Beauty

4 Cara Memperbaiki Skin Barrier yang Rusak Secara Alami

Cara Memperbaiki Skin Barier
Ilustrasi | 4 cara alami memperbaiki skin barrier yang rusak. (Pexels/Min An)

SKINCARE PEDIA – Skin barrier berfungsi untuk melindungi lapisan kulit paling atas dari paparan sinar matahari, polusi dan zat iritan penyebab iritasi.

Lapisan pelindung kulit sebenarnya bisa rusak karena disebabkan oleh beberapa faktor seperti penggunaan skincare yang tidak cocok, jarang memakai pelembab dan terkena sinar matahari.

Oleh sebab itu Anda harus memastikan agar lapisan pelindung kulit tidak rusak. Alangkah baiknya jika Anda memperbaiki skin barrier yang rusak agar dapat melakukan aktivitas dengan nyaman.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan mengulas artikel mengenai 4 cara memperbaiki skin barrier yang rusak secara alami.

Bagaimana Cara Memperbaiki Skin Barier yang Rusak Secara Alami?

Hindari Pemakaian Skincare dengan Bahan Keras

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki skin barrier yang rusak adalah hindari pemakaian skincare dengan bahan keras.

Memang melakukan perawatan kulit menggunakan skincare baik dan menghemat budget. Akan tetapi skincare yang Anda pilih harus benar-benar cocok dengan kulit dan hindari bahan zat kimia.

Perlu Anda ketahui bahwa kulit seseorang sangat sensitif, sehingga tidak semua produk skincare cocok untuk Anda gunakan. Pastikan produk yang Anda pilih terbuat dari bahan alami dan aman digunakan.

Sebab jika kulit sudah alergi bisa mengalami iritasi dan menimbulkan rasa gatal, bengkak, mengelupas serta muncul luka bakar. Hindari penggunaan skincare yang terbuat dari bahan keras seperti pengawet, pewarna, dan pewangi.

Pakai Lotion Kulit Secara Rutin

Pada dasarnya lotion sangat ampuh untuk melembabkan kulit karena dapat menahan kandungan air di dalam kulit agar tidak mudah menguap. Namun sangat disayangkan cara ini sering diabaikan oleh banyak orang.

Padahal hanya dengan mengoleskan lotion pada kulit dapat memulihkan skin barrier yang rusak. Hal ini disebabkan karena terdapat kandungan hyaluronic acid, gliserin dan urea.

Sebelum mengoleskan lotion pada kulit, pastikan lotion yang pilih terbuat dari bahan yang lembut dan aman untuk kulit.

Alangkah baiknya jika Anda membaca terlebih dahulu mengenai kandungan serta bahan pembuatan yang tertera pada labelnya. Dengan begitu Anda akan tetap terlindungi dari sinar matahari, polusi udara serta debu yang beterbangan.

Lakukan Eksfoliasi Secukupnya

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa eksfoliasi yang berlebihan dapat merusak skin barrier. Akan tetapi perawatan ini juga sangat penting untuk dilakukan agar sel kulit beregenerasi dengan baik dan cepat.

Eksfoliasi bertujuan untuk mengangkat sel kulit, kotoran, polusi udara serta debu yang menumpuk pada kulit.

Eksfoliasi sangat penting untuk dilakukan agar pori-pori kulit wajah yang kasar dapat kembali lembut dan halus. Sehingga, skin barier dapat terjaga dengan baik pada kulit dan tidak mudah rusak.

Lindungi Kulit dari Sinar Matahari

Pada dasarnya setiap orang pasti memiliki kesibukan sehari-hari, terlebih lagi aktivitas pekerjaan Anda lebih sering berada di luar ruangan. Maka risiko terkena paparan sinar matahari secara langsung semakin tinggi.

Tentunya Anda harus melindungi kulit dari sinar matahari karena sinar UVA dan UVB dapat merusak kulit. Misalnya Anda bisa menggunakan topi dan payung atau bahkan menggunakan baju lengan panjang ketika keluar rumah.

Dengan begitu kulit Anda akan tetap terlindungi. Namun, anda akan kesulitan untuk melakukan aktivitas pekerjaan. Karena itulah sebaiknya Anda menggunakan tabir surya yang diperkaya SPF, sehingga kulit akan tetap terlindungi meskipun melakukan aktivitas di luar ruangan.***

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *