Apa Itu Chemical Sunscreen? Cocok untuk Tipe Kulit Apa?
Penjelasan apa itu Chemical Sunscreen, kulit yang cocok, dan rekomendasi produknya. (Pexels/Karolina Grabowska)

SKINCARE PEDIA – Ada tiga jenis sunscreen yang beredar di pasaran, yaitu chemical sunscreen, physical sunscreen, dan hybrid sunscreen.

Sunscreen tersebut diformulasi dengan bahan yang berbeda- beda. Untuk kamu yang tidak menginginkan wajahmu berubah menjadi abu abu ketika pakai sunscreen, kamu bisa pilih jenis chemical sunscreen.

Pada artikel ini kita akan memberikan ulasan lebih mendalam mengenai chemical sunscreen.

Penjelasan Chemical Sunscreen

  1. Kandungan Bahan Aktif

Chemical sunscreen mengandung senyawa organik atau senyawa berbasis karbon. Chemical sunscreen diformulasikan dengan bahan kimia aktif.

Bahan tersebut berupa oxybenzone, Octisalate, Octocrylene, Ethylhexyl, Methyl Methacrylate Crosspolymer, Butylene Glyco dan lainnyal untuk melindungi kulit dari sinar UV.

  1. Cara Kerja

Chemical sunscreen bekerja di bawah permukaan kulit dengan menyerap sinar ultraviolet dan mengubahnya menjadi panas agar tidak masuk ke dalam lapisan kulit terdalam. Chemical sunscreen akan aktif bekerja setelah 20 hingga 30 menit setelah diaplikasikan ke wajah.

Namun penggunaan chemical sunscreen dinilai tidak sepenuhnya menangkal sinar matahari, sebagian sinar matahari bisa terserap oleh tubuh. Sehingga chemical sunscreen tidak dapat mencegah sinar UV 100%.

Sehingga risiko terjadinya kulit terbakar masih mungkin. Kemungkinan terjadi masalah kulit yang lain antara lain kulit kering dan kusam

  1. Konsistensi Produk

Chemical sunscreen memiliki tekstur yang ringan menyerupai pelembab. Sunscreen ini akan lebih mudah menyerap ke dalam kulit dibandingkan dengan jenis sunscreen lainnya.

Kelebihan dari jenis sunscreen ini adalah tidak meninggalkan whitecast, sehingga nyaman kamu gunakan sehari- hari.

  1. Cara Pemakaian

Kamu perlu mengoleskan chemical sunscreen 15 hingga 30 menit sebelum beraktivitas si luar ruangan.

Waktu tersebut berguna agar reaksi kimia bekerja sempurna untuk melindungi kulit dan mencegah kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Chemical Sunscreen Cocok untuk Tipe Kulit Apa?

Sunscreen ini sangat cocok untuk tipe kulit dengan jerawat komedo. Jerawat komedo biasanya terjadi karena pori-pori wajah yang tersumbat.

Chemical sunscreen tidak kami sarankan untuk tipe kulit sensitif, ibu hamil, dan anak-anak. Namun kamu bisa melakukan test patch terlebih dahulu untuk mengetahui reaksi dan kecocokannya dengan kulit kamu.

Kamu bisa melakukannya dengan cara mengoleskan sedikit produk sunscreen ke kulit bagian telinga belakang atau samping leher. Tunggu hingga 48 jam. Jika tidak ada reaksi apapun maka kamu bisa lanjutkan pemakaian chemical sunscreen ini.

Contoh Produk Chemical Sunscreen

Setelah kamu mengetahui apa itu chemical sunscreen, kamu juga perlu tahu produk chemical sunscreen yang bisa kamu temukan di pasaran. Berikut adalah contoh produk chemical sunscreen:

  1. Hydrashoote Sunscreen Gel SPF 45 PA++++

Sunscreen ini memiliki tekstur yang ringan dan mudah meresap dan tidak lengket  di kulit. Hydrashoote Sunscreen ini sangat popular di pasaran dan cocok untuk kulit berminyak. Sunscreen azarine ini tdak menimbulkan residu putih pada wajah.

  1. Wardah UV Shield Essential Gel Sunscreen

Sunscreen ini memiliki tingkat proteksi SPF 35 PA+++. Wardah UV Shield memiliki teknologi Skinbost DNATM yang dapat merawat dan memperbaiki kerusakan kulit pada lapisan DNA.

  1. Somethinc Holyshield! Sunscreen Comfort Corrector Serum SPF 50+ PA++++

Memiliki teknologi Snowflake Molecules, sunscreen ini akan memberi sensasi dingin seperti salju jika kamu aplikasikan ke wajah.

Teksturnya yang ringan dan mudah meresap membuat nyaman untuk di pakai sehari-hari. Sunscreen dari Somethinc ini tidak lengket serta tidak akan membuat wajah kamu abu-abu.

  1. Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50 PA+++

Sunscreen dari Biore ini memiliki ketahanan terhadap air dan keringat sehingga aman untuk kamu gunakan sehari-hari. Terlebih untuk kamu yang memiliki hobi berolahraga dan berenang.

Demikian ulasan mengenai chemical sunscreen dan contoh produknya. Semoga bermanfaat.***(Ika Sriani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *