Artikel Beauty

Toner atau Moisturizer yang Lebih Dulu? Ini Jawabannya

toner atau moisturizer mana yang lebih dulu
Urutan yang benar penggunaan toner atau moizturizer mana yang lebih dahulu. (Pixabay/Tumisu)

SKINCARE PEDIA – Perawatan wajah adalah hal yang penting kita lakukan. Langkah yang menjadi pondasi pada perawatan wajah adalah menggunakan basic skincare.

Dari basic skincare akan diperoleh wajah yang sehat tanpa proses yang ribet. Ada berbagai macam skincare yang bisa kita gunakan, di antaranya adalah toner, serum, moisturizer.

Namun tidak sedikit yang masih bingung urutan pemakain skincare yang benar, pakai toner dulu atau moisturizer. Berikut kami sajikan penjelasannya untuk kamu.

Sebelum masuk dalam tahap urutan pemakaian yang benar antara toner dan moisturizer kamu harus paham fungsi keduanya.

Fungsi Toner dan Moisturuzer

Toner

Toner bukanlah prioritas utama dibandingkan dengan skincare-skincare yang lain. Ini memiliki fungsi untuk membersihkan wajah dan mengembalikan pH kulit kita menjadi normal sehingga akan lebih siap untuk menggunakan produk skincare selanjutnya.

Selain itu dengan toner, wajah akan lebih terhidrasi. Toner ini memiliki tekstur yang cair seperti air. Oleh karena itu untuk mendapatkan hasil yang maksimal toner ini harus kita pakai terlebih dahulu sebelum moisturizer.

Menurut penjelasan Dr. Giovanni Abraham dalam akun TikToknya, pada dasarnya rumus penggunaan basic skincare adalah mulai dari yang lebih cair terlebih dahulu baru berlanjut ke skincare yang memilki tekstur lebih kental.

Dengan memakai toner terlebih dahulu, toner akan membantu menutrusi kulit kamu lebih baik sebelum akhirnya ditutup dengan moisturizer. Terlebih untuk kamu yang memiliki tipe kulit  kering adalah langkah yang paling tepat.

Moisturizer

Moisturizer adalah pelembab yang biasanya memiliki tekstur lotion atau krim. Produk skincare ini memilki tekstur lotion atau gel biasanya lebih ringan dipakai.

Moisturizer  seperti air minum, dia fungsinya adalah melembabkan sehingga kulit kamu tidak akan dehidrasi. Pelembab ini biasanya memilki bahan aktif seperti ceramide, hyaluronic acid,  peptide dan lain- lain Moisturizer ini bisa di pakai pada pagi dan malam hari.

Moisturizer harus dipakai setelah toner, karena dapat membantu untuk mengunci kelembaban kulit wajah kamu. Alasan yang lain kenapa moisturizer di pakai setelah toner karena moisturizer memilki tekstur yang lebih kental dibanding toner.

Setelah mengetahui fungsi dan urutan penggunaan toner dan moisturizer kamu juga perlu melakukan rutinitas perawatan kulit agar mendapatkan hasil yang maksimal. Berikut kita jabarkan tipsnya.

  1. Selalu pahami terlebih dahulu jenis kulit kamu sebelum memilih produk skincare
  2. Konsisten dalam penggunaan skincare untuk hasil yang optimal
  3. Pilihlah produk yang berkualitas, Berkualitas dalam hal ini tidak harus mahal. Banyak sekali produk skincare dengan harga terjangkau tapi hasilnya wow.
  4. Tidak fomo dengan produk yang sedang viral. Pakailah skincare yang biasa dan sudah cocok dengan kulit wajah kamu.
  5. Konsultasikan dengan dokter kulit jika perlu.

Nah, itulah urutan yang benar penggunaan toner dan moisturizer. Jadi, kamu nggak perlu bingung lagi. Semoga bermanfaat.***(Ika Sriani)

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *