7 tips merawat kulit selama bepergian
7 tips yang bisa kamu lakukan untuk merawat kulit selama perjalanan. (Pexels/Justin Hamilton)

SKINCARE PEDIA – Ketika dalam perjalanan seringkali kita merasa stress dan letih. Apalagi untuk kamu yang melakukan perjalanan jauh.

Asap kendaraan yang mengganggu dan sinar matahari yang terasa panas  membuatmu merasa gerah dan tidak nyaman pada kulit.

Perjalanan jauh sangat menggangu rutinitas perawatan kulitmu, bahkan bisa menyebabkan kulit menjadi kusam, kering dan muncul jerawat.

Untuk itu, kamu perlu melakukan perawatan yang tepat untuk kulit cantik, meskipun sedang dalam perjalanan. Berikut ini kita sajikan tips merawat kulit ketika dalam perjalanan.

Tips Merawat Kulit Selama Perjalanan

  1. Rutin Membersihkan Kulit

Membersihkan kulit dengan rutin adalah cara utama agar kulit kamu bersih dari kotoran dan debu yang menempel pada saat di perjalanan.

Pastikan untuk membawa face wash yang sesuai dengan tipe kulit kamu. Kamu bisa bawa face wash yang travel size agar tidak terlalu memakan ruang tasmu.

Waktu yang tepat membersihkan wajah adalah ketika kamu tiba di tujuan destinasi. Jika kamu berencana untuk menginap, maka jangan lupa untuk membersihkan wajah sebelum tidur.

  1. Jaga Kelembaban Kulit

Perjalanan jauh seringkali membuat kulit menjadi kering karena perubahan cuaca ataupun karena sinar matahari. Untuk itu jangan lupa untuk selalu bawa pelembab ketika melakukan perjalanan.

Gunakan secara teratur setelah kamu membersihkan wajah. Selain pelembab kamu juga harus minum air putih yang cukup agar kulit kamu tetap terhidrasi.

  1. Lindungi Kulit dari Sinar Matahari

Meskipun sedang dalam perjalanan, kamu juga sangat perlu untuk menggunakan tabir surya. Tabir surya akan melindungi kamu dari paparan sinar matahari dan radikal bebas.

Gunakan tabir surya dengan SPF tinggi untuk mendapat perlindungan yang lebih optimal. Kamu juga bisa mengenakan pakaian yang lebih menutup dan melindungi tubuhmu dari panas matahari yang menyengat.

  1. Bawa Produk Skincare yang Tepat

Bawalah produk skincare yang biasa kamu pakai dan sesuai dengan kulit kamu. Produk skincare yang bisa kamu bawa selama perjalanan di antaranya pembersih wajah, pelembab, dan sunscreen.

Hindari mencoba produk baru yang bisa membuat kulit iritasi atau alergi.

  1. Meminimalisasi Makanan yang Berlemak

Selama melakukan perjalanan tentunya kamu mencoba banyak jenis kuliner. Namun, kamu perlu membatasi makanan yang berlemak yang berdampak negatif untuk kulit kamu.

Pilihlah makanan yang bergizi dan lebih sehat untuk menjaga kulit serta perutmu.

  1. Istirahat yang Cukup

Perjalanan tentu mengganggu pola tidur dan waktu istirahat kamu. Cobalah untuk tidur yang cukup selama perjalanan.

Kamu bisa gunakan penutup mata untuk tidur lebih nyenyak. Jika harus tidur dalam kendaraan kamu bisa pakai bantal leher agar kamu lebih merasa nyaman.

  1. Rileks

Rasa cemas dan stress seringkali berdampak buruk pada kesehatan kulit kamu. Cobalah untuk tetap rileks selama perjalanan.

Nikmati setiap perjalanan yang kamu lalui, nikmatilah pemandangan yang kamu lewati dan nikmati kuliner yang kamu santap selama perjalanan. Jika perlu lakukan latihan pernapasan dan meditasi untuk mengurangi stress selama perjalanan.

Dengan mengikuti tips di atas, kamu dapat menjaga kulit tetap sehat meskipun di bawah tekanan perjalanan.***(Ika Sriani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *