7 Cara Hemat Memutihkan Gigi Secara Alami
7 cara memutihkan gigi secara alami, hemat tanpa perlu biaya besar. (Pixabay/ StockSnap)

SKINCARE PEDIA –¬†Gigi putih dan bersih adalah dambaan banyak orang, karena tidak hanya meningkatkan kepercayaan diri tetapi juga mencerminkan kesehatan mulut yang baik.

Meskipun banyak produk pemutih gigi yang tersedia di pasaran, beberapa metode alami juga dapat membantu memutihkan gigi dengan aman dan efektif.

Berikut adalah cara memutihkan gigi secara alami yang bisa Anda coba.

7 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

1. Rajin Menyikat Lidah atau Flossing

Kebersihan mulut tidak hanya mencakup gigi, tetapi juga lidah dan gusi. Menyikat lidah secara teratur dapat membantu menghilangkan bakteri dan partikel makanan yang dapat menyebabkan noda pada gigi.

Flossing juga penting untuk menghilangkan plak dan sisa makanan di antara gigi yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi.

2. Membatasi Konsumsi Gula

Gula adalah salah satu penyebab utama kerusakan gigi dan pembentukan plak. Bakteri di mulut memecah gula menjadi asam, yang dapat mengikis enamel gigi dan menyebabkan noda.

Dengan membatasi konsumsi makanan dan minuman manis, Anda dapat mengurangi risiko kerusakan gigi dan menjaga gigi tetap putih.

3. Sikat Gigi Setelah Makan Camilan

Menggosok gigi setelah makan camilan, terutama yang mengandung gula atau karbohidrat, dapat mencegah pembentukan plak dan noda pada gigi.

Pastikan untuk menyikat gigi setidaknya dua kali sehari dengan pasta gigi berfluoride untuk menjaga kebersihan gigi dan mencegah kerusakan. Menyikat gigi setelah makan juga membantu menghilangkan partikel makanan yang dapat menyebabkan noda.

4. Menggosok Gigi dengan Baking Soda

Baking soda adalah bahan alami yang efektif untuk memutihkan gigi. Sifat abrasif ringan dari baking soda dapat membantu menghilangkan noda pada permukaan gigi.

Anda dapat membuat pasta gigi alami dengan mencampurkan satu sendok teh baking soda dengan sedikit air hingga membentuk pasta.

Gunakan pasta ini untuk menyikat gigi beberapa kali dalam seminggu untuk hasil yang optimal. Namun, jangan gunakan baking soda terlalu sering karena bisa merusak enamel gigi jika digunakan berlebihan.

5. Berkumur dengan Minyak Nabati

Berkumur dengan minyak nabati, seperti minyak kelapa atau minyak wijen, adalah metode tradisional yang dikenal sebagai oil pulling.

Metode ini membantu menghilangkan bakteri dan plak dari mulut, sehingga dapat membantu memutihkan gigi secara alami. Caranya, ambil satu sendok makan minyak nabati dan kumur-kumur selama 10-15 menit sebelum membuangnya. Lakukan ini beberapa kali seminggu untuk hasil yang terbaik.

6. Menggunakan Kulit Pisang

Kulit pisang mengandung mineral seperti potasium, magnesium, dan mangan yang dapat membantu memutihkan gigi. Gosok bagian dalam kulit pisang pada gigi selama beberapa menit, kemudian bilas dan sikat gigi seperti biasa.

7. Menggunakan Kulit Jeruk

Kulit jeruk juga dapat digunakan untuk memutihkan gigi. Bagian dalam kulit jeruk mengandung d-limonene yang dapat membantu menghilangkan noda pada gigi.

Gosokkan bagian dalam kulit jeruk pada gigi selama beberapa menit, kemudian bilas dan sikat gigi. Penggunaan rutin dapat membantu memutihkan gigi secara alami.

Memutihkan gigi secara alami bisa dilakukan dengan berbagai metode yang aman dan efektif. Dengan konsisten dan perawatan yang tepat, Anda bisa mendapatkan senyum yang putih dan sehat secara alami.***(Hardiyansyah Supardi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *