Manfaat Berjemur di Pagi Hari
Manfaat berjemur di pagi hari untuk kesehatan kulit. (Pexels/Andrea Piacquadio)

SKINCARE PEDIA – Umumnya sinar matahari orang anggap berbahaya bagi kulit. Sinar UVA/UVB bisa merusak kulit, menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan dini, bahkan kanker kulit.

Meskipun berbahaya, sinar matahari juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Kamu bisa merasakan manfaat tersebut dengan berjemur di pagi hari. Hal ini tentu dianjurkan karena sinar matahari pagi memiliki kandungan yang bermanfaat untuk tubuh kita.

Yuk ketahui, apa saja manfaat berjemur di pagi hari untuk kesehatan.

Manfaat Berjemur di Pagi Hari

  1. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Kok bisa sih berjemur di pagi hari dapat meningkatkan kesehatan kulit? Tentu kalian bertanya-tanya. Jawabannya adalah sinar matahari di pagi hari mampu mengubah energi Pro- vitamin D di dalam tubuh kita.

Berjemur di pagi hari dengan cukup dapat mencegah terjadinya glikolasi kolagen, yaitu rusaknya protein kolagen karena gula darah yang tinggi.

Glikolasi kolagen ini dapat memepercepat penuaan dini. Sehingga dengan kata lain berjemur di pagi hari hari bisa mencegah penuaan dini.

  1. Meningkatkan Suasana Hati

Berjemur di pagi hari juga dapat meningkatkan mood kamu. Hal ini karen hormon serotonin, hormon dopamin, dan beta endorfin yang memiliki peran dalam memunculkan rasa bahagia dan mengurangi stress.

Tak hanya itu, sinar matahari juga mampu menekan hormon produksi melatonin yang bisa menyebabkan tubuh terlihat letih.

  1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Untuk kamu yang memiliki masalah insomnia, yaitu kesulitan tidur di malam hari kamu perlu melakukan berjemur di pagi hari. Hal ini juga dianjurkan oleh WHO . sinar matahari dapat meningkatkan suhu tubuh sehingga tubuh akan merasa lebih hnagat, sehingga dapat mengatur metabolisme tubuh agar bisa tidur lebih awal di malam hari.

  1. Memperkuat Tulang

WHO menyatakan bahwa dengan berjemur selama 10 hingga 15 menit di bawah sinar matahari pagi dapat mencegah 40 % osteoporosis atau tulang keropos pada usia lanjut.

Berjemur di pagi hari dapat mendorong vitamin D dalam tubuh yang bermanfaat untuk kesehatan tulang. Kamu perlu tahu ada disinformasi mengenai vitamin D ini.

Mengutip dari kominfo.go.id, faktanya bukan sinar mataharinya yang mengandung vitamin D, adapun sebenarnya saat kulit terpapar sinar ultraviolet hal tersebut memicu sintesis vitamin D.

Ginjal dan hati mengubahnya menjadi vitamin D aktif yang kemudian tubuh gunakan untuk peresapan kalsium dan kesehatan tulang.

  1. Menyembuhkan Penyakit Kulit

Bagaimana bisa berjemur di pagi hari bisa menyembuhkan penyakit kulit? Kulit yang terkena sinar matahari pagi dapat mengaktifkan vitamin D pada tubuh yang berperan pada regulasi kalsium dan aliran darah.

Metabolisme kalsium dan mineral yang baik  tubuh secara otomatis akan mengirimkan sel darah putih yang sebagian besar diproduksi tulang untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet dan mengobati masalah kulit seperti jerawat, psoriasis, dan eksim.

  1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Vitamin D dalam tubuh yang meningkat karena aktivitas berjemur ini memiliki efek imunomodulator yang dapat meningkatkan imun tubuh dan melawan penyakit.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, kita mendapat kesimpulan bahwa sinar matahari juga memiliki manfaat untuk kesehatan, bahkan untuk kesehatan kulit. Meskipun yang kita tahu, sinar ultraviolet dapat menyebabkan berbagai masalah kulit.

Namun ketika kamu berjemur di pagi hari, kamu wajib memakai sunscreen untuk mencegah kemungkinan terburuk terjadi pada kulit kamu. Selain itu juga perhatikan waktu, kamu cukup berjemur 10 hingga 15 menit saja. ***(Ika Sriani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *