Mengenal Skin Barrier/Pexels

SKINCARE PEDIA – Skin barrier atau penghalang kulit adalah lapisan luar kulit yang berfungsi sebagai pelindung utama tubuh terhadap berbagai faktor eksternal.

Secara ilmiah, skin barrier merujuk pada lapisan stratum korneum, bagian terluar dari epidermis.

Lapisan ini terdiri dari sel-sel kulit mati yang disebut korneosit dan matriks lipid, yang bersama-sama menciptakan penghalang fisik dan kimia untuk menjaga kesehatan kulit.

Struktur dan Komposisi

Skin barrier terdiri dari korneosit yang tersusun rapi seperti batu bata, sementara lipid berperan sebagai semen yang mengikat batu bata tersebut.

Kemudian, lipid ini mencakup ceramides, kolesterol, dan asam lemak bebas yang sangat penting dalam menjaga kelembapan dan integritas kulit.

Selain itu, protein seperti filaggrin juga memainkan peran penting dalam membentuk dan memelihara struktur stratum korneum.

Mengenal Fungsi Utama Skin Barrier

1. Pelindung Fisik 

Skin barrier melindungi tubuh dari bahaya fisik seperti gesekan, tekanan, dan paparan sinar UV. Dengan adanya penghalang ini, kulit menjadi lebih tahan terhadap luka dan cedera kecil.

2. Pelindung Kimia 

Lapisan ini juga melindungi tubuh dari zat-zat kimia berbahaya yang dapat menyebabkan iritasi atau reaksi alergi.

Sementara itu, bahan kimia dari produk perawatan kulit, deterjen, dan polutan lingkungan dapat dihalangi oleh skin barrier.

3. Pertahanan Terhadap Patogen 

Skin barrier berfungsi sebagai garis pertahanan pertama terhadap mikroorganisme patogen seperti bakteri, virus, dan jamur.

Nah, dengan menjaga integritas penghalang kulit, risiko infeksi dapat diminimalkan. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan hal ini.

4. Mengatur Kelembapan

Salah satu fungsi vital skin barrier adalah menjaga kelembapan kulit dengan mencegah kehilangan air berlebihan (transepidermal water loss).

Hal ini penting untuk menjaga kulit tetap lembut, elastis, dan sehat. Kelembaban yang terjaga juga membantu dalam proses regenerasi kulit dan pemulihan dari luka.

5. Pengatur Suhu Tubuh

Dengan mengontrol kehilangan air dan mengatur aliran darah di kapiler kulit, skin barrier membantu dalam menjaga suhu tubuh yang stabil.

 

Skin barrier adalah komponen penting dari kesehatan kulit yang melindungi tubuh dari berbagai ancaman eksternal dan menjaga kelembapan.

Memahami fungsi dan cara merawat skin barrier dapat membantu kita dalam menjaga kesehatan kulit dan mencegah berbagai masalah kulit.

Dengan perawatan yang tepat, kita bisa memastikan skin barrier tetap kuat dan efektif dalam menjalankan fungsinya.

Itulah deretan fungsi skin barrier yang wajib Anda ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat.*** (Umi Uswatun Hasanah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *