Kesalahan dalam Penggunaan Skincare, Bikin Perawatan Wajah Tidak Maksimal
Kesalahan dalam penggunaan skincare yang membuat perawatan wajah tidak maksimal. (Pexels/Polina Tankilevitch)

SKINCARE PEDIA – Tahukah kamu ketika memakai skincare dengan cara yang tidak tepat justru akan membuat wajah kamu terlihat kusam bahkan muncul masalah kulit seperti jerawat.

Kesalahan dalam penggunaan skincare adalah hal yang sering terjadi, apalagi bagi para pemula. Banyak sekali hal hal yang dilakukan tanpa sadar yang membuat skincare tidak bekerja secara maksimal.

Kesalahan yang terjadi umumnya disebabkan karena kurangnya pemahaman mengenai fungsi dari produk masing-masing. Jika hal seperti ini dibiarkan dalam waktu yang lama tentu akan memicu banyak permasalahan kulit.

Kesalahan Dalam Menggunakan Skincare

Berikut ini kesalahan yang sering dilakukan yang menjadi penyebab skincare tidak bekerja dengan maksimal.

1. Menggunakan Rangkaian Produk yang Berlebihan

Kesalahan yang sering terjadi pada penggunaan skincare adalah terlalu banyak produk yang digunakan. Semakin banyaknya beauty influencer sekarang ini, terkadang semakin bingung pula memilih produk skincare yang cocok.

Review produk dari mereka di media sosial seringkali dijadikan pedoman seseorang untuk memilih produk skincare. Padahal dengan modal ikut-ikutan belum tentu produk yang di-review cocok untuk kulit kita.

Terutama bagi pemula, sebaiknya memilih produk basic skincare seperti face wash, toner, pelembab dan sunscreen.

Rangkaian produk basic skincare adalah modal utama  untuk menjaga kesehatan kulit wajahmu. Apalagi jika dilakukan dengan benar dan secara rutin justru akan memberikan hasil yang maksimal di wajahmu.

2. Terlalu Sering Melakukan Eksfoliasi

Eksfoliasi memang penting dilakukan untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk. Eksfoliasi akan mencegah tumbuhnya jerawat, mengecilkan pori-pori dan membuat produk skincare yang kamu pakai meyerap sempurna ke dalam kulit.

Meskipun ini hal baik, tetapi jika dilakukan terlalu sering justru akan membuat kulit wajah menjadi kering bahkan mengalami iritasi. Sebaiknya lakukan eksfoliasi 1 hingga 2 kali saja dalam seminggu.

3. Tidak Memerhatikan Kandungan saat Membeli Produk Skincare

Kesalahan yang sering dilakukan dalam menggunakan skincare selanjutnya adalah tidak memerhatikan kandungannya. Padahal kandungan skincare dapat menimbulkan efek buruk jika tidak sesuai dengan jenis kulit.

Jika hal ini terjadi, hentikan pemakaian agar tidak terjadi breakout parah pada wajah. Cobalah untuk cari tahu terlebih dahulu kandungan apa saja yang dibutuhkan oleh kulitmu.

Pastikan kamu juga harus sudah mengetahui jenis kulit sendiri agar lebih mudah dalam memilih produk skincare.

4. Tidak Melakukan Double Cleansing

Meskipun sudah cuci muka dengan sabun wajah, nyatanya itu saja tidak cukup untuk memberikan hasil maksimal. Kamu perlu lakukan double cleansing terlebih dahulu sebelum mencuci muka.

Hal ini dilakukan agar semua kotoran maupuan riasan yang menempel di wajah dapat terangkat dengan sempurna. Melewati tahap double cleansing akan membuat wajahmu rentan terkena jerawat karena kotoran yang menempel di pori-pori kulit.

Jika kamu termasuk seseorang yang sering beraktivitas di luar apalagi dengan makeup, wajib lakukan double cleansing dengan micellar water ataupun cleansing oil sebelum dilanjutkaan tahapan skincare lainnya.

5. Tidak Menggunakan Sunscreen

Sampai saat ini sunscreen masih dianggap remeh penggunaannya. Melewatkan sunscreen pada rutinitas skincare kamu akan berakibat buruk pada wajah.

Paparan sinar matahari menjadi penyebab utama masalah kulit seperti kulit kusam, tanda penuaan dini serta menghambat produksi kolagen pada kulit.

6. Menggunakan Produk Kadaluarsa

Tidak hanya memerhatikan kandungannya, tetapi kamu juga harus memeriksa tanggal expired produk skincare.

Terkadang hal kecil seperti ini sering terlewatkan, banyak kasus produk kadaluarsa masih digunakan untuk wajah. Akibatnya terjadi masalah kulit seperti iritasi, jerawat, gatal-gatal, kemerahan dan masalah kulit lainnya.

7. Mengguanakan Skincare Tidak Sesuai Urutan

Selain kesalahan di atas, penggunaan skincare yang tidak sesuai urutan juga menyebabkan skincare tidak bekerja secara maksimal. Rumus urutan penggunaan skincare dimulai dari yang paling cair kemudian ke yang lebih kental.

Ini akan memudahkan proses penyerapan skincare ke dalam kulit. Jadi, apabila kamu melakukan urutan yang salah dan sembarangan, justru skincare-mu akan terbuang sia-sia.

Untuk itu jangan lakukan kesalahan-kesalahan di atas, jika kamu tidak ingin skincare-an mu tidak maksimal. Pastikan tidak mengulangi kesalahan lagi ya.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *