Perbedaan Skincare dan Kosmetik, Begini Tips Memilih Produk yang Tepat
Ketahui perbedaan skincare dan kosmetik, serta tips memilih produk yang tepat untuk kebutuhan kulitmu. (Pixabay/pmvchamara)

SKINCARE PEDIA – Menurutmu skincare dan kosmetik itu berbeda atau sama? Seringkali skincare dan kosmetik digunakan secara bersama, namun tidak banyak yang memahami bahwa keduanya adalah produk yang berbeda.

Meskipun sama-sama digunakan untuk memepercantik kulit wajah, namun keduanya memiliki perbedaan fungsi yang signifikan.

Untuk itu, simak penjelasan berikut ini agar kamu tidak keliru dan bisa menyesuaikan produk yang akan dibeli untuk kebutuhan kulit.

Perbedaan Skincare dan Kosmetik

1. Perbedaan Berdasarkan Definisi

Skincare adalah produk yang digunakan untuk menjaga kondisi kulit dan memeperbaiki kulit menjadi lebih sehat lewat kandungannya yang dapat meresap ke dalam kulit. Skincare inilah yang membuat kulit terlihat cantik dalam waktu yang lama.

Sedangkan kosmetik adalah produk yang digunakan untuk merubah penampilan wajah serta menutupi masalah kulit seperti jerawat, noda hitam, garis halus dan kerutan.

Pengaplikasiannya hanya sampai pada permukaan kulit, berbeda dengan skincare yang bisa meresap ke dalam kulit. Kosmetik ialah produk yang merubah penampilan menjadi lebih pantas namun hanya  bersifat sementara.

2. Perbedaan Berdasarkan Jenis Produk

Pemakaian skincare yang dapat meresap ke dalam kulit ini bekerja untuk jangka panjang. Contohnya serum, toner, krim wajah, sunscreen, facial wash dan sebagainya.

Produk skincare tidak dapat mengubah wajah secara drastis. Skincare hanya membantu memperbaiki masalah kulit yang dialami seseorang.

Sebaliknya, kosmetik hanya bekerja untuk sementara waktu, dan akan dihapus jika sudah tidak diperlukan. Contoh produk kosmetik diantaranya bedak, foundation, maskara, pensil alis, lipstik, pemulas pipi dan mata, dan sebagainya.

Semua produk kosmetik seperti di atas dapat merubah penampilan wajah, bahkan bisa merubah karakter wajah aslinya. Dengan produk-produk kosmetik, wajah akan lebih terlihat menarik dan cantik dipandang.

3. Perbedaan Berdasarkan Waktu Penggunaan

Skincare digunakan untuk jangka waktu yang panjang kerena produk ini sifatnya perawatan. Untuk mendapatkan hasilnya perlu menunggu beberapa waktu terlebih dahulu.

Untuk mendapatkan hasil yang diharapkan skincare juga harus digunakan secara rutin pagi dan malam hari.

Sebaliknya, kosmetik digunakan hanya pada waktu-waktu tertentu saja. Kosmetik harus dihapus setelah tidak diperlukan.

Meskipun bisa dipakai untuk sehari hari tetapi tidak disarankan untuk digunaakn berlama-lama.

Bahkan ketika akan tidur kamu diwajibkan untuk menghapus kosmetik dengan bersih agar tidak menimbulkan masalah kulit seperti jerawat.

Tips Memilih Skincare dan Kosmetik

Tips Memilih Skincare

Skincare dan kosmetik merupakan 2 jenis produk yang berbeda, untuk itu perlu perhatikan banyak hal ketika membeli produk tersebut. Adapun tips memilih skincare dan kosmetik agar tidak keliru.

Untuk skincare, pilihlah skincare yang sesuai dengan jenis kulit kamu. Kulit kering, kulit berminyak, normal maupun kombinasi memiliki jenis perawatan yang berbeda.

Perhatikan juga kandungan di dalam skincare apakah cocok untuk kulit dan bisa mengatasi masalah kulit kamu atau tidak.

Dalam memilih produk skincare mulailah dengan basic skincare seperti face wash, pelembab, dan sunscreen. Lalu jika dirasa perlu untuk mengatasi masalah kulit yang spesifik kamu bisa tambah produk seperti serum, ataupun masker.

Tips Memilih Kosmetik

Untuk kosmetik, pastikan pilih kosmetik yang sesuai dengan kebutuhan. Berbeda dengan skincare yang harus sesuai dengan jenis kulit, kosmetik dipilih sesuai dengan tone kulit. Misalnya dalam memilih foundation harus pilih warna yang sesuai dengan tone kulit, ada warna yang cerah dan warna yang gelap.

Dalam memilih kosmetik mulailah dengan produk yang standar seperti bedak, alas bedak, dan lipstik atau lip gloss. Jika memerlukan produk yang lebih lengkap bisa tambah dengan, eyeliner, maskara, eye shadow dan lain lain.

Mulai sekarang jangan sampai keliru lagi dalam memilih skincare dan kosmetik ya. Tetap merawat kulit untuk mendapat kulit yang sehat dan bersinar.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *