7 Kosmetik Penyebab Flek Hitam
Ilustrasi | 7 kosmetik penyebab flek hitam di wajah. (Pexels/Gustavo Fring)

SKINCARE PEDIA – Sudah menjadi hal umum bahwa wanita sering menggunakan kosmetik untuk mempercantik wajah. Tidak heran jika banyak dari kamu rela merogoh kocek lebih dalam agar terlihat lebih cantik.

Namun, tahukah kamu bahwa penggunaan kosmetik juga bisa menyebabkan masalah pada kulit, salah satunya adalah munculnya flek hitam?

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk bisa memilih dan memilah produk kosmetik yang terbaik untuk kulit wajahmu, yang bisa membuat cantik tapi tidak menimbulkan flek hitam.

Kosmetik Penyebab Flek Hitam

1. Foundation SPF Rendah

Mengutip dari cantik.tempo.co, foundation yang di lengkapi dengan SPF adalah produk kecantikan yang menggabungkan manfaat tabir surya dengan foundation yang sempurna.

Foundation dengan SPF rendah atau tanpa SPF akan menciptakan masalah bagi kulit kita. SPF penting untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

Jika kulit kamu tidak mendapatakan perlindungan yang cukup, maka kulit akan memproduksi melanin yang pada akhirnya menyebabkan munculnya flek hitam

2. Mengandung Merkuri

Merkuri adalah senyawa kimia yang sangat berbahaya pada kulit kita. Biasanya kosmetik yang mengandung merkuri adalah kosmetik ilegal dan belum terdaftar BPOM.

Kosmetik dengan kandungan merkuri memang terkenal dapat membuat kulit putih dalam waktu yang singkat. Namun, jika kamu gunakan dalam jangka waktu yang panjang, merkuri akan menyebabkan kerusakan kulit permanen, flek hitam, bahkan kanker kulit.

3. Bedak Tabur

Ada beberapa dari produk bedak tabur yang mengandung bahan kimia yang dapat menyebabkan iritasi atau alergi pada kulit. Reaksi seperti itu akan memicu munculnya flek hitam pada wajah.

4. Eyeliner dan Mascara Waterproof

Produk kosmetik yang waterproof pasti lebih membuat nyaman karena kamu tidak perlu khawatir riasanmu akan mudah luntur. Namun perlu kamu ingat produk yang waterproof seperti Eyeliner dan mascara ini akan sulit kamu hapus.

Selain bisa menyebabkan flek hitam kedua produk ini juga bisa menyebabkan gesekan yang berlebih pada area mata yang kemudian memicu timbulnya jerawat.

5. Kosmetik yang Mengandung Parfum dan Pewarna Buatan

Parfum dan pewarna ini bisa berbahaya untuk kulit sensitif karena akan mengakibatkan iritasi dan peradangan yang kemudian memicu produksi melanin dan menyebabkan flek hitam.

6. Scrub yang Teksturnya Kasar

Scrub memang berfungsi untuk mengangkat sel- sel kulit mati yang bisa membantu mencerahkan kulit. Namun jika kamu menggunakan scrub yang kasar, maka akan terlalu banyak gesekan.

Dampak gesekan itulah yang bisa menyebabkan wajahmu iritasi dan mengakibatkan munculnya flek hitam. Untuk itu penting bagi kamu untuk memilih scrub yang teksturnya halus.

7. Fash Wash yang Mengandung Alkohol

Alkohol memang memiliki kemampuan untuk membersihkan dan mengeringkan minyak berlebih. Namun jika kamu menggunakan Face Wash dengan kandungan alkohol, wajah kamu akan lebih beresiko terkena iritasi dan muncul masalah flek hitam.

Maka dari itu, untuk menghindari munculnya flek hitam akibat dari penggunaan kosmetik, kamu perlu memilih produk kosmetik yang sudah terdaftar BPOM.

Cermati kandungan pada setiap kemasan serta hindari produk yang mengandung zat berbahaya. Semoga setelah ini kamu lebih aware lagi dengan produk kosmetik yang kamu pakai.***(Ika Sriani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *