Cara Menghilangkan Belang di Wajah
Hilangkan belang di kulit wajah dengan cepat melalui cara-cara berikut. (Pexels/Jaspereology)

SKINCARE PEDIA – Apakah kamu sedang bermasalah dengan wajah belang yang sulit diatasi? Jangan khawatir, kami akan membantumu mengatasi masalah ini.

Kulit belang adalah kondisi yang sering dialami banyak orang. Ada beberapa faktor yang menyebabkan kulit wajah belang. Penyebab umum meliputi penggunaan masker atau jilbab.

Selain itu, paparan sinar matahari yang berlebihan dan faktor hormon juga dapat menyebabkan kulit wajah belang.

Memiliki kulit wajah yang cerah dan merata adalah keinginan banyak orang. Untuk mencapai hal itu, diperlukan perawatan kulit wajah yang rutin. Salah satu caranya adalah dengan rutin menggunakan tabir surya (sunscreen).

Sunscreen adalah produk utama yang melindungi wajahmu dari sinar matahari dan dapat mencegah wajah belang. Namun, pertanyaannya adalah apakah kamu sudah melakukan perawatan wajah secara rutin dan tepat?

Meskipun kamu sudah menggunakan banyak produk perawatan wajah, bahkan yang mahal, jika tidak diimbangi dengan penggunaan dan cara yang tepat, hasilnya akan sia-sia.

Penggunaan sunscreen yang tidak tepat juga bisa menyebabkan wajah belang.

Jika kamu tidak ingin hal buruk seperti itu terjadi pada wajahmu, simaklah ulasan berikut ini mengenai cara menghilangkan belang di wajah.

Penyebab Wajah Belang

Sebelum kamu cari tahu cara menghilangkan belang di wajah dan warna kulit tidak merata, kamu perlu kenali dulu penyebabnya. Penyebab utama wajah belang adalah paparan sinar matahari yang berlebih.

Kulit wajah bisa berubah warna menjadi lebih gelap karena sinar matahari, hal ini dikarenakan proses hiperpigmentasi, di mana melanosit  memproduksi melanin dalam jumlah yang lebih banyak dari biasanya.

Selain sinar matahari, hiperpigmentasi juga bisa disebabkan karena pengaruh hormon, pertambahan usia ataupun peradangan.

Adapun faktor lain yang memepengaruhi terjadinya kulit wajah menjadi belang meliputi:

  • pemilihan produk sunscreen yang tidak tepat,
  • penggunaan sunscreen yang tidak tepat,
  • tidak melakukan re-apply pada sunscreen,
  • Melasma,
  • adanya luka pada wajah,
  • Solar Lentiginosis,
  • Vintiligo, dan lain- lain.

Namun untuk kamu yang sedang berhadapan dengan wajah belang, tetap tenang dan ikuti tips dari kita untuk menghilangkan belang di wajah dengan cepat, hanya dalam 1 hari.

Cara Menghilangkan Belang pada Wajah

  1. Gunakan Skincare yang Mencerahkan

Kamu dapat memilih skincare dengan kandungan Vitamin C, Alpha, Arbutin, azelaic acid, kojic acid, licorice extract, niacinamide, dan tranexamic acid.

Kandungan skincare tersebut dapat membantu kamu untuk mencerahkan dan menghilangkan belang di wajah. Selain itu kamu juga bisa pilih produk skincare yang berlabel Brightening Series, pada produk tersebut sudah pasti mengandung zat aktif yang berfungsi untuk mencerahkan wajah

  1. Gunakan Sunscreen Secara Rutin

Faktor utama peneyebab wajah belang adalah terpapar sinar matahari yang berlebihan, untuk itu kamu sangat perlu untuk menggunakan sunscreen secara rutin. Kamu bisa pilih sunscreen dengan SPF 50 untuk mendapat perlindungan sebesar 98 %. Namun harus tetap perhatikan kebutuhan dan tipe kulit.

  1. Re-apply Sunscreen

Meskipun hanya beraktivitas dalam ruangan kamu juga perlu re-apply sunscreen setiap 2 jam sekali .

  1. Lakukan Eksfoliasi

Kamu perlu melakukan eksfoliasi wajah 1 hingga 2 kali dalam seminggu untuk mengangkat sel –sel kulit mati, termasuk kulit yang menggelap akibat terpapar sinar matahari berlebih.

Cara Alami Hilangkan Belang di Wajah

Selain cara-cara di atas kamu juga bisa menggunkan cara alami. Yuk simak bersama.

  1. Gunakan Teh Hijau Sebagai Masker

Teh hijau kaya akan antioksidan yang mampu melawan radikal bebas dan membantu mencerahkan wajah

  1. Gunakan Campuran Air Lemon dan Madu

Kamu bisa campurkan air lemon dan madu sebagai masker dan pijat- pijat perlahan  pada area wajah kamu. Kedua bahan ini dipercaya dapat mencerahkan kulit termasuk wajah belang kamu.

  1. Gunakan Scrub Bengkoang

Kamu bisa memarut bengkoang terlebih dahulu lalu campurkan dengan yogurt. Scrub bengkoang ini sudah dikenal sebagai cara ampuh dan efektif untuk mencerahkan wajah

  1. Minum Air Putih yang Cukup

Kamu perlu minum air putih sebnayak 2 liter setap harinya agar kulitmu tetap terhidrasi. Air putih mampu membantu menghilangkan wajah belang, karena air putih juga berfungsi untuk mengatur warna kulit.

Itulah beberapa cara yag dapat kamu lakukan untuk menghilangkan belang di wajahmu. jika kamu bisa ikuti cara tersebut belnag di wajahmu bisa hilang dalam 1 hari. ***(Ika Sriani).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *