6 Cara Menghilangkan Jerawat yang Muncul Terus
6 cara menghilangkan jerawat yang muncul terus, dari perawatan alami hingga rekomendasi dermatologis. (Pexels/Anna Shvets)

SKINCARE PEDIA – Jerawat merupakan masalah kulit yang umum dialami oleh banyak orang di berbagai rentang usia.

Walaupun jerawat seringkali dianggap sebagai masalah yang sering dialami remaja, banyak juga orang dewasa mengalami jerawat yang muncul terus dan sulit diatasi.

Dalam menghadapi hal ini, penting untuk memahami penyebab jerawat dan mengikuti langkah-langkah yang tepat dalam menghilangkannya.

Perlu diketahui bahwa, jerawat yang terus menerus muncul bisa menjadi masalah yang mengganggu dan mempengaruhi kepercayaan diri seseorang.

Namun, ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan jerawat dan mencegahnya supaya tidak muncul terus, seperti di bawah ini.

6 Cara Menghilangkan Jerawat yang Muncul Terus Menerus

1. Hindari Menyentuh Wajah

Penelitian menunjukkan rata-rata manusia menyentuh wajahnya sebanyak 23 kali dalam satu jam. Padahal menyentuh wajah bisa memindahkan kotoran, bakteri, dan minyak dari tangan ke kulit wajah.

Hal ini bisa memperburuk jerawat dengan menyebabkan infeksi dan peradangan. Penting untuk menghindari kebiasaan menyentuh wajah secara berlebihan supaya kulit tetap bersih.

Jika perlu menyentuh wajah, pastikan sudah mencuci tangan terlebih dahulu.

2. Gunakan Krim Perawatan Jerawat

Benzoil peroksida dan asam salisilat merupakan bahan yang sering digunakan dalam krim perawatan jerawat.

Benzoil peroksida mempunyai sifat antibakteri yang membantu membersihkan pori-pori, sementara asam salisilat mempunyai sifat eksfoliasi untuk mengurangi peradangan dan mengeringkan jerawat.

Penggunaan krim perawatan jerawat secara teratur bisa membantu menghilangkan jerawat dan mencegah timbulnya jerawat baru.

Namun, harus diingat bahwa dosis dan penggunaan kandungan ini sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

3. Cuci Muka Secara Teratur

Membersihkan wajah dan area kulit yang terkena jerawat secara teratur merupakan cara penting dalam perawatan jerawat.

Namun, hindari mencuci muka terlalu sering sebab hal ini bisa mengiritasi kulit dan merangsang produksi minyak berlebih.

Cuci muka maksimal 1-2 kali sehari menggunakan pembersih yang lembut untuk menjaga kebersihan kulit dan menghilangkan kotoran serta minyak berlebih.

4. Ubah Pola Diet

Beberapa makanan tertentu dikaitkan dengan adanya jerawat pada beberapa orang. Jika Anda melihat bahwa makanan tertentu memperburuk kondisi jerawat, pertimbangkan untuk mengurangi atau menghindari makanan tersebut.

Makanan yang sering dikaitkan dengan jerawat seperti makanan berlemak, makanan tinggi gula, susu, dan makanan cepat saji.

Mengadopsi pola makan sehat dengan mengonsumsi lebih banyak buah, sayuran, dan makanan kaya nutrisi bisa membantu mengurangi jerawat.

5. Jangan Gunakan Rias Wajah saat Olahraga

Hal ini memang terlihat sepele namun ternyata banyak perempuan yang melakukannya.

Menurut dermatolog, keringat keluar melalui pori-pori, dan jika pori-pori tersumbat oleh riasan wajah maka ia akan menumpuk di pori-pori beserta dengan kotoran dan minyak akhirnya menimbulkan jerawat.

Anda juga bisa menghindari terlalu sering terpapar sinar matahari karena bisa membuat kulit dehidrasi. Seiring waktu hal ini menyebabkan kulit memproduksi lebih banyak minyak maka menyumbat pori-pori.

6. Konsultasikan dengan dermatolog

Penyebab jerawat bukan hanya karena masalah penyumbatan pori-pori kulit saja. Banyak hal lain yang menjadi penyebabnya seperti alergi, stres, masalah hormon dan lainnya.

Untuk diagnosa juga perawatan yang paling tepat konsultasikan dengan dermatolog.

Dokter spesialis kulit akan menyarankan terapi paling tepat untuk menghilangkan jerawat Anda, mulai dari konsumsi obat sampai dengan peeling serta terapi laser untuk menghilangkan masalah jerawatnya.

Nah, itulah 6 cara menghilangkan jerawat yang muncul terus. Ingat bahwa cara apapun yang digunakan, jerawat tidak akan hilang hanya dalam waktu semalam.

Kesabaran serta konsistensi dalam menjalankan cara yang dilakukan adalah kuncinya.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *