6 Penyebab Utama Jerawat di Dahi dan Dagu yang Perlu Diketahui
6 penyebab utama jerawat di dahi dan dagu yang sering diabaikan. (Pexels/Polina Tankilevitch)

SKINCARE PEDIA – Apakah Anda sering merasa kesal dengan munculnya jerawat di dahi dan dagu? Jerawat, atau acne, adalah masalah kulit yang muncul ketika folikel rambut tersumbat oleh minyak, kotoran, dan sel kulit mati.

Benjolan ini bisa muncul di berbagai bagian wajah, terutama di dahi dan dagu. Mari kita bahas lebih lanjut penyebab jerawat di dahi dan dagu serta bagaimana Anda bisa mencegahnya.

6 Penyebab Jerawat di Dahi dan Dagu

1. Perubahan Hormon

Perubahan hormon sering kali menjadi penyebab utama jerawat. Pada masa pubertas, remaja mengalami ketidakseimbangan hormon yang membuat kelenjar minyak menjadi lebih aktif.

Ini menyebabkan produksi sebum yang berlebihan dan akhirnya memicu jerawat, termasuk di dahi dan dagu. Tidak hanya remaja, wanita juga bisa mengalami jerawat hormonal selama kehamilan, menstruasi, perimenopause, dan menopause.

Jika Anda melihat banyak jerawat muncul selama masa-masa tersebut, kemungkinan besar itu adalah jerawat hormonal.

2. Kondisi Rambut dan Produk yang Digunakan

Apakah Anda sering memperhatikan kebersihan rambut Anda? Rambut yang kotor atau berminyak bisa menjadi penyebab jerawat di dahi dan dagu.

Minyak dan bakteri dari rambut dapat berpindah ke area dahi dan menyumbat pori-pori kulit. Penggunaan produk penata rambut tertentu juga bisa memicu jerawat.

Produk seperti pomade berbasis minyak, gel rambut, atau wax sering mengandung bahan-bahan seperti mentega, kakao, atau minyak kelapa yang bisa membuat kulit lebih berminyak dan akhirnya menyebabkan jerawat.

3. Penggunaan Obat-obatan Tertentu

Tahukah Anda bahwa beberapa obat dapat memicu munculnya jerawat? Penggunaan obat-obatan seperti steroid, barbiturat, lithium, dan antikonvulsan bisa menyebabkan jerawat di dahi dan dagu.

Jika Anda sedang menjalani pengobatan dengan obat-obatan ini, penting untuk waspada terhadap efek sampingnya, termasuk jerawat.

4. Penggunaan Kosmetik Berlebihan

Apakah Anda pemilik tipe wajah berminyak? Jika ya, Anda harus berhati-hati dalam memilih produk kosmetik.

Penggunaan kosmetik berlebihan, terutama yang tidak non-comedogenic, bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Pastikan Anda selalu membersihkan kulit dengan baik setelah menggunakan make-up untuk mencegah sisa-sisa kosmetik dan kotoran menumpuk di wajah Anda.

5. Kebiasaan Menyentuh Wajah

Anda mungkin tidak menyadari bahwa sering menyentuh wajah dengan tangan kotor bisa memicu jerawat.

Jari-jari tangan yang kotor mengandung banyak kuman, minyak, dan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi kulit dan akhirnya jerawat.

Usahakan untuk menghindari kebiasaan ini dan selalu cuci tangan sebelum menyentuh wajah.

6. Stres

Apakah Anda sering merasa stres? Stres tidak hanya berdampak pada kesehatan mental, tetapi juga bisa mempengaruhi kondisi kulit Anda.

Stres merangsang produksi hormon kortisol yang meningkatkan produksi minyak pada kulit. Kulit berminyak lebih rentan terhadap jerawat.

Oleh karena itu, penting untuk mencari cara mengelola stres, seperti melakukan aktivitas yang Anda sukai, untuk menjaga kesehatan kulit.

Dengan mengetahui berbagai penyebab jerawat di dahi dan dagu, Anda bisa lebih proaktif dalam mencegahnya. Selalu jaga kebersihan diri, pilih produk yang tepat, dan kelola stres dengan baik. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda dalam menjaga kesehatan kulit wajah.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *