7 Cara Efektif Mengatasi Kulit Kering, Bersisik, dan Keriput
7 cara mengatasi kulit kering, bersisik, dan keriput. (Pexels/Angela Roma)

SKINCARE PEDIA – Kulit kering dan bersisik bisa menjadi masalah yang mengganggu kenyamanan dan penampilan.

Kulit yang kekurangan kelembapan tidak hanya terlihat kusam, tetapi juga dapat menyebabkan rasa gatal dan iritasi.

Untuk menjaga kulit tetap lembap dan sehat, berikut beberapa cara efektif yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut.

7 Cara Mengatasi Kulit Kering, Bersisik, dan Keriput

1. Hindari Mandi dengan Air yang Terlalu Panas

Mandi dengan air panas memang menyenangkan, terutama di cuaca dingin, tetapi hal ini dapat menghilangkan minyak alami kulit dan menyebabkan kulit menjadi kering dan bersisik.

Gunakan air hangat suam-suam kuku saat mandi. Batasi waktu mandi Anda hingga 10-15 menit untuk mencegah kulit kehilangan kelembapan alami.

2. Gunakan Sabun Berbahan Lembut

Sabun dengan bahan kimia keras bisa mengiritasi kulit dan menghilangkan minyak alami yang diperlukan untuk menjaga kelembapan kulit.

Pilih sabun yang mengandung bahan-bahan lembut dan melembapkan seperti gliserin, minyak zaitun, atau lidah buaya. Hindari sabun yang mengandung pewangi dan pewarna buatan.

3. Gunakan Tabir Surya dan Pelembap

Tabir surya melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV, sedangkan pelembap membantu menjaga kelembapan kulit.

Gunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih setiap kali keluar rumah, bahkan saat cuaca mendung. Pilih pelembap yang kaya akan ceramide dan hyaluronic acid untuk mempertahankan kelembapan kulit.

4. Perbanyak Asupan Air Putih

Hidrasi dari dalam sangat penting untuk menjaga kelembapan kulit. Kekurangan cairan dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan bersisik.

Minumlah setidaknya 8 gelas air putih setiap hari. Konsumsi lebih banyak air jika Anda banyak beraktivitas fisik atau berada di lingkungan yang panas.

5. Melindungi Kulit dari Udara Dingin

Udara dingin dan kering dapat menghilangkan kelembapan kulit, membuatnya kering dan bersisik.

Kenakan pakaian yang hangat dan menutupi kulit saat berada di luar rumah pada cuaca dingin. Gunakan humidifier di dalam ruangan untuk menjaga kelembapan udara.

6. Pakai Sabun Mandi tanpa Kandungan Bahan Kimia Keras

Bahan kimia keras dalam sabun mandi dapat merusak skin barrier dan menyebabkan kulit kering.

Pilih sabun mandi yang mengandung bahan aman. Gunakan sabun mandi dengan pH seimbang yang tidak akan merusak kulit Anda.

7. Konsumsi Ikan dan Biji Rami

Asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam ikan dan biji rami sangat baik untuk kesehatan kulit. Mereka membantu menjaga kulit tetap lembap dan mengurangi peradangan.

Sertakan ikan berlemak seperti salmon, tuna, dan makarel dalam diet Anda. Tambahkan biji rami ke dalam smoothie, yogurt, atau salad Anda untuk mendapatkan manfaat maksimal.

Langkah jitu di atas dapat membuat perubahan kecil dalam rutinitas perawatan kulit Anda. Dengan begtu dapat membantu mengurangi kekeringan dan mencegah kulit bersisik. Perawatan yang konsisten dan penggunaan produk yang tepat sangat penting untuk menjaga kulit tetap sehat dan lembap.***(Hardiyansyah Supardi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *