Cara Merawat Kulit Saat Musim Kemarau, Tetap Kenyal dan Sehat Bersinar
Cara merawat kulit saat musim kemarau agar kulit tetap kenyal dan sehat bersinar. (Pexels/Sora Shimazaki)

SKINCARE PEDIA – Musim kemarau seringkali mengganggu kesehatan kulit wajah. Panas matahari yang intens dapat memicu berbagai masalah kulit seperti kulit kering dan kusam, bahkan menyebabkan munculnya jerawat dan iritasi kulit.

Dikutip dari detik.com, musim kemarau dapat memicu udara kering. Hal ini disebabkan oleh suhu di sekitar yang memiliki kelembapan udara cenderung lebih rendah dibandingkan saat musim hujan. Akibatnya, situasi tersebut membuat kulit kita menjadi kering.

Apabila kondisi seperti itu dibiarkan saja, tentu akan memicu masalah kulit yang parah dan terus berkelanjutan. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan perawatan yang tepat saat musim kemarau tiba.

Simak beberapa cara merawat kulit saat musim kemarau berikut ini.

Cara Merawat Kulit Saat Musim Kemarau

1. Pakai Moisturizer atau Pelembap

Cara yang pertama, kamu harus menggunakan moisturizer atau pelembap ketika menghadapi musim kemarau. Saat musim kemarau, konsentrasi air dalam kulit tidak seimbang, hal inilah yang menyebabkan kulitmu menjadi kering. Oleh karena itu, kamu butuh pelembap untuk mengembalikan kondisi kulit menjadi seimbang dan lembap.

Pilih pelembap yang memiliki kandungan hyaluronic acid, gliserin, atau ceramides. Gunakan secara rutin setelah membersihkan muka untuk mendapatkan hasil kulit yang sehat dan kenyal.

2. Memakai Tabir Surya atau Sunscreen

Ketika menghadapi musim kemarau, penting juga bagi kamu untuk menggunakan sunscreen agar kulit selalu mendapat perlindungan dari bahaya sinar UV.

Terkena sinar matahari secara langsung dapat menyebabkan efek sunburn, kondisi di mana warna kulit menjadi kemerahan. Jika tidak ingin hal buruk seperti itu terjadi pada wajah, kamu wajib memakai sunscreen setiap hari.

3. Mengenakan Penutup Kepala

Meskipun terkesan sepele, penutup kepala sangat penting bagi kamu untuk menjaga kulit tetap terjaga walaupun musim kemarau.

Terutama bagi kamu yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan dalam waktu yang lama. Apabila kamu mengenakan penutup kepala seperti topi, kulit kamu akan terlindungi dari sinar matahari langsung. Namun, tetap aplikasikan sunscreen ke wajah.

4. Konsumsi Makanan Sehat

Pemilihan makanan juga memengaruhi kesehatan kulit. Cobalah untuk mengonsumsi makanan yang mengandung banyak antioksidan seperti buah-buahan, sayuran hijau, dan kacang-kacangan untuk menjaga kulit agar tetap sehat bersinar meskipun dihadapkan dengan musim kemarau.

5. Hindari Mandi Air Panas Berlebihan

Meskipun mandi air panas terasa lebih rileks dan menyenangkan, mandi air panas secara berlebihan justru akan membuat kulit semakin kering. Hindari kandungan SLS pada sabun jika kamu memiliki tipe kulit yang sangat kering.

6. Aplikasikan Yogurt

Selama musim kemarau, kamu juga bisa mengaplikasikan yogurt pada wajah. Yogurt mampu mendinginkan wajah yang terbakar akibat sengatan sinar matahari.

Yogurt yang digunakan bukanlah yogurt yang biasa ditemukan pada olahan minuman atau makanan manis, melainkan yogurt plain yang tidak mengandung gula. Dengan menggunakan yogurt, diharapkan akan menghilangkan kemerahan di wajah.

Dengan menerapkan cara-cara di atas, kamu dapat merawat kulit agar tetap terjaga meskipun sedang musim kemarau.***(Ika Sriani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *