Beauty

3 Basic Skincare Utama, Solusi Glowing Tanpa Ribet

3 Basic Skincare Utama
Ilustrasi | Solusi perawatan kulit tanpa ribet cukup dengan 3 basic skincare utama. (Pexels/Karolina Grabowska)

SKINCARE PEDIA – Anda tentu ingin memiliki kulit yang sehat dan cerah, bukan? Ternyata, perawatan kulit tidak harus mahal dan rumit.

Banyak cara mudah untuk merawat kulit, salah satunya adalah dengan menggunakan basic skincare. Basic skincare terdiri dari tiga langkah utama: pembersih wajah, pelembab, dan tabir surya. Mari kita bahas satu per satu!

3 Basic Skincare

1. Pembersih Wajah (Facial Cleanser)

Langkah pertama dalam basic skincare adalah menggunakan pembersih wajah atau facial cleanser. Anda harus menggunakan pembersih wajah dua kali sehari: pagi sebelum beraktivitas dan malam sebelum tidur.

Mengapa ini penting? Karena pembersih wajah membantu menghilangkan kotoran yang menempel di kulit Anda, sehingga mencegah penumpukan yang bisa menyebabkan masalah kulit seperti jerawat.

Memilih facial cleanser yang tepat sangat penting. Sesuaikan produk dengan jenis kulit Anda, apakah berjerawat, sensitif, atau normal. Dengan menggunakan pembersih wajah yang sesuai, Anda akan memaksimalkan efektivitas produk skincare selanjutnya.

2. Pelembab (Moisturizer)

Langkah berikutnya adalah menggunakan pelembab atau moisturizer. Pelembab berperan penting dalam menjaga kelembaban kulit Anda.

Dengan rutin menggunakan pelembab, Anda akan mencegah masalah kulit seperti kekeringan dan jerawat. Selain itu, pelembab membantu menjaga fungsi kulit agar tetap optimal dan membuat kulit Anda tampak awet muda.

Pelembab juga berfungsi mempertahankan barrier kulit dari kehilangan air trans-epidermal (TEWL), yang sangat penting untuk menjaga kulit tetap terhidrasi. Pilihlah pelembab yang sesuai dengan jenis kulit Anda untuk hasil terbaik.

3. Tabir Surya (Sunscreen)

Langkah terakhir yang tak boleh dilewatkan adalah penggunaan tabir surya atau sunscreen. Banyak orang mengira sunscreen hanya diperlukan saat beraktivitas di luar ruangan, namun sebenarnya, sunscreen juga penting saat Anda berada di dalam ruangan. Sinar lampu dan radiasi dari layar ponsel juga dapat merusak kulit.

Ada tiga jenis sunscreen yang bisa Anda pilih: chemical sunscreen, physical sunscreen, dan hybrid sunscreen.

  • Chemical Sunscreen: Mengandung bahan kimia aktif seperti Oxybenzone dan Octisalate, dan biasanya bertekstur ringan tanpa meninggalkan white cast.
  • Physical Sunscreen: Mengandung bahan mineral seperti Titanium Dioxide dan Zinc Oxide, lebih kental, dan sering meninggalkan white cast. Cocok untuk kulit sensitif.
  • Hybrid Sunscreen: Kombinasi dari chemical dan physical sunscreen, menawarkan perlindungan ganda.

Memilih sunscreen yang tepat akan melindungi kulit Anda dari bahaya sinar UV dan radiasi lainnya.

Penutup

Memilih basic skincare yang tepat adalah investasi jangka panjang untuk kulit Anda. Dengan perawatan yang tepat, kulit Anda akan tampak sehat dan glowing tanpa harus repot.

Jadi, mulai sekarang, tidak perlu bingung lagi dalam memilih produk skincare. Cukup dengan tiga langkah dasar ini, Anda bisa mendapatkan kulit yang Anda impikan. Selamat mencoba!***(Ika Sriani)

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *