Beauty

Kenali Tanda Skin Barrier Rusak dan Cara Ampuh Memperbaikinya

Kenali Tanda Skin Barrier Rusak dan Cara Ampuh Memperbaikinya
Ilustrasi | Tanda skin barrier rusak dan cara ampuh untuk memperbaikinya. (Pexels)

SKINCARE PEDIA – Apakah Anda pernah mendengar tentang skin barrier? Skin barrier adalah lapisan terluar dari kulit yang terdiri dari protein dan asam lemak.

Fungsinya sangat vital untuk menjaga kelembaban kulit, melindungi dari radikal bebas, kuman, zat kimia berbahaya, dan paparan sinar matahari.

Oleh karena itu, penting untuk memastikan skin barrier Anda selalu dalam kondisi baik. Namun, bagaimana cara mengetahui jika skin barrier Anda rusak? Mari kita pelajari bersama tanda-tanda skin barrier yang rusak dan cara memperbaikinya.

Tanda-Tanda Skin Barrier yang Rusak

Apakah kulit wajah Anda mengalami masalah? Apakah Anda merasa skin barrier Anda terganggu? Berikut beberapa tanda yang bisa membantu Anda mengenalinya:

1. Kulit Ruam Kemerahan

Kulit kemerahan sering kali menjadi tanda awal peradangan pada kulit. Kondisi ini bisa disebabkan oleh penggunaan scrub atau surfaktan yang terlalu keras pada kulit wajah.

Apakah Anda sering menggunakan produk yang mengandung bahan-bahan tersebut?

2. Kulit Kasar dan Kering

Apakah kulit Anda terasa kering, mengelupas, atau kasar saat disentuh? Ini adalah tanda bahwa skin barrier Anda rusak.

Saat skin barrier terganggu, cairan dalam kulit mudah menguap, mengurangi kelembaban kulit dan memicu kekeringan serta kekasaran. Anda mungkin sering merasa tidak nyaman dengan kondisi ini, bukan?

3. Terasa Panas dan Gatal

Skin barrier yang rusak juga bisa membuat kulit terasa panas dan gatal. Apakah Anda pernah merasa gatal dan perih saat menggunakan produk skincare?

Rasa gatal ini biasanya disebabkan oleh zat pemicu alergi dan kuman yang dengan mudah menembus bagian dalam kulit saat skin barrier terganggu.

4. Muncul Jerawat yang Sulit Sembuh

Apakah Anda memiliki jerawat yang tak kunjung sembuh? Skin barrier memiliki lapisan mantel asam yang berfungsi untuk mencegah bakteri masuk dan mempercepat penyembuhan luka.

Saat skin barrier rusak, proses penyembuhan jerawat memerlukan waktu lebih lama. Menurut Dr. Kamila Jaidi, seseorang dengan skin barrier yang rusak cenderung memiliki wajah yang berjerawat namun kering.

Cara Memperbaiki Skin Barrier yang Rusak

Setelah mengenali tanda-tanda skin barrier yang rusak, penting untuk segera mengambil langkah-langkah perbaikan. Berikut beberapa cara efektif untuk memperbaiki skin barrier Anda:

1. Cuci Muka dengan Air Dingin

Apakah Anda sering mencuci muka dengan air hangat? Mulailah mencuci muka dengan air dingin untuk mengurangi iritasi dan membantu menenangkan kulit.

2. Gunakan Sabun yang Lembut

Pilihlah sabun pembersih wajah yang berbahan lembut dan bebas dari bahan kimia keras. Sabun yang lembut akan membantu menjaga keseimbangan skin barrier Anda.

3. Gunakan Moisturizer Secara Rutin

Apakah Anda rutin menggunakan pelembab? Moisturizer atau pelembab sangat penting untuk mengunci kelembaban dan memperbaiki skin barrier yang rusak.

4. Lindungi Kulit dari Sinar Matahari

Selalu gunakan tabir surya (sunscreen) setiap kali beraktivitas di luar ruangan. Sinar matahari dapat merusak skin barrier, jadi perlindungan ekstra sangat diperlukan.

5. Penuhi Asupan Nutrisi untuk Kulit

Pastikan Anda mendapatkan asupan nutrisi yang cukup untuk kulit. Nutrisi seperti vitamin E dan omega-3 sangat baik untuk memperbaiki dan menjaga kesehatan skin barrier Anda.

Kesimpulan

Menjaga kesehatan skin barrier sangat penting untuk kesehatan kulit secara keseluruhan. Jika Anda mengalami tanda-tanda kerusakan seperti yang telah disebutkan, segera ambil langkah untuk memperbaikinya.

Dengan perawatan yang tepat, skin barrier Anda bisa kembali normal dan siap menerima berbagai jenis perawatan kulit. Jadi, sudahkah Anda merawat skin barrier Anda hari ini?***(Ika Sriani)

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *