7 Cara Menghilangkan Jerawat Mendem yang Efektif
Cara menghilangkan jerawat mendem atau jerawat nodul dengan efektif. (Pexels/Anna Nekrashevich)

SKINCARE PEDIA – Jerawat mendem atau juga dikenal sebagai jerawat nodul, merupakan salah satu jenis jerawat yang muncul dalam bentuk benjolan keras yang ada jauh di bawah kulit.

Jenis jerawat ini disebabkan oleh bakteri cutibacterium acnes yang terperangkap di bawah kulit maka menyebabkan infeksi dan peradangan.

Untuk menghilangkan jerawat mendem memang memerlukan waktu, serta hasilnya mungkin tidak instan.

Menghilangkan jerawat mendem juga membutuhkan perawatan khusus dan kesabaran. Ada beberapa cara yang bisa membantu menghilangkan jerawat mendem seperti dibawah ini.

7 Cara Menghilangkan Jerawat Mendem

1. Bersihkan Wajah Secara Teratur

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan jerawat mendem yaitu dengan membersihkan wajah secara teratur.

Pastikan Anda membersihkan wajah setidaknya dua kali sehari, menggunakan pembersih wajah yang cocok dengan jenis kulit.

Membersihkan wajah secara teratur bisa membantu Anda untuk menghilangkan kotoran, minyak berlebih, dan sel-sel kulit mati yang bisa menjadi faktor penyebab munculnya jerawat mendem.

2. Jangan Pencet Jerawat

Cara kedua jangan pencet jerawat, walaupun terasa menggoda untuk memencetnya, jangan pernah melakukannya. Memencet jerawat mendem hanya bisa menyebabkan infeksi yang lebih parah dan meninggalkan bekas luka atau noda pada kulit.

Hindari memencet atau merusak jerawat, karena hal ini bisa menyebabkan peradangan lebih lanjut bahkan menyebabkan infeksi.

3. Gunakan Produk Perawatan Kulit yang Tepat

Selain jangan pencet jerawat, penggunaan produk perawatan kulit yang tepat juga penting dalam menghilangkan jerawat mendem.

Pilih produk perawatan kulit yang mengandung bahan aktif misalnya seperti asam salisilat, benzoyl peroxide, atau tea tree oil yang bisa membantu mengurangi peradangan dan membunuh bakteri penyebab jerawat.

Gunakan produk perawatan kulit dengan rutin sesuai petunjuk penggunaan untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal.

4. Hindari Menggunakan Produk Perawatan Kulit Berlebihan

Walaupun menggunakan produk perawatan kulit yang tepat penting untuk menghilangkan jerawat mendem, hindari menggunakan produk perawatan kulit secara berlebihan.

Penggunaan produk perawatan kulit yang berlebihan hanya bisa menyebabkan kelebihan produksi minyak oleh kulit yang pada akhirnya dapat memperparah jerawat mendem.

Gunakan produk perawatan kulit dengan bijak serta sesuai dengan kebutuhan kulit Anda.

5. Gunakan Cold Therapy

Selanjutnya, Anda juga bisa menggunakan cold therapy untuk membantu mengurangi peradangan pada jerawat mendem. Gunakan es batu yang dibungkus kain tipis sebagai kompres dingin pada jerawat mendem.

Jika Anda punya jerawat mendem di dahi, pipi, dagu, atau bagian lain di wajah, tidak perlu cemas, Anda bisa melakukan cara ini.

6. Perhatikan Pola Makan

Selain perawatan dari luar, perhatikan juga dari pola makan. Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi seperti buah-buahan, sayuran, dan protein bisa membantu kulit menjadi lebih sehat dan bebas dari jerawat mendem.

Hindari konsumsi makanan yang mengandung banyak lemak, gula, atau makanan siap saji yang bisa menyebabkan peradangan pada kulit.

Perubahan pola makan yang sehat juga bisa membantu menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan.

7. Jaga Kesehatan Mental dan Hindari Stres Berlebihan

Cara yang terakhir, jaga kesehatan mental Anda dan hindari stres berlebihan. Stres bisa memicu produksi hormon kortisol yang nantinya akan meningkatkan resiko munculnya jerawat mendem.

Cari cara untuk mengelola stres seperti melakukan meditasi, olahraga, atau hobi yang menyenangkan. Jangan lupa juga untuk tidur yang cukup supaya kulit mempunyai waktu untuk pulih dan meregenerasi diri.

Nah, itulah 7 cara menghilangkan jerawat mendem. Ingat bahwa menghilangkan jerawat mendem membutuhkan kesabaran, dan perawatan yang efektif bisa berbeda untuk setiap orang.

Jika jerawat mendem yang dialami sangat mengganggu, jangan ragu untuk konsultasi dengan ahli kulit.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *