Beauty

Day Cream Dulu atau Sunscreen Dulu? Mari Cari Tahu Urutan yang Tepat!

Day Cream Dulu atau Sunscreen Dulu
Ilustrasi | Ketahui urutan yang tepat penggunaan Day Cream atau Sunscreen terlebih dahulu. (Pexels/ Andrea Piacquadio)

 

SKINCARE PEDIA –┬áKetika ingin serius melakukan perawatan kulit, urutan penggunaan produk adalah kunci untuk memastikan manfaat maksimal dari setiap produk yang Anda gunakan.

Salah satu pertanyaan yang sering muncul adalah apakah harus menggunakan day cream atau sunscreen terlebih dahulu.

Berikut akan kami jelaskan masing-masing urutan dan memberikan panduan tentang urutan yang tepat untuk penggunaan day cream dan sunscreen.

1. Mengapa Urutan Penggunaan Penting?

Sebelum kita memutuskan urutan yang tepat, mari kita pahami mengapa urutan penggunaan produk perawatan kulit sangat penting.

Setiap produk perawatan kulit memiliki formula yang dirancang untuk menyerap ke dalam kulit dengan cara tertentu dan memberikan manfaat khusus.

Mengubah urutan penggunaan dapat mempengaruhi seberapa efektif produk tersebut bekerja atau bahkan menyebabkan reaksi yang tidak kita inginkan.

2. Day Cream atau Sunscreen: Apa yang Lebih Penting?

Sebelum memutuskan urutan, penting untuk memahami perbedaan antara day cream dan sunscreen. Day cream biasanya mengandung bahan-bahan yang bertujuan untuk melembapkan, merawat, dan melindungi kulit dari kerusakan lingkungan sepanjang hari.

Sementara itu, sunscreen dirancang khusus untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV yang dapat menyebabkan kerusakan kulit jangka panjang seperti penuaan dini dan bahkan kanker kulit.

Beberapa orang mungkin lebih condong untuk menggunakan day cream terlebih dahulu sebelum sunscreen dengan alasan sebagai berikut:

Pelembap Terlebih Dahulu

Day cream berfungsi sebagai pelembap, sehingga penggunaannya terlebih dahulu dapat membantu menghidrasi kulit dan mempersiapkannya untuk lapisan pelindung dari sunscreen.

Nutrisi Kulit

Day cream sering mengandung bahan-bahan aktif yang memberikan nutrisi tambahan kepada kulit, seperti vitamin dan antioksidan. Mengaplikasikannya terlebih dahulu memungkinkan kulit untuk menyerap manfaat nutrisi ini dengan lebih baik.

Kenyamanan

Beberapa day cream memiliki tekstur yang lebih ringan daripada sunscreen, sehingga menggunakannya terlebih dahulu dapat membuat pengalaman penggunaan produk menjadi lebih nyaman.

Di sisi lain, alasan lain penggunaan sunscreen terlebih dahulu sebelum day cream adalah:

Perlindungan Terhadap Sinar UV

Sunscreen harus menjadi lapisan terluar dari perawatan kulit Anda untuk memberikan perlindungan maksimal terhadap paparan sinar UV. Dengan menggunakannya terlebih dahulu, Anda dapat memastikan bahwa kulit Anda terlindungi sejak awal.

Penggunaan Berulang

Sunscreen perlu kita aplikasikan secara berulang selama satu hari untuk menjaga perlindungan terhadap sinar UV. Dengan menggunakan sunscreen terlebih dahulu, Anda tidak perlu khawatir jika day cream Anda akan mengganggu atau mengurangi efektivitas sunscreen saat Anda aplikasikan kembali.

3. Urutan yang Tepat

Secara umum, urutan yang tepat adalah mengaplikasikan sunscreen terlebih dahulu sebelum day cream. Ini memastikan bahwa kulit Anda terlindungi dengan baik dari paparan sinar UV sepanjang hari.

Setelah sunscreen diserap sepenuhnya, Anda dapat mengaplikasikan day cream sebagai langkah terakhir dalam rutinitas perawatan kulit Anda.

Memutuskan urutan penggunaan day cream dan sunscreen dapat bervariasi tergantung pada preferensi pribadi Anda dan jenis produk yang Anda gunakan.

Namun, untuk memberikan perlindungan maksimal terhadap sinar UV dan manfaat optimal dari perawatan kulit Anda, disarankan untuk menggunakan sunscreen terlebih dahulu sebelum day cream.

Selalu ingat untuk memilih produk dengan SPF yang cukup tinggi dan sesuaikan dengan jenis kulit Anda untuk hasil terbaik.***(Hardiyansyah Supardi)

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *