Beauty

Cara Memperbaiki Skin Barrier yang Rusak, Ketahui Ciri-ciri Kerusakannya

Cara Memperbaiki Skin Barrier yang Rusak
Ciri-ciri Skin Barrier yang rusak dan cara memperbaikinya. (Pexels)

SKINCARE PEDIA – Beberapa kurun waktu terakhir, skin barrier sedang menjadi perbincangan hangat di masyarakat karena perannya yang sangat penting dalam menjaga dan melindungi kulit.

Skin barrier adalah lapisan terluar dari kulit kita. Pada skin barrier terdapat komponen protein dan asam lemak yang fungsinya menjaga kelembabab kulit, melindungi kulit dari radikal bebas, kuman dan zat kimia yang berbahaya serta melindungi kulit dari sinar UV dan UVB.

Dijelaskan oleh Dr. Kamila Jaidi dalam akun Tiktoknya, skin barrier yang sehat itu adalah yang memilki hasil multidimensional glow skin yaitu perpaduan yang harmonis dari 5 dimensi kulit.

5 dimensi kulit yang dimaksud yaitu kulit cerah glowing, tekstur wajah yang halus, kulit kenyal dan elastis, kadar minyak yang tidak berlebih, dan kulit yang terhidrasi dengan baik.

Sedangkan kulit yang skin barrier rusak itu seperti apa dan bagaimana cara memperbaikinya. Simak penjelasannya berikut ini.

Ciri Skin Barrier yang Rusak

Pada skin barrier yang rusak memilki beberapa ciri- ciri di ataranya adalah

  • Muncul keluhan kulit seperti kulit kasar, kering , kusam serta bersisik,
  • Kulit menjadi lebih sensitif sehingga lebih mudah munculnya jerawat, iritasi kulit, dan kemerahan

Cara memperbaiki Skin Barrier yang Rusak

Skin barrier yang rusak akan sulit ternutrisi, sehingga sering kali mengalami keluhan kulit wajah yang susah glowing meskipun kamu sudah memakai berbagai macam skincare.

Zat yang terkandung dalam skincare sulit untuk terserap ke dalam kulitt. Lalu bagaimana cara memperbaiki skin barrier yang rusak?

1. Gunakanlah Air Dingin Ketika Mandi

Kamu disarankan jangan terlalu sering mandi dengan air panas. Hal ini karena mandi menggunakan air yang terlalu panas akan menyebabkan kulit kamu menjadi kering.

Ini terjadi karena air panas akan mengikis lapisan minyak alami pada skin barrier. Selain itu kamu tidak disarankan mandi terlalu lama, cukup 5 – 10 menit.

2. Gunakanlah Sabun yang Berbahan Lembut

Skin barrier yang rusak tentu akan susah mendapatkan wajah yang glowing, maka dari itu perlu merapikan pondasi terlebih dahulu dengan cara menerapkan basic skincare.

Dalam memperbaiki skin barrier kamu perlu skincare yang semuanya serba lembut. Dalam hal ini yaitu pilihlah sabun yang non SLS (Sodium Lauryl sulfate) atau surfaktan.

Kandungan ini adalah senyawa kimia yang tergolong keras yang nantinya akan merusak skin barrier mu. Pilihan alternatif  untuk memperbaiki skin barrier kamu bisa memakai sabun yang berbahan alami seperti minyak zaitun, aloe vera atau coconut batter.

3. Gunakanlah Pelembab dan Lotion

Cara untuk memperbaiki skin barrier selanjutnya adalah gunakan pelembab atau moisturizer untuk kulit wajah serta lotion untuk kulit badan kamu.

Pilihlah  pelembab yang mengandung glicerinn, niacinamide, hyaluronic acid dan urea, yang mampu membantu untuk melembabkan kulit.

Gunakanlah pelembab secara rutin dengan cara oleskan pada kulitmu setelah mandi. Sebelumnya, pastikan terlebih dahulu kulitmu sudah dikeringkan dengan handuk.

4. Lindungi Kulit dengan Sunscreen

Sunscreen juga berperan dalam memperbaiki skin barrier kamu. Sebaiknya pilih sunscreen yang tidak iritatif. Pastikan ketika kamu memakai sunscreen kulit kamu terasa dingin.

Selain itu, usahakan untuk tidak terlalu lama melakukan aktivitas dibawah sinar matahari langsung. Kamu bisa melakukannya dengan mengenakan topi, payung, atau memakai pakaian yang panjang untuk menutup lengan dan kakimu.

Cara-cara tersebut bisa kamu coba untuk memperbaiki skin barrier. Apabila mengalami kerusakan skin barrier yang berarti kamu bisa konsultasikan dengan dokter ahlinya. Selamat mencoba.***(Ika Sriani)

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *