Beauty

5 Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah, Langkah Tepat Sebelum Perawatan

cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah
Ilustrasi | 5 cara mudah mengetahui jenis kulit wajah sebelum lakukan perawatan. (Pexels/Pavel Danilyuk)

 

SKINCARE PEDIA – Kulit wajah adalah cermin dari kesehatan dan kecantikan Anda. Setiap orang memiliki jenis kulit wajah yang berbeda dan penting untuk mengetahui jenis kulit Anda agar dapat merawatnya dengan tepat.

Dengan mengetahui jenis kulit wajah, Anda dapat memilih produk perawatan yang sesuai dan menghindari masalah kulit yang mungkin timbul.

Berikut adalah beberapa metode sederhana untuk mengetahui jenis kulit wajah Anda.

Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah

1. Perhatikan Tekstur Kulit

Perhatikan tekstur kulit wajah setelah membersihkannya dengan lembut. Jika kulit terasa kering, kencang, dan mungkin mengelupas, Anda mungkin memiliki jenis kulit kering.

Jika kulit terasa berminyak di beberapa area seperti dahi, hidung, dan dagu, Anda mungkin memiliki jenis kulit berminyak.

Namun, jika kulit terasa lembut dan tidak terlalu berminyak atau kering, Anda mungkin memiliki jenis kulit normal atau kombinasi.

2. Menggunakan Kertas Minyak

Metode ini sangat sederhana dan efektif untuk mengetahui apakah Anda memiliki jenis kulit berminyak. Ambil selembar kertas minyak dan tekan perlahan-lahan pada beberapa bagian wajah Anda, seperti dahi, hidung, dan dagu.

Biarkan kertas minyak menempel selama beberapa detik, kemudian lepaskan. Jika kertas minyak terlihat berminyak atau berkilau, Anda memiliki jenis kulit berminyak.

Namun, jika kertas minyak hanya menyerap sedikit minyak atau tidak berminyak sama sekali, Anda mungkin memiliki jenis kulit normal atau kering.

3. Mencubit Kulit Wajah secara Perlahan

Metode ini membantu Anda mengetahui elastisitas kulit wajah Anda. Coba mencubit sedikit kulit di pipi Anda dan perhatikan bagaimana kulit bereaksi.

Jika kulit kembali ke posisi semula dengan cepat dan tanpa keriputan yang berlebihan, Anda memiliki jenis kulit yang elastis atau normal.

Namun, jika kulit terlihat lambat kembali atau terlihat keriput, Anda mungkin memiliki kulit kering atau kendor.

4. Lakukan Tape Test

Metode ini dapat membantu Anda mengetahui seberapa banyak minyak yang diproduksi oleh kulit Anda. Ambil sepotong selotip transparan dan pasangkannya pada beberapa area wajah Anda, seperti dahi, hidung, dan dagu.

Biarkan selotip menempel selama beberapa menit sebelum Anda lepaskan dengan lembut. Perhatikan apakah ada minyak yang terlihat pada selotip.

Jika selotip menempel dengan mudah dan tidak menunjukkan tanda-tanda minyak, Anda mungkin memiliki jenis kulit normal. Namun, jika selotip terlihat berminyak, Anda memiliki jenis kulit berminyak.

5. Cek Dengan Menggunakan Tisu

Metode terakhir ini dapat membantu Anda mengetahui seberapa banyak minyak yang kulit Anda produksi.

Ambil selembar tisu dan tekan perlahan-lahan pada beberapa area wajah Anda, seperti dahi, hidung, dan dagu.

Biarkan tisu menempel selama beberapa detik, kemudian angkat dan perhatikan apakah ada tanda-tanda minyak pada tisu. Jika tisu terlihat berminyak, Anda memiliki jenis kulit berminyak.

Namun, jika tisu tidak menunjukkan tanda-tanda minyak, Anda mungkin memiliki jenis kulit normal atau kering.

Penutup

Dengan mengetahui jenis kulit wajah, Anda dapat membuat keputusan yang lebih baik dalam memilih produk perawatan yang sesuai dan merawat kulit Anda dengan tepat.

Ingatlah bahwa perawatan kulit yang baik adalah kunci untuk kulit yang sehat dan cantik.

Jaga kebersihan kulit Anda, hindari paparan sinar matahari berlebihan, dan pilihlah produk perawatan kulit yang cocok untuk jenis kulit Anda.***(Hardiyansyah Supardi)

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *