Manfaat Berjemur Jam 10 Pagi/Pixabay

SKINCAREPEDIA- Sinar matahari pagi memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu, wajar sekali pakar kesehatan menganjurkan untuk berjemur di pagi hari selama 10-15 menit setiap harinya.

Berjemur di jam 10 pagi dianjurkan oleh dr Tan Shot Yen, seorang ahli gizi komunitas. Dalam sebuah wawancara, ia menegaskan jam 10 pagi adalah waktu yang terbaik.

Berikut manfaat berjemur di jam 10 pagi hari yang perlu kamu ketahui. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Manfaat Berjemur Jam 10 Pagi

1. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Dengan berjemur di jam 10 pagi dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit. Paparan sinar matahari di pagi hari mampu mengubah energi menjadi Pro-Vitamin D di dalam tubuh kita.

Jumlah Pro-Vitamin D yang cukup dalam tubuh memiliki banyak manfaat bagi kulit, mulai dari melembapkan, menenangkan kulit yang meradang, serta menjadi tabir surya alami bagi kulit.

2. Meningkatkan Suasana Hati

Jika ingin meningkatkan suasana hati, kamu bisa melakukan berjemur di pagi hari. Dengan berjemur, akan ada rasa bahagia bersumber dari hormon serotonin, hormon dopamin, serta beta endorfin yang berperan dalam membantu untuk memunculkan rasa bahagia dan mengurangi stres.

3. Meningkatkan Kualitas Tidur

Berjemur di pagi hari selama 10-15 menit setiap hari dapat membantu kamu agar tidur lebih nyenyak di malam hari. Sinar matahari pada pagi hari dapat membantu tubuh untuk mengenali perbedaan waktu antara siang dan malam.

Mengutip dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), terapi cahaya matahari pagi juga sangat dianjurkan bagi orang yang menderita insomnia atau sulit tidur di malam hari.

4. Memperkuat Kesehatan Tulang

Mendapatkan kalsium dari pasokan vitamin D yang baik untuk melindungi terjadinya pengeroposan tulang. Berjemur di pagi hari selama 10-15 menit dapat membantu mendorong produksi vitamin D dalam tubuh yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang.

Berdasarkan penelitian Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), berjemur di pagi hari setiap hari selama 10-15 menit juga dapat mencegah 40% kasus osteoporosis atau tulang yang rapuh pada usia lanjut.

5. Menyembuhkan Penyakit Kulit

Berjemur di pagi hari juga dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit seperti jerawat, eksim, hingga psoriasis. Kegiatan berjemur ini, seringkali sebagai terapi berjemur. Kulit yang terekspos sinar matahari pagi dapat mengaktifkan produksi vitamin D secara alami di tubuh kita.

6. Mendorong Produksi Vitamin D

Salah satu manfaat lainnya adalah dapat meningkatkan produksi vitamin D yang tak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Jadi, selain mengonsumsi makanan tinggi vitamin D, kamu bisa dengan rutin berjemur setiap pagi.

7. Menurunkan Tekanan Darah

Berdasarkan penelitian pada Journal of Investigative Dermatology, sinar matahari mampu mengubah oksidan nitrat (NO) pada kulit, dan senyawa yang mengatur tekanan darah, menjadi lebih kecil sehingga tekanan darah yang terlalu tinggi dapat berkurang.

8. Meningkatkan Fungsi Otak

Berjemur pagi hari secara rutin juga dapat meningkatkan fungsi kognitif dan memicu pertumbuhan sel saraf di hipokampus, yaitu bagian otak yang bekerja untuk mengatur, membentuk, dan menyimpan memori.

9. Mengurangi Gejala Alzheimer

Seperti penjelasan di atas, salah satu manfaat berjemur adalah meningkatkan fungsi otak dan membantu menjaga ingatan agar tetap kuat. Jadi, secara tidak langsung juga dapat mengurangi gejala alzheimer yang dapat muncul pada usia lanjut

10. Menjaga Imunitas Tubuh

Ternyata, berjemur di pagi hari juga dapat menjaga serta meningkatkan imunitas tubuh sehingga menjadi lebih tahan terhadap penyakit. Hal ini karena produksi vitamin D memiliki efek imunomodulator yang dapat memperbaiki sistem imun tubuh untuk melawan penyakit.*** (Putri Silvia Andrini)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *