Penjelasan apa itu skin minimalism beserta cara penerapannya agar memberikan manfaat maksimal
Penjelasan apa itu skin minimalism beserta cara penerapannya agar memberikan manfaat maksimal. (Pexels/Pavel Danilyuk)

SKINCARE PEDIA – Pernahkah kamu mendengar istilah skin minimalism? Ini adalah kata yang sempat viral beberapa kurun waktu terakhir. Tren skin minimalism ini popular di dunia kecantikan dengan menerapkan step perawatan kulit yang anti ribet.

Mungkin beberapa dari kamu juga pernah merasa mager untuk merawat kulit karena pusing dengan step dan produk skincare yang begitu banyak. Semakin banyak rekomendasi produk yang kamu dapat justru semakin membuatmu bimbang dengan mana pilihan skincare yang tepat.

Munculah ide skin minimalism yang membantu kamu keluar dari kerumitan perawatan kulit.

Apa sih Skin Minimalism Itu?

Skin minimalism adalah perawatan kulit yang menerapkan kesederhanaan dengan menggunakan produk seminim mungkin. Menurut dr.Jennie Novita skin minimalism adalah penggunaan skincare dengan seminimal mungkin sesuai dengan kebutuhan kulit atau preferensi kamu.

Jadi istilahnya produk yang nggak penting ya nggak usah di pakai. Dikutip dari anessa.id menurut Dr. Dia Febrina, SpKK, penggunaan produk perawatan kulit yang terlalu banyak tidak selalu menguntungkan terutama bagi jenis kulit sensitif yang rentan iritasi.

Kenapa sih harus skin minimalism dan apa benefitnya?

Manfaat Skin Minimalism

  1. Menghemat Waktu dan Uang

Dengan membelanjakan uang untuk produk skincare yang sesuai kebutuhan saja tentunya akan menghemat pengeluaran kamu.

Kamu hanya membeli apa yang benar-benar dibutuhkan oleh kulit dan tidak FOMO (Fear Of Missing Out) dengan mengikuti apa skincare yang sedang trending saat ini.

Dengan skin minimalism, kamu bisa mengurangi jumlah produk dan langkah perawatan kulit, juga akan menghemat waktu kamu sehingga lebih efisien.

  1. Meminimalisasi Risiko Terjadinya Iritasi

Mungkin sebagian dari kamu ada yang menggunakan produk skincare dengan mengikuti standar beauty influencer. Tetapi nyatanya meskipun produk itu cocok di wajah mereka, belum tentu cocok di wajah kamu.

Hal ini dikarenakan kondisi dan kebutuhan kulit seseorang berbeda setiap individu. Selain itu tidak semua individu paham akan kandungan di dalam skincare. Terlalu banyak campuran bahan justru akan berisiko tinggi menyebabkan alergi dan iritasi.

  1. Produk yang Dipakai Bekerja Lebih Maksimal

Dengan konsep skin minimalism, penggunaan skincare lebih ditekankan pada kualitas produk dibandingkan kuantitas produknya.

Terlalu banyak layer dalam perawatan kulit dapat memicu reaksi buruk pada wajah kamu. Maka dari itu dengan menerapkan skin minimalism akan membuat kita lebih bijak dalam memilih produk skincare.

  1. Membantu Melestarikan Lingkungan

Selain berdampak pada kesehatan kulit, konsep skin minimalism juga memberi dampak baik untuk bumi kita.

Dengan memakai produk sesuai dengan apa yang kita butuhkan saja, lebih sedikit pula sampah yang dihasilkan. Artinya membatasi penggunaan produk juga salah satu usaha melestarikan lingkungan.

Bagaimana Cara Menerapkan Skin Minimalism?

Jika kamu ingin menerapkan konsep skin minimalism, ada beberapa langkah-langkah yang bisa kamu ikuti seperti di bawah ini.

  1. Terapkan Basic Skincare

Langkah awal untuk menerapkan konsep skin minimalism adalah dengan basic skincare. Langkah terpenting dalam perawatan kulit adalah membersihkan wajah, mengaplikasikan pelembab, dan juga tabir surya.

Jika wajah kamu membutukan perawatan khusus kamu bisa tambahkan toner ataupun serum. Tapi kamu harus ingat untuk tetap fokus pada kualitas bukan kuantitas.

  1. Pilih Produk dengan Manfaat Gabungan

Dalam Konsep skin minimalism tentu langkahnya lebih sederhana. Untuk itu, kamu bisa pilih produk dengan beberapa manfaat tetapi hanya pada satu kemasan. Langkah ini tentu akan menghemat waktu dan biaya.

  1. Fokus pada Masalah Kulit Utama

Dengan memperhatikan kondisi kulit, kamu akan menyesuaikan perawatan sesuai dengan kebutuhan kulit. Misalnya jika kulit kamu kering, maka utamakan penggunaan pelembab.

  1. Perhatikan Kandungan Bahan Aktif

Baca kandungan skincare pada ingredient kemasan juga penting dilakukan. Pahami terlebih dahulu masalah kulit apa yang harus kamu atasi.

Kamu bisa mengatasi beberapa masalah kulit hanya dengan satu bahan. Misalnya tanda penuaan, seperti kerutan garis halus ataupun bekas jerawat bisa diatasi dengan retinol.

  1. Konsisten

Jika kamu merasa sudah menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu, lakukan perawatan kulit dengan konsisten. Konsisten inilah yang akan membuat kulit kamu terjaga kesehatannya dan memperlihatkan hasil yang maksimal.

Sekarang saatnya kamu untuk mulai menerapkan skin minimalism. Pilihlah produk yang berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan kulit. Berusahalah untuk menyederhanakan setiap langkah dalam perawatan kulitmu.***(Ika Sriani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *