Beauty

Manfaat Titanium Dioxide pada Sunscreen, Berguna untuk Kulit Sensitif?

Manfaat Titanium Dioxide pada Sunscreen, Berguna untuk Kulit Sensitif?
Manfaat titanium dioxide pada sunscreen, ternyata sangat berguna untuk kulit, bahkan kulit sensitif. (Pexels)

SKINCARE PEDIA – Apakah Anda sering melihat daftar bahan pada kemasan skincare? Jika ya, mungkin Anda pernah menemukan istilah Titanium Dioxide.

Bahan skincare ini umumnya ditemukan dalam produk sunscreen. Sunscreen yang mengandung Titanium Dioxide termasuk dalam kategori physical sunscreen. Titanium Dioxide memiliki manfaat utama melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Apa sebenarnya Titanium Dioxide itu?

Titanium Dioxide adalah suatu zat aditif dalam bentuk bubuk halus yang berfungsi sebagai pigmen putih. Selain dalam skincare, Titanium Dioxide juga digunakan dalam berbagai produk industri seperti cat, kertas, dan pasta gigi.

Manfaat Titanium Dioxide pada sunscreen sangatlah beragam. Mari kita bahas lebih lanjut.

Manfaat Titanium Dioxide

1. Melindungi Kulit dari Sinar UV dan UVB

Sunscreen yang mengandung Titanium Dioxide mampu memberikan perlindungan ekstra terhadap sinar UV dan UVB yang berbahaya bagi kulit Anda. Selain itu, sunscreen ini juga efektif dalam melindungi kulit dari radiasi yang berasal dari perangkat elektronik.

2. Aman untuk Kulit Sensitif

Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda, sehingga pemilihan sunscreen harus disesuaikan dengan kebutuhan kulit masing-masing.

Titanium Dioxide adalah salah satu kandungan pada sunscreen yang aman digunakan, terutama untuk kulit yang sensitif. Bahkan, kandungan ini sering digunakan dalam sunscreen untuk bayi yang berusia di atas 6 bulan.

3. Tidak Menyumbat Pori-pori Kulit

Sunscreen yang mengandung Titanium Dioxide biasanya tidak akan menyumbat pori-pori kulit. Hal ini menjadikannya pilihan yang tepat untuk mengurangi risiko munculnya jerawat dan komedo pada wajah.

4. Mengurangi Risiko Irritasi

Beberapa kandungan dalam sunscreen bisa menyebabkan iritasi pada kulit, terutama bagi mereka yang memiliki kulit sensitif. Namun, Titanium Dioxide memiliki sifat astringen alami yang dapat menenangkan kulit, sehingga risiko iritasi dapat diminimalkan.

5. Tidak Menimbulkan Efek “Whitecast”

Manfaat lain dari sunscreen yang mengandung Titanium Dioxide adalah tidak menimbulkan efek “whitecast” pada wajah. Beberapa sunscreen memang dapat meninggalkan lapisan putih ketika diaplikasikan pada kulit.

Namun, Titanium Dioxide tidak akan memberikan efek tersebut, sehingga cocok digunakan untuk aktivitas outdoor seperti olahraga tanpa harus khawatir tentang perubahan warna saat berkeringat.

Dengan mengetahui manfaat Titanium Dioxide pada sunscreen, Anda dapat lebih selektif dalam memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda.***(Ika Sriani)

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *