Apa Itu Anti Aging? Kenali Juga Kandungan Skincare Anti Aging untuk Perawatan Kulit
Penjelasan tentang apa itu anti aging dan kandungan skincare yang memiliki manfaat anti penuaan dini tersebut. (Pexels/Anna Shvets)

SKINCARE PEDIA – Seiring dengan bertambahnya usia, sesorang akan mengalami berbagai perubahan pada tubuhnya. Salah satunya perubahan pada kulit wajahnya.

Berbagai macam tanda penuaan yang muncul termasuk kerutan dan garis halus di wajah. Selain karena faktor usia, tanda penuaan juga bisa muncul karena faktor begadang, kebiasan merokok, serta paparan sinar ultraviolet.

Nah, dengan mulai munculnya tanda penuaan pada wajah, kamu perlu melakukan perawatan anti- aging untuk mengurangi maupun mencegah tanda penuaan lebih parah.

Perawatan anti-aging bisa kita lakukan dengan mulai menerapkan pola hidup sehat. Apa saja? Yaitu dengan konsumsi makanan sehat serta memperbaiki kualitas tidur.

Kemudian, pola hidup sehat tersebut kita kombinasikan dengan penggunaan produk kecantikan ataupun melakukan treatment khusus. Berikut ini akan kami jelaskan lebih mendalam mengenai anti aging dan cara perawatannnya.

Apa Itu Anti Aging?

Dikutip dari topdoctors.co.uk anti aging adalah sebuah perawatan untuk menunda atau menghentikan proses penuaan. Banyak jenis perawatan yang bisa kita lakukan, baik menggunakan prosedur bedah maupun non bedah.

Sebagian besar tanda penuaan terjadi karena paparan sinar matahari. Tterlalu banyak terkena paparan sinar matahari akan berdampak buruk pada kulit wajah.

Apa saja tanda-tanda penuaan?

  • Munculnya garis halus dan kerutan di wajah
  • Hilangnya volume lemak
  • Hilangnya struktur tulang
  • Bintik- bintik hitam
  • Wajah kendur

Perawatan dengan Skincare Anti Aging

Pada proses perawatan kulit setiap individu mendapatkan hasil yang berbeda satu dengan yang lainnya. Tidak ada pengobatan yang dapat mengatasi semua masalah kulit dan memberikan hasil yang sama pada setiap individu.

Setiap produk skincare memiliki kandungan dan khasiat yang berbeda dan harus sesuai dengan kebutuhan kulit masing-masing. Seorang dokter kulit pun akan menentukan prosedur terbaik dan apakah kombinasi perawatan yang pasien perlukan.

Tanda tanda penuaan pada setiap orang berbeda. Perawatan anti aging bertujuan untuk mengurangi tanda-tanda penuaan yang muncul. Kamu bisa melakukan perawatan anti- aging dirumah dengan mudah, yaitu dengan menggunakan skincare anti- aging.

Berikut ini beberapa kandungan skincare yang berkhasiat sebagai anti aging.

Kandungan Skincare Anti Aging

  1. Retinol

Apabila kamu memiliki tanda penuaan berupa garis halus dan kerutan, kamu bisa menggunakan skincare dengan kandungan retinol di dalamnya. Retinol akan merangsang produksi kolagen pada kulit sehingga kulit kamu mejadi lebih kenyal dan kencang.

Namun, perlu kamu ingat, penggunaan retinol tidak dianjurkan setiap hari. Cukup 1 hingga 2 kali dalam seminggu. Retinol juga hanya bisa kamu gunakan pada malam hari, karena pada siang hari akan menyebabkan kulit terbakar.

Jika kamu sedang hamil dan menyusui sebaiknya hindari kandungan ini terlebih dahulu, karena akan berpengaruh pada bayimu.

  1. Ceramide

Pada dasarnya ceramide diproduksi oleh tubuh secara alami karena merupakan asam lemak yang berfungsi untuk melembabkan kulit. Namun seiring dengan bertambahnya usia, produksi ceramide akan terus berkurang.

Maka dari itu kamu perlu melakukan perawatan anti aging dengan skincare yang mengandung ceramide. Dengan ini garis halus dan skin barrier yang rusak bisa tersamarkan.

  1. AHA (Alpha Hydroxy Acid)

Kandungan ini bisa merangsang produksi kolagen sehingga kulit lebih kenyal dan sehat. Dengan menggunakan AHA secara rutin kerutan di wajahmu bisa berkurang dan terlihat lebih halus.

Kandungan AHA juga mampu mengangkat sel kulit mati yang menyebabkan warna kulit tidak merata dan kusam.

  1. Niacinamide

Seperti kandungan anti aging lainnya, niacinamide juga mampu merangsang produksi kolagen. Niacinamide mampu menyamarkan tanda-tanda penuaan seperti bintik hitam, garis halus serta kerutan.

Selain itu kandungan ini juga memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit. Kamu bisa kombinasikan kandungan niacinamide dan ceramide untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

  1. Vitamin C

Vitamin C berperan sebagai antioksidan yang merangsang produksi kolagen. Kamu bisa pilih skincare dengan kandungan vitamin C untuk perawatan anti-aging, yang mampu mengurangi tanda penuaan seperti garis halus dan kerutan serta bintik hitam di wajah.

  1. Vitamin E

Vitamin E dapat berperan sebagai antioksidan yang dapat memperbaiki kerusakan jaringan kulit akibat paparan sinar matahari. Selain itu vitamin E juga mampu menjaga skin barrier dan kelembaban kulit.

Penggunaan skincare anti- aging membutuhkan kesabaran dan harus dilakukan secara rutin. Baru setelah rutinitas tersebut, kamu mendapatkan hasil yang memuaskan.

Agar wajah kamu tetap aman, gunakan skincare anti aging yang sudah terdaftar BPOM. Jika tanda penuaan tetap muncul kamu bisa konsultasikan dengan dokter untuk mendapat treatment khusus yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu.***(Ika Sriani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *