Kebiasaan yang Membuat Wajah Tambah Kusam dan Cara Mengatasinya
Ilustrasi | Kebiasaan yang membuat wajah tambah kusam dan cara mengatasinya. (Pexels/HR Films)

SKINCARE PEDIA – Wajah yang kusam selain menjadi pertanda kulit tidak sehat, juga dapat mengganggu penampilan.

Beberapa kebiasaan sehari-hari tanpa disadari bisa menyebabkan kulit wajah menjadi kusam dan tidak bercahaya. Berikut adalah beberapa kebiasaan yang dapat membuat wajah Anda terlihat lebih kusam dan cara mengatasinya.

Kebiasaan yang Membuat Wajah Tambah Kusam

1. Begadang atau Kurang Tidur

Begadang atau kurang tidur merupakan salah satu penyebab utama kulit wajah menjadi kusam. Saat tidur, kulit mengalami proses regenerasi sel yang penting untuk menjaga kecerahan dan kesehatan kulit.

Kurang tidur bisa mengganggu proses ini, menyebabkan kulit terlihat lelah, kusam, dan munculnya lingkaran hitam di bawah mata. Untuk mengatasi masalah ini, pastikan Anda mendapatkan tidur yang cukup setiap malam, sekitar 7-8 jam.

2. Konsumsi Gula Berlebih

Gula berlebih dalam diet dapat merusak kolagen dan elastin, dua protein penting yang menjaga kulit tetap kencang dan elastis.

Konsumsi gula yang tinggi dapat mempercepat proses penuaan kulit, membuatnya tampak kusam dan keriput.

Untuk menjaga kesehatan kulit, kurangi konsumsi makanan dan minuman manis, serta pilih makanan yang kaya akan nutrisi seperti buah-buahan dan sayuran.

3. Tidak Membersihkan Wajah dengan Benar

Membersihkan wajah adalah langkah penting dalam rutinitas perawatan kulit. Jika Anda tidak membersihkan wajah dengan benar, kotoran, minyak, dan sisa-sisa makeup bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan kulit kusam serta berjerawat.

Gunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda, dan pastikan untuk membersihkan wajah dua kali sehari, pagi dan malam sebelum tidur.

4. Menghabiskan Waktu Terlalu Lama di Bawah Matahari

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat merusak kulit dan membuatnya tampak kusam. Sinar UV dari matahari dapat menyebabkan kerusakan pada kolagen dan elastin, serta meningkatkan produksi melanin yang membuat kulit terlihat lebih gelap.

Gunakan tabir surya dengan SPF yang cukup setiap kali keluar rumah, dan hindari paparan sinar matahari langsung terutama pada pukul 10 pagi hingga 4 sore.

5. Melewatkan Eksfoliasi

Eksfoliasi adalah proses pengelupasan sel kulit mati dari permukaan kulit. Jika Anda melewatkan eksfoliasi, sel kulit mati dapat menumpuk dan membuat kulit terlihat kusam serta tidak bercahaya.

Lakukan eksfoliasi secara teratur, namun jangan berlebihan karena bisa menyebabkan iritasi. Pilih produk eksfoliasi yang lembut dan sesuai dengan jenis kulit Anda, dan lakukan 1-2 kali seminggu.

6. Mengonsumsi Banyak Karbohidrat Namun Rendah Sayuran

Diet yang tinggi karbohidrat namun rendah sayuran dapat mempengaruhi kesehatan kulit. Karbohidrat olahan seperti roti putih, pasta, dan makanan cepat saji bisa menyebabkan lonjakan gula darah yang merusak kolagen kulit.

Sebaliknya, sayuran kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang penting untuk kesehatan kulit. Perbanyak konsumsi sayuran hijau, buah-buahan, dan biji-bijian dalam diet Anda untuk menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya.

Kebiasaan sehari-hari memiliki dampak besar pada kesehatan kulit wajah. Untuk menghindari kulit kusam, penting untuk menghindari kebiasaan buruk di atas.

Dengan mengubah kebiasaan ini, Anda bisa mendapatkan kulit wajah yang lebih cerah, sehat, dan bercahaya.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *