Beauty

6 Tips Mudah Memilih Sunscreen untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Memilih Sunscreen untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat
6 tips mudah memilih sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat. (Pexels/Karolina Grabowska)

SKINCARE PEDIA – Apakah kamu sering merasa ragu menggunakan sunscreen karena khawatir akan membuat kondisi kulit berminyak dan berjerawatmu semakin parah?

Padahal, penggunaan sunscreen adalah langkah dasar yang tak boleh terlewatkan dalam rutinitas perawatan kulitmu, meskipun tengah berurusan dengan masalah kulit seperti berminyak dan berjerawat. Namun, penting bagi kamu untuk memilih sunscreen yang tepat agar tidak memperburuk kondisi kulitmu.

Tahukah kamu bahwa tidak semua jenis sunscreen cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat? Maka dari itu, berikut ini kami sajikan beberapa tips untuk memilih sunscreen yang cocok bagi kulitmu.

Tips Memilih Sunscreen untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

1. Pilih Sunscreen dengan Kandungan Niacinamide

Niacinamide adalah salah satu kandungan yang banyak ahli anjurkan dalam sunscreen untuk perawatan kulit berminyak. Kandungan ini membantu memperbaiki skin barrier, mengurangi kadar minyak, serta memiliki efek mencerahkan pada kulit.

Selain itu, niacinamide juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi tanda-tanda peradangan pada kulit berjerawat.

Sebaiknya, hindari sunscreen dengan kandungan parfum dan alkohol yang dapat menyebabkan iritasi, serta hindari kandungan vitamin E yang dapat meningkatkan kadar minyak dan berpotensi menyumbat pori-pori.

2. Pilih Sunscreen dengan Kandungan Titanium Dioxide dan Zinc Oxide

Kedua kandungan ini, yaitu Titanium Dioxide dan Zinc Oxide, sangat cocok digunakan oleh kamu yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat. Kandungan ini membantu menyerap minyak berlebih pada wajah serta memiliki sifat anti-inflamasi.

Selain itu, kandungan ini minim iritasi, sehingga sangat cocok digunakan bagi kamu yang memiliki kulit berjerawat, terutama jerawat yang sedang meradang.

3. Pastikan Sunscreen yang Dipilih Non-Comedogenic

Perhatikan label pada sunscreen yang kamu pilih, pastikan sunscreen tersebut memiliki label non-comedogenic. Sunscreen dengan formula non-comedogenic tidak akan menyumbat pori-pori wajahmu, yang dapat menghindari munculnya jerawat baru.

4. Pilih Sunscreen dengan Formula Oil-Free

Bagi kamu yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat, sebaiknya pilih sunscreen dengan formula oil-free. Formula ini membantu mengurangi minyak pada kulit wajahmu, sehingga dapat mengurangi kemungkinan timbulnya jerawat.

5. Pilih Sunscreen dengan Tekstur Ringan dan Water-Based

Saat memilih sunscreen, perhatikan teksturnya. Lebih baik memilih sunscreen dengan tekstur gel karena lebih ringan dan mengandung banyak air atau berbasis air (water-based).

Hindari sunscreen dengan tekstur krim, karena cenderung mengandung lebih banyak minyak yang dapat membuat kulitmu tidak nyaman.

6. Pilih Sunscreen dengan SPF Rendah

Sebaiknya, pilih sunscreen dengan SPF rendah. Sunscreen dengan SPF tinggi cenderung memiliki sifat lebih berminyak, yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan munculnya jerawat. Untuk kulit berminyak dan berjerawat, SPF 30 PA+++ sudah cukup.

Penutup

Dengan memilih sunscreen yang tepat, kamu dapat menjaga kulitmu tetap sehat tanpa membuat kondisi berminyak dan berjerawat semakin parah.

Selain memperhatikan perawatan kulit dari luar, jangan lupa untuk menjaga pola makan yang sehat dan menghindari makanan yang dapat memicu timbulnya jerawat. Dengan demikian, kamu dapat memiliki kulit yang sehat dan cerah secara alami.***(Ika Sriani)

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *