Beauty

Pakai Sunscreen Diulang Berapa Kali? Ternyata Selama ini Banyak yang Keliru!

Pakai Sunscreen Diulang Berapa Kali
Panduan reapply penggunaan sunscreen, perlu diulang berapa kali? (Pexels/Qamar Rehman)

SKINCARE PEDIA РSunscreen menjadi  perlindungan terbaik untuk kulit Anda dari paparan sinar UV yang berpotensi merusak. Sinar UV dapat menyebabkan berbagai masalah kulit seperti sunburn, hiperpigmentasi, dan bahkan kanker kulit.

Oleh karena itu, penggunaan sunscreen secara teratur sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit Anda. Namun masih banyak yang bingung berapa kali penggunaan sunscreen yang tepat dalam sehari? Mari kita ulas selengkapnya

SPF Minimal 30: Kenapa Penting?

Pertama-tama, penting untuk memilih sunscreen dengan SPF minimal 30. SPF atau Sun Protection Factor menunjukkan seberapa baik suatu produk tabir surya melindungi kulit dari sinar UVB.

SPF 30 berarti kulit Anda akan terlindungi 30 kali lebih lama dari sinar UVB daripada jika Anda tidak menggunakan tabir surya sama sekali.

Penggunaan Sunscreen yang Benar

Pemakaian sunscreen perlu kita ulang secara berkala setiap 2 jam sekali dalam sehari. Ini penting terutama jika Anda berada di luar ruangan, terkena sinar matahari langsung, atau berkeringat.

Jika Anda berkegiatan di luar ruangan, aplikasikan sunscreen minimal 20-30 menit sebelumnya agar memiliki waktu untuk kulit serap.

Waktu yang Tepat untuk Menggunakan Sunscreen

Saat berkegiatan di luar ruangan, terutama antara pukul 10 pagi hingga 14 siang, Anda berisiko terkena paparan sinar matahari yang kuat. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengaplikasikan sunscreen sebelum Anda keluar rumah.

Pastikan untuk mengoleskan sunscreen secara merata ke seluruh tubuh, termasuk area yang sering terlupakan seperti leher, telinga, dan punggung tangan.

Pakai Ulang Setiap 2 Jam

Satu hal yang penting untuk Anda ingat adalah untuk selalu memakai ulang sunscreen setiap 2 jam sekali, terutama jika Anda masih berada di luar ruangan. Ini karena efektivitas sunscreen akan berkurang seiring waktu, terutama jika Anda berkeringat atau terkena air.

Dengan memakai ulang sunscreen secara teratur, Anda dapat memastikan bahwa kulit Anda tetap terlindungi sepanjang hari.

Tips Khusus untuk Kulit Kering

Bagi mereka yang memiliki kulit kering, disarankan untuk mengaplikasikan sunscreen 15 menit sebelum pergi ke luar. Hal ini memberi waktu bagi kulit untuk menyerap kelembaban dari sunscreen dan mencegah kulit menjadi lebih kering karena paparan sinar matahari.

Penggunaan sunscreen adalah langkah yang sangat penting dalam menjaga kesehatan kulit Anda. Memilih sunscreen dengan SPF minimal 30 dan menggunakannya secara teratur setiap 2 jam sekali akan membantu melindungi kulit Anda dari bahaya sinar UV.

Jangan lupa untuk mengaplikasikan sunscreen sebelum Anda keluar rumah, terutama jika Anda berkegiatan di luar ruangan atau saat sinar matahari sedang kuat.

Setelah menerapkan di kulit, Anda dapat menikmati kegiatan di luar ruangan tanpa khawatir tentang kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar UV.***(Hardiyansyah Supardi)

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *