Bolehkah Sunscreen Dipakai di Malam Hari
Penjelasan bolehkah sunscreen dipakai di malam hari. (Pexels/Tara Winstead)

SKINCARE PEDIA – Ketika beraktivitas di luar ruangan, kamu tentu membutuhkan sunscreen untuk melindungi wajah dari panas terik matahari.

Kamu perlu mengaplikasikan sunscreen 15 menit sebelum kamu keluar rumah. Namun, apakah sunscreen bisa kita pakai di malam hari? Yuk cek faktanya!

Bolehkah Pakai Sunscreen di Malam Hari?

Meskipun pada malam hari tidak ada sinar matahari, tapi beberapa orang beranggapan jika sunscreen juga perlu mereka gunakan untuk melindungi kulit dari efek blue light  layar ponsel atau televisi.

Sebenarnya terkait boleh tidaknya memakai sunscreen di malam hari, jawabannya boleh-boleh saja, tetapi kamu harus melakukannya dengan cara yang tepat.

Jika kamu pakai sunscreen pada malam hari pastikan kamu langsung tidur. Selain itu kamu juga harus memastikan bahwa sebelumnya sudah melakukan double cleansing.

Namun pemakaian sunscreen pada malam hari menimbukan kekhawatiran munculnya masalah kulit seperti jerawat. Hal ini karena kemungkinan sunscreen tersebut memiliki kandungan comedogenic yang dapat menyumbat pori-pori wajah yang berakhir pada munculnya jerawat.

Malam hari juga waktu yang kulit butuhkan agar memiliki kesempatan untuk bernapas dan regenerasi tanpa perlindungan dari tabir surya.

Berikut ini kami akan sajikan kelebihan dan kekurangan memakai sunscreen pada malam hari

Kelebihan

  1. Dapat Menenangkan Kulit yang Terbakar

Setelah beraktivias seharian di luar ruangan, terkadang ada beberapa orang yang mengalami kulit terasa terbakar karena paparan sinar matahari pada siang hari. Dengan menggunakan sunscreen pada malam hari bisa membantu menenangkan kulit yang terbakar.

Beberapa dari produk sunscreen memiliki kandungan bahan-bahan yang menghidrasi kulit terbakar dan mampu mencegah pengelupasan dan peradangan kulit.

  1. Melindungi Kulit dari Photodamage

Photodamage adalah jenis dari penuaan dini karena paparan sinar matahari dalam jangka waktu yang panjang. Selain itu juga ada faktor lain seperti efek blue light pada ponsel dan televisi yang dapat meningkatkan stress oksidatif pada kulit yang bisa menimbulkan kerutan di wajah.

  1. Melindungi dari Melasma

Melasma adalah masalah kulit yang biasanya berupa bercak gelap pada kulit yang disebabkan oleh paparan sinar UV dan radiasi dari layar laptop, televisi atau layar gawai.

Kekurangan

  1. Menyumbat pori-pori wajah

Memakai sunscreen pada malam hari dapat menyebabkan pori-pori wajah tersumbat. Terlebih jika kamu memakai sunscreen yang tidak berkualitas. Biasanya sunscreen yang teksturnya tidak ringan di kulit mudah menyumbat por-pori wajah dan kemudian memunculkan komedo dan jerawat pada wajah.

  1. Tidak mendapat manfaat maksimal

Tujuan utama dari memakai sunscreen adalah untuk melindungi wajah dari sinar UV yang menyebabkan kerusakan pada kulit.

Oleh karena itu, jika kamu memakai sunscreen pada malam hari, artinya manfaat utama dari sunscreen itu sendiri tidak kamu dapatkan, hal ini bisa dikatakan pemborosan. Karena yang kamu lakukan ini adalah sia –sia.

Penutup

Itulah beberapa informasi mengenai apakah sunscreen boleh dipakai pada malam hari atau tidak. Kesimpulannya sunscreen boleh kita gunakan pada malam hari, tetapi bukan suatu hal keharusan. Karena, manfaat utama sunscreen adalah untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Jika kamu tetap ingin memakai sunscreen pada malam hari kamu harus pastikan sunscreen yang kamu pakai adalah sunscreen terbaik yang tidak menyumbat pori-pori wajah.

Semoga informasi ini dapat membantu kalian dalam hal perawatan kulit.***(Ika Sriani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *