Cara Menghilangkan Bekas Jerawat yang Membandel, Bahan Mudah Didapat
Cara menghilangkan bekas jerawat yang membandel dengan bahan yang mudah didapat. (Pixabay/Maikolaqunio)

SKINCARE PEDIA –┬áBekas jerawat sering kali menjadi masalah kulit yang mengganggu, terutama karena sulit dihilangkan dan mempengaruhi penampilan.

Terdapat beberapa cara alami yang dapat membantu memudarkan bekas jerawat bahkan menghilangkannya.

Berikut adalah beberapa bahan alami yang bisa kamu coba untuk menghilangkan bekas jerawat dengan cepat.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Membandel dengan Bahan Alami

1. Lemon

Lemon adalah salah satu bahan alami yang terkenal untuk memudarkan bekas jerawat. Kandungan asam sitrat di dalamnya berfungsi sebagai pemutih alami yang membantu mencerahkan kulit.

Selain itu, lemon juga kaya akan vitamin C yang dapat merangsang produksi kolagen dan mempercepat regenerasi kulit.

2. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang membantu dalam penyembuhan luka dan mengurangi bekas jerawat. Gel lidah buaya juga mengandung aloin, zat yang dapat memudarkan pigmentasi kulit.

3. Madu

Madu adalah bahan alami yang efektif untuk mempercepat penyembuhan kulit dan memudarkan bekas jerawat. Kandungan madu terdapat antioksidan dan sifat antibakteri yang membantu dalam peremajaan kulit.

4. Memakai Serum Vitamin C

Vitamin C adalah antioksidan kuat yang dapat mencerahkan kulit dan memudarkan bekas jerawat. Penggunaan serum vitamin C secara rutin dapat membantu meratakan warna kulit dan mempercepat regenerasi sel kulit.

5. Rutin Melakukan Eksfoliasi

Eksfoliasi membantu mengangkat sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru, yang dapat membantu menghilangkan bekas jerawat.

Menerapannya pun mudah. Gunakan scrub wajah alami seperti campuran gula dan madu. Pijat lembut pada wajah dengan gerakan melingkar selama beberapa menit. Bilas dengan air hangat. Lakukan eksfoliasi dua kali seminggu.

6. Mentimun

Mentimun memiliki sifat mendinginkan dan mengandung banyak air, vitamin, dan mineral yang baik untuk kulit. Penggunaan mentimun dapat membantu menghidrasi kulit dan mengurangi bekas jerawat.

Jangan lupa saat melakukannya Iris mentimun segar menjadi irisan tipis. Tempelkan irisan mentimun pada bekas jerawat. Diamkan selama 20-30 menit sebelum dibilas dengan air bersih. Lakukan setiap hari untuk hasil terbaik.

7. Baking Soda

Baking soda memiliki sifat abrasif ringan yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan meratakan warna kulit. Selain itu, baking soda juga memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi bekas jerawat.

Campurkan baking soda dengan sedikit air hingga membentuk pasta saat ingin dipraktikkan. Lalu oleskan pasta ini ke bekas jerawat dengan gerakan melingkar.

Penutup

Menghilangkan bekas jerawat memang membutuhkan waktu dan kesabaran, tetapi dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti lemon, lidah buaya, madu, serum vitamin C, rutin melakukan eksfoliasi, mentimun, dan baking soda, kamu dapat mempercepat proses penyembuhan dan memudarkan bekas jerawat secara maksimal.

Selain itu, penting untuk menjaga kebersihan kulit dan rutin melakukan perawatan kulit untuk mencegah munculnya jerawat baru. Tetap jaga wajah karena itulah yang menjadi pemandangan pertama.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *