Kandungan Glycerin dalam Skincare, Ketahui Segudang Manfaatnya untuk Wajah
Manfaat kandungn Glycerin dalam skincare, dari mencerahkan hingga sebagai bahan eksfoliasi alami. ()Pexels/cottonbro studio)

SKINCARE PEDIA – Mendengar kata glycerin, tentu tidak asing lagi di telinga. Mungkin saja kamu pernah menemukannya pada bagian daftar bahan skincare yang kamu gunakan.

Ya, glycerin merupakan salah satu kandungan yang biasanya terdapat dalam produk skincare. Perlu kamu ketahui bahwa dalam dunia medis, glycerin ini digunakan untuk mengobati sariawan dan meredakan sembelit.

Namun, nyatanya glycerin memiliki banyak manfaat untuk kulit wajah. Apa saja? Yuk, temukan jawabannya dengan membaca artikel ini hingga selesai.

Apa itu Glycerin?

Glycerin, atau gliserol, adalah senyawa kimia gliserida yang terdiri dari beragam lemak. Glycerin bekerja sebagai humektan, yaitu kandungan aktif yang mampu menembus ke dalam lapisan kulit sehingga memberikan banyak manfaat.

Di dalam tubuh, kamu juga memiliki glycerin alami yang berfungsi untuk menjaga kelembutan dan kesehatan kulitmu.

Manfaat Glycerin untuk Wajah

1. Menjaga Kekenyalan Kulit

Glycerin membantu menjaga kekenyalan kulit dengan kandungan anti-aging-nya, mencegah munculnya tanda-tanda penuaan seperti keriput, dan menjaga kulit tetap kenyal.

2. Memperkuat Skin Barrier

Glycerin mampu memperkuat skin barrier agar tidak semakin menipis, yang dapat menyebabkan berbagai masalah kulit seperti jerawat, komedo, dan beruntusan.

3. Mengurangi Luka Bekas Jerawat

Kandungan glycerin dapat menyamarkan noda hitam bekas jerawat, membantu mempercepat proses penyembuhan luka.

4. Melindungi Kulit dari Radikal Bebas

Glycerin berperan sebagai antioksidan yang melindungi kulit dari radikal bebas yang dapat menyebabkan flek hitam dan kerutan.

5. Mencerahkan Kulit

Kandungan glycerin menjaga kelembaban dan kekenyalan kulit, menjadikan kulit wajah tampak lebih cerah dan bersinar.

6. Mencegah Infeksi pada Kulit

Glycerin memiliki sifat antimikroba yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur, mengurangi risiko infeksi pada kulit.

7. Berperan sebagai Toner

Glycerin dapat digunakan sebagai toner untuk membersihkan kulit dan menjaga keseimbangan pH kulit.

8. Eksfoliasi Secara Alami

Glycerin mampu mengeksfoliasi kulit secara alami dengan mempercepat pengangkatan sel-sel kulit mati, menjadikan kulit terlihat lebih segar dan cerah.

Dari banyaknya manfaat glycerin yang diberikan kepada kulit, kamu dapat menambahkan glycerin sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulitmu. Pilihlah produk skincare dengan kandungan glycerin untuk mendapatkan manfaatnya.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *