulit menjadi lembab dan terhidrasi. Biasanya essence hanya memiliki 1 atau 2 kandungan dengan konsentrasi rendah, tidak beragam seperti serum.

Perbedaan Serum dan Essence

Tekstur

Jika dilihat sekilas keduanya memang memiliki tekstur yang sama. Namun, sebenarnya jika kamu sentuh secara langsung, keduannya beda lho.

Serum memiliki tektur yang lebih kental cenderung seperti lendir, sedangkan essence teksturnya lebih cair seperti air.

Dengan tektur seperti ini, essence lebih cepat meresap ke dalam kulit dibandingkan dengan serum yang membutuhkan waktu lebih lama untuk meresap ke dalam kulit.

Formula

Keduanya memang sama-sama memiliki formula yang ringan dan mudah meresap serta tidak lengket di kulit.

Namun, ada perbedaan yang signifikan dari segi formula. Yaitu, essence formulanya lebih ringan dengan konsentrasi bahan aktif yang lebih rendah.

Sedangkan pada serum memiliki bahan aktif yang konsentrasinya lebih tinggi sehingga lebih cocok menjadi solusi masalah kulit yang dihadapi.

Cara Menggunakannya

Perbedaan antara serum dan essence yang selanjutnya ada pada cara menggunakannya. Serum digunakan setelah melakukan pembersihan muka dan sebelum mengaplikasikan pelembab.

Ini bertujuan untuk mengoptimalkan serum terserap dengan baik oleh kulit. Serum ini digunakan ketika kamu memiliki target masalah kulit tertentu. Sehingga, dengan konsentrasi tinggi, serum digunakan dengan jumlah sedikit agar tidak menimbulkan iritasi kulit

Sedangkan essence digunakan untuk memberikan efek lembab pada kulit. Jika kamu salah satu orang yang khawatir dengan efek iritasi, seperti kemerahan, gatal, ataupun jerawat dari konsentrasi tinggi produk serum, kamu bisa ganti dengan menggunakan essence. Dengan begitu kamu dapat mendapatkan manfaat yang sama namun dengan konsentrasi lebih ringan.

Nah, itu dia perbedaan antara serum dan essence. Keduanya sama-sama baik yang memberikan manfaat untuk kesehatan kulit.

Sebenarnya boleh-boleh saja jika kamu ingin menduakan keduanya. Namun, harus tetap berdasarkan pada kebutuhan kulit.

Jangan berlebihan jika kamu tidak ingin muncul banyak permasalahan kulit. Semoga bisa membantu kamu dalam memilih produk ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *