Kebiasaan yang Memperburuk Kondisi Jerawat di Wajah
Kebiasaan yang memperburuk kondisi jerawat di wajah. (Pixabay/ Mohamed_Hassan)

SKINCARE PEDIA – Jerawat adalah masalah kulit yang umum dan bisa sangat mengganggu. Beberapa kebiasaan sehari-hari dapat memperburuk kondisi jerawat.

Bahkan tanpa kita sadari, kebiasaan tertentu semakin menambah jumlah jerawat. Berikut ini adalah kebiasaan-kebiasaan yang dapat membuat jerawat semakin banyak.

Kebiasan yang Memperburuk Kondisi Jerawat

1. Terlalu Sering Mencuci Muka

Meskipun menjaga kebersihan kulit penting, mencuci muka terlalu sering justru bisa merusak kulit. Ketika Anda terlalu sering mencuci muka, minyak alami kulit yang berfungsi melindungi dan melembabkan kulit akan terhapus.

Akibatnya, kulit akan memproduksi lebih banyak minyak untuk mengkompensasi kekurangan tersebut, yang bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Solusinya adalah cuci muka dua kali sehari, pagi dan malam, dengan pembersih yang lembut.

2. Memencet Jerawat

Memencet jerawat adalah kebiasaan yang sangat menggoda tetapi berbahaya. Ketika Anda memencet jerawat, risiko infeksi dan peradangan meningkat.

Tindakan ini juga dapat mendorong bakteri dan kotoran lebih dalam ke dalam kulit, yang dapat memperburuk jerawat dan menyebabkan bekas luka.

Hindari memencet jerawat. Gunakan produk perawatan yang mengandung benzoyl peroxide atau asam salisilat untuk mengurangi peradangan.

3. Tidak Membersihkan Kulit yang Berkeringat

Keringat dapat menyumbat pori-pori, terutama setelah berolahraga atau berada di cuaca panas. Jika tidak segera dibersihkan, keringat dapat bercampur dengan minyak dan kotoran, yang bisa menyebabkan jerawat.

Segera cuci muka atau mandi setelah berkeringat banyak untuk mencegah pori-pori tersumbat.

4. Menyentuh Wajah dengan Tangan Kotor

Tangan kita sering kali menyentuh berbagai permukaan yang penuh dengan kuman dan bakteri. Menyentuh wajah dengan tangan kotor dapat memindahkan kuman dan kotoran ke kulit, yang dapat menyebabkan jerawat dan iritasi kulit.

Hindari menyentuh wajah Anda dan selalu cuci tangan dengan sabun sebelum menyentuh wajah.

5. Begadang

Kurang tidur dapat mempengaruhi kesehatan kulit. Saat Anda tidak mendapatkan cukup tidur, tubuh Anda melepaskan lebih banyak hormon stres, seperti kortisol, yang dapat meningkatkan produksi minyak di kulit dan memperburuk jerawat.

Usahakan untuk tidur selama 7-9 jam setiap malam untuk menjaga keseimbangan hormon dan kesehatan kulit.

6. Jarang Mengganti Sarung Bantal

Sarung bantal dapat menjadi tempat berkumpulnya minyak, kotoran, dan bakteri dari wajah dan rambut Anda. Jika tidak diganti secara teratur, kotoran dan bakteri tersebut dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Gantilah sarung bantal setidaknya sekali seminggu untuk mengurangi risiko jerawat.

7. Tidur dengan Make Up

Tidur dengan make up adalah salah satu kebiasaan terburuk yang bisa dilakukan untuk kulit. Make up dapat menyumbat pori-pori dan menghalangi kulit untuk bernapas, yang dapat menyebabkan jerawat dan masalah kulit lainnya.

Menghindari jerawat tidak hanya bergantung pada produk perawatan kulit yang Anda gunakan tetapi juga pada kebiasaan sehari-hari Anda.

Mulailah menerapkan kebiasaan baik ini untuk mendapatkan kulit yang lebih bersih dan sehat.***(Hardiyansyah Supardi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *