Cara Menghindari Whitecast dari Penggunaan Sunscreen
Cara menghindari Whitecast dari penggunaan sunscreen dan rekomendasi produk yang cocok. (Pexels/Antoni Shkraba)

SKINCARE PEDIA – Membiarkan kulit wajah terpapar sinar matahari dalam angka waktu yang panjang akan menyebabkan kerusakan pada kulit wajah hingga penyakit kanker kulit.

Untuk itu setiap orang wajib menggunakan sunscreen untuk melindungi dari paparan sinar matahari. Namun, sebagian orang mengeluhkan efek setelah memakai sunscreen.

Yakni, terjadi whitecast yang menyebabkan wajah mereka terlihat kusam dan abu- abu. Hal ini karena pemilihan sunscreen yang kurang tepat dengan tipe kulit yang dimiliki.

Tapi tidak perlu khawatir, artikel ini akan membantu kamu untuk menemukan sunscreen yang tidak menyebabkan wajahmu terlihat abu- abu.

Cara Menghindari Whitecast dari Penggunaan Sunscreen

  1. Tunggu Hingga Sunscreen Menyerap

Setelah mengoleskan sunscreen, tunggulah beberapa saat agar terserap oleh kulit sepenuhnya, barulah kamu mulai merias wajah. Pilihlah sunscreen yang teksturnya gel agar cepat meresap ke dalam kulit.

Untuk mendapat hasil yang merata, kamu bisa tepuk-tepuk wajah saat kamu mengaplikasikan sunscreen.

  1. Gunakan Pelembab non SPF

Untuk menghindari efek abu-abu di wajah, kamu harus menggunakan pelembab non SPF. Pelembab dengan non SPF biasanya memiliki tekstur yang lebih ringan, sehingga akan lebih nyaman digunakan dan tidak berat di muka.

  1. Pilih Chemical Sunscreen

Meskipun physical sunscreen lebih baik dalam hal memantulkan sinar UV, namun sayangnya sunscreen jenis ini menimbulkan efek whitecast pada wajah, sehingga mengganggu penampilan kamu.

Untuk itu, kamu bisa memilih jenis chemical sunscreen agar tampilan wajah lebih alami dan tidak terlihat abu- abu.

Chemical sunscreen bekerja di bawah permukaan kulit dengan menyerap sinar ultraviolet dan mengubahnya menjadi panas agar tidak masuk ke dalam lapisan kulit terdalam.

Bahan aktif yang terkandung di dalam chemical sunscreen di antaranya yaitu benzone, Oxcybenzone, Octinoxate, dan lain sebagainya.

Rekomendasi Sunscreen Agar Wajah Tidak Terlihat Abu- abu.

  1. Hydrashoote Sunscreen Gel SPF 45 PA++++

Sunscreen ini memiliki tekstur yang ringan, mudah meresap, dan tidak lengket  di kulit. Kelebihan sunscreen ini adalah memiliki kandungan yang mampu mengontrol produksi minyak dalam waktu 6 jam.

Sehingga, sunscreen ini cocok untuk kamu yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat. Dan pastinya, no whitecast alias tidak membuat wajahmu terlihat abu- abu.

  1. Somethinc Holyshield! Sunscreen Comfort Corrector Serum SPF 50+ PA++++

Lengkap dengan teknologi Snowflake Molecules, sunscreen ini akan memberi sensasi dingin seperti salju jika kamu aplikasikan ke wajah. Teksturnya yang ringan dan mudah meresap membuat nyaman untuk di pakai sehari- hari.

Sunscreen dari Somethinc ini tidak lengket serta tidak akan membuat wajah kamu abu- abu. Memiliki formulas  5 -in-1 protection sehingga mampu melindungi wajah dari sinar UVA/UVB, polusi, blue light, serta sinar inframerah.

  1. N’Pure Cica Beat The Sun Matte

Produk chemical sunscreen ini mengandung bahan alami Centella Asiatica yang bermanfaat untuk menenangkan kulit yang berjerawat.

Produk ini memiliki formulasi 5X UV Protection Agent sunscreen. Bahan ini membantu melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB secara maksimal dan mencegah terbentuknya flek hitam akibat sinar matahari.

Memiliki tekstur yang ringan, no whitecast, serta memberi hasil matte finish sehingga nyaman untuk aktivitas sehari- hari.

Penutup

Itulah cara menghindari whitecast akibat dari penggunaan sunscreen. Kamu bisa coba rekomendasi sunscreen di atas yang tidak menimbulkan whitecast dan pastinya tidak membuat wajah kamu terlihat abu- abu.

Mulai sekarang kamu jangan ragu dan tidak perlu takut untuk tetap memakai sunscreen dalam aktivitas sehari- hari agar kamu terlindungi dari bahaya sinar matahari. ***(Ika Sriani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *