Tips Pakai Skincare Sebelum Olahraga untuk Mencegah Wajah Breakout
Tips memakai skincare sebelum olaharga. (Pexels/Jonathan Borba)

SKINCARE PEDIA – Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang bermanfaat untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Manfaat olahraga antara lain, menguatkan otot-otot, meningkatkan imunitas, serta mengontrol berat badan. Selain baik untuk kesehatan tubuh, olahraga juga bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Walaupun sedang berolahraga, kamu harus tetap merawat kulit dengan rutinitas skincare. Penggunaan skincare sebelum berolahraga dapat mencegah wajah breakout yang disebabkan oleh pori-pori tersumbat.

Berikut ini adalah tips memakai skincare sebelum olahraga agar wajah tetap sehat dan terhindar dari breakout.

Tips Memakai Skincare sebelum Olahraga

1. Cuci Muka dengan Face Wash

Sebelum berolahraga, pastikan kamu membersihkan wajah dengan face wash favoritmu. Berolahraga dengan wajah yang kotor atau masih ada make up yang menempel dapat menyebabkan breakout. Oleh karena itu, cuci muka sebelum olahraga sangat penting.

2. Gunakan Toner untuk Melembapkan Kulit

Setelah membersihkan wajah dengan face wash, gunakan toner untuk mempersiapkan kulit wajah menerima skincare selanjutnya.

Jika kulitmu berminyak, pilih toner yang diformulasikan khusus untuk kulit berminyak. Toner tersebut akan membantu mengontrol produksi minyak berlebih sambil tetap menjaga kelembapan kulit.

3. Gunakan Pelembab

Saat berolahraga, kulit akan mengeluarkan banyak keringat. Oleh karena itu, kamu perlu menggunakan pelembab untuk mengunci kelembapan kulit sekaligus menutrisi kulit.

Kelembapan yang terjaga akan menghindarkan wajah dari risiko breakout. Jadi, jangan lupa gunakan pelembab sebelum berolahraga.

4. Gunakan Sunscreen untuk Melindungi Kulit dari Sinar UV

Baik olahraga indoor maupun outdoor, penggunaan sunscreen sangat penting untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UV yang dapat menyebabkan kerusakan kulit, seperti breakout dan hiperpigmentasi.

Pilih sunscreen dengan SPF 30 hingga 50 untuk perlindungan maksimal. Pilih sunscreen yang tidak menimbulkan efek whitecast agar penampilanmu tetap terjaga saat berolahraga.

Pastikan untuk mengaplikasikan sunscreen 15 hingga 30 menit sebelum kamu berolahraga.

5. Siapkan Handuk yang Bersih

Selain menggunakan skincare, kamu juga perlu menyiapkan handuk bersih untuk mengusap keringat selama berolahraga. Gunakan handuk kecil yang praktis dan pastikan handuk tersebut bersih.

Hindari memakai handuk yang kotor karena dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri yang menyebabkan breakout. Jangan gunakan handuk secara bersama dengan temanmu.

Kesimpulan

Bagi kamu yang sering berolahraga, penting untuk menerapkan skincare sebelum dan selama berolahraga untuk mencegah wajah breakout.

Dengan mengikuti tips di atas, kamu dapat menjaga kulit tetap sehat dan terhindar dari masalah kulit. Jangan pernah lewatkan rutinitas skincare ini, ya.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *