Bolehkah Krim Malam Dipakai Siang Hari? Ketahui Dampaknya
Dampak jika krim malam dipakai siang hari. (Pexels/Linda Prebreza)

SKINCARE PEDIA – Perawatan kulit merupakan bagian penting dari rutinitas kecantikan yang tidak hanya membantu menjaga kesehatan kulit, tetapi juga memperbaiki masalah-masalah kulit tertentu.

Salah satu produk yang sering digunakan adalah krim malam. Sebuah pertanyaan seringkali muncul: apakah boleh memakai krim malam di siang hari?

Berikut ini akan dibahas lebih lanjut tentang perbedaan krim malan dan siang, serta apakah boleh kirim malam digunakan pada siang hari

Perbedaan Antara Krim Malam dan Krim Siang

Krim Malam:

  • Fokus pada Perbaikan dan Regenerasi: Krim malam umumnya diformulasikan untuk memperbaiki dan meregenerasi kulit saat tidur. Kulit beregenerasi lebih cepat di malam hari. Sehingga, krim malam biasanya mengandung bahan-bahan yang mendukung proses ini, seperti retinol, peptide, dan bahan anti-penuaan lainnya.
  • Tekstur Lebih Berat: Krim malam sering kali lebih berat dan lebih kaya karena tidak perlu mempertimbangkan faktor perlindungan dari sinar matahari. Tekstur yang lebih berat ini membantu menjaga kelembapan kulit sepanjang malam.
  • Tanpa SPF: Krim malam biasanya tidak mengandung SPF (Sun Protection Factor) karena digunakan pada saat tidak ada paparan sinar matahari.

Krim Siang:

  • Fokus pada Perlindungan: Krim siang dirancang untuk melindungi kulit dari faktor lingkungan seperti sinar UV, polusi, dan radikal bebas. Karena itu, banyak krim siang yang mengandung SPF untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.
  • Tekstur Lebih Ringan: Krim siang biasanya memiliki tekstur yang lebih ringan sehingga nyaman digunakan di bawah makeup dan tidak membuat kulit terasa berat atau berminyak.
  • Antioksidan dan Pelembap: Selain SPF, krim siang sering mengandung antioksidan dan bahan pelembap untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dan terlindungi sepanjang hari.

Bolehkah Memakai Krim Malam di Siang Hari?

Secara umum, tidak ada larangan keras dalam menggunakan krim malam di siang hari, namun ada beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan:

Ketiadaan SPF

Krim malam biasanya tidak mengandung SPF, sehingga jika Anda menggunakan krim malam di siang hari, kulit Anda tidak terlindungi dari sinar UV yang bisa menyebabkan penuaan dini dan risiko kanker kulit.

Jika Anda memutuskan untuk memakai krim malam di siang hari, pastikan Anda menggunakan tabir surya tambahan dengan SPF yang cukup.

Tekstur Berat

Karena krim malam biasanya lebih berat dan kaya, menggunakan krim ini di siang hari mungkin membuat kulit terasa berminyak atau tidak nyaman. Terutama, jika Anda beraktivitas di luar ruangan atau menggunakan makeup.

Bahan Aktif

Beberapa krim malam mengandung bahan aktif seperti retinol atau asam hidroksi yang bisa meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar matahari.

Menggunakan produk ini di siang hari tanpa perlindungan SPF bisa menyebabkan iritasi atau kerusakan kulit.

Pada akhirnya, yang terbaik adalah mengikuti petunjuk penggunaan produk skincare sesuai dengan waktu yang direkomendasikan.

Menggunakan krim siang di siang hari dan krim malam di malam hari memastikan bahwa kulit Anda mendapatkan manfaat maksimal dari setiap produk sesuai dengan fungsinya.***(Hardiyansyah Supardi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *