Cara Mengatasi Kulit Wajah Kusam

SKINCAREPEDIA- Banyak wanita mendambakan kulit yang sehat dan cerah. Jika kulit terlihat kusam, mungkin akan menurunkan rasa percaya diri.

Penyebab wajah kusam adalah berbagai hal, kulit terlalu kering, penumpukan sel-sel kulit mati, kebiasaan merokok, faktor penuaan kulit, hiperpigmentasi, hingga penggunaan produk perawatan kulit wajah yang tidak tepat.

Namun, Anda jangan terlalu khawatir bila mengalaminya.

Artikel ini akan membagikan beberapa cara mudah untuk mengatasi kulit wajah kusam. Yuk, simak!

Cara Mengatasi Kulit Wajah Kusam

Jika memiliki wajah kusam, Anda bisa mengikuti beberapa cara ini untuk mencerahkan wajah kembali.

1. Gunakan Tabir Surya

Kulit kusam bisa terjadi sebab paparan sinar matahari pada kulit. Oleh karena itu, Anda sangat perlu menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 setiap hari.

Anda juga bisa batasi aktivitas di bawah sinar matahari antara pukul 10.00–14.00. Jika Anda beraktivitas di bawah sinar matahari sepanjang hari, oleskan kembali tabir surya setidaknya setiap 2–3 jam sekali.

2. Gunakan Produk Perawatan Kulit yang Tepat

Jangan menggunakan terlalu banyak produk perawatan kulit dengan kandungan berbeda karena dapat menyebabkan iritasi dan sama sekali tidak mendatangkan manfaat.

Terlalu sering berganti produk kecantikan juga tidak akan membawa hasil yang efektif. Lebih baik menggunakan satu produk dalam durasi waktu yang lama dan melihat bagaimana hasilnya setelah pemakaian sekitar 2-3 bulan.

3. Konsumsi Makanan Sehat

Bukan hanya penggunaan skin care atau perawatan kulit, tapi Anda bisa rutin mengonsumsi buah, sayur, dan biji-bijian yang kaya akan vitamin serta antioksidan.

Anda juga bisa mengonsumsi minyak ikan dan menghindari makanan olahan yang mengandung bahan pengawet, karena dapat membuat kulit tampak lebih sehat dan awet muda.

Jangan lupa juga untuk minum air putih yang cukup setiap hari agar kulit tetap terhidrasi dengan baik.

4. Hindari Merokok dan Asap Rokok

Penelitian mengungkapkan bahwa perokok aktif memiliki kulit dan wajah yang terlihat lebih tua daripada usia sebenarnya. Hal ini ditandai dengan kulit yang terlihat lebih kusam, lebih cepat berkeriput, dan warna kulit tidak rata.

Rokok mengandung sejumlah zat berbahaya bagi tubuh. Beberapa zat tersebut dapat mengurangi aliran darah ke kulit wajah dan mengurangi produksi kolagen, sehingga kulit wajah terlihat kusam. Oleh karena itu, hentikan kebiasaan merokok mulai sekarang.

5. Cukupi Waktu Istirahat

Memiliki tidur berkualitas dan teratur selama 7–9 jam sehari dapat mengoptimalkan pembentukan hormon pertumbuhan yang mendorong pergantian sel-sel tubuh dan produksi kolagen pada kulit.

Proses pergantian sel serta produksi kolagen pada kulit dapat terhambat jika kamu memiliki waktu kurang tidur. Itu membuat wajah tampak lebih kusam dan lesu. Namun, ingat, terlalu banyak tidur juga tidak baik untuk kesehatan kulit.

Tip Menggunakan Produk Perawatan untuk Mencegah Kulit Wajah Kusam

Berikut ini adalah beberapa tip penggunaan produk perawatan untuk mencegah wajah kusam.

a. Pilih produk skincare yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit.
b. Gunakan pelembap sesuai dengan kondisi kulit setiap hari.
c. Bersihkan riasan wajah setiap kali selesai beraktivitas agar terhindar dari penyumbatan pori yang dapat menyebabkan jerawat.
d. Hindari berbagi make up dengan orang lain untuk meminimalkan risiko penyebaran bakteri.
e. Gunakan pembersih khusus wajah. Hindari penggunaan sabun mandi untuk membersihkan kulit wajah karena biasanya mengandung bahan yang dapat menyebabkan iritasi kulit.
f. Gunakan scrub atau eksfoliator minimal 2 kali seminggu untuk mengangkat sel-sel kulit mati.
g. Gunakan krim antioksidan yang sudah teruji klinis dapat mencerahkan kulit sekaligus mencegah tanda-tanda penuaan dini di kulit, seperti krim dengan kandungan niacinamide.

Demikian cara mudah untuk mengatasi kulit wajah yang kusam. Semoga bermanfaat!*** (Putri Silvia Andrini)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *