Cara Mengatasi Jerawat Parah, Ini yang Biasanya Diresepkan Dokter Spesialis
Cara mengatasi jerawat parah dengan kandungan yang biasa diresepkan dokter spesialis. (Pexels/Anna Nekrashevich)

SKINCARE PEDIA – Mengatasi masalah jerawat memang bisa dengan banyak cara, dari cara alami, basic skincare, hingga tindakan medis.

Namun untuk menyembuhkan jerawat yang sudah parah tidak bisa dibilang enteng. Meski demikian, jerawat parah masih bisa disembuhkan.

Untuk menyembuhkan jerawat parah perlu banyak pertimbangan dan dengan metode khusus yang sebaiknya dalam pengawasan dokter spesialis. Berikut ini cara mengatasi jerawat yang parah. Yuk, simak bersama!

Mengatasi Jerawat Parah

Jika mengalami jerawat yang parah, kamu disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis agar mendapatkan tindakan yang tepat.

Cara untuk mengatasi jerawat yang parah biasanya dengan resep dokter seperti berikut

  1. Benzoil Peroksida

Benzoil peroksida adalah salah satu kandungan yang biasanya terdapat pada obat jerawat. Kandungan ini mampu membunuh bakteri yang menjadi penyebab timbulnya jerawat. Bahkan sampai ke akar-akarnya.

Selain mempercepat proses penyembuhannya, benzoil peroksida juga membantu menyamarkan noda bekas jerawat.

Meskipun benzoil peroksida termasuk dalam golongan obat bebas. Tak ada salahnya jika kamu konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter agar tidak terjadi hal buruk pada wajahmu.

  1. Antibiotik

Obat ini sering menjadi pilihan pertama pada tindakan penyembuhan jerawat parah. Dengan mengonsumsi antibiotik, diharapkan dapat mengurangi kemerahan dan pembengkakan akibat jerawat.

Dengan mengoleskan antibiotik pada jerawat, bakteri yang menyumbat pada pori-pori wajah berkurang.

  1. Isotretinoin

Dikutip dari American of Dermatology, obat ini menghasikan sekitar 85%  penderita jerawat mengalami penyembuhan permanen seteleh  satu kali pemakaian isotretinoin. Obat ini berbentuk krim oles dan juga pil.

Namun perlu dicatat obat ini memiliki efek samping sehingga perlu pertimbangan dan harus dengan resep dokter. Perlu diperhatikan juga bahwa obat ini tidak untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan ibu menyusui.

  1. Pil KB( Khusus Wanita)

Pil KB seringkali digunakan untuk mengatur hormon pada wanita. Namun pil KB juga bisa digunakan untuk membantu penyembuhan jerawat parah.

Caranya adalah dengan digunakan bersama dengan antibiotik atau obat lain seperti spironolactone (spy-ren-no-lac-tone). Cara ini dipercaya dapat menekan produksi minyak berlebih yang menjadi penyebab jerawat, sekaligus ,menghambat aktivitas hormon androgen.

Sebagai informasi, tidak semua pil KB dapat digunakan untuk membantu proses penyembuhan jerawat parah. Yang sudah terbukti efektif menyembuhkan jerawat parah hanya pil KB kombinasi hormone estrogen dan progesteron.

  1. Suntikan steroid

Cara untuk menyembuhkan jerawat parah bisa dilakukan dengan suntik steroid. Cara ini hanya dapat dilakukan oleh dokter. Dokter akan menyuntikan obat kortikosteroid yang disebut triamcinolone ke dalam kulit yang berjerawat.

Namun jika jerawatnya sangat parah, dan bernanah biasanya dokter harus melakukan bedah kecil terlebih dahulu baru menyuntikan kortikosteroid.

  1. Laser Erbium

Cara menyembuhkan jerawat yang sudah parah lainnya adalah dengan melakukan laser erbium. Tindakan ini menggunakan teknologi laser terbaik, karena dapat memperbaiki struktur kulit sampai ke lapisan yang terdalam. Meskipun harganya tergolong mahal tetapi hasilnya lebih maksimal dari cara lainnya.

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menyembuhkan jerawat yang sudah parah. Kamu bisa mencobanya, namun harus dengan resep atau pendampingan dari dokter spesialis. Selamat mencoba.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *