Beauty

Panduan Skincare yang Dibutuhkan Bayi dan Cara Memilih agar Aman Digunakan

skicare yang dibutuhkan bayi
Panduan memilih skincare yang aman dan dibutuhkan bayi. (Pexels)

 

SKINCARE PEDIA – Perawatan kulit atau skincare tidak hanya orang dewasa yang membutuhkannya, tetapi juga pada bayi. Skincare sangat penting bagi bayi, karena dengan skincare kulit bayi menjadi lebih terjaga dan terawat serta jauh dari masalah kulit seperti gatal dan ruam.

Kulit bayi tentu berbeda dengan kulit orang dewasa. Kulit bayi masih sangat sensitif serta sistem kekebalan tubuh bayi masih tahap berkembang.

Selain itu pH pada kulit bayi juga lebih tinggi, terlebih pada kulit bayi baru lahir. Maka dari itu perlu kehati – hatian dalam memilih produk skincare untuk bayi.

Orang tua harus memperhatikan skincare pada bayi. Produk yang nantinya gunakan harus skincare yang aman, tidak mengandung alkohol, pewangi, dan harus sudah terdaftar dalam BPOM.

Cara Memilih Skincare untuk Bayi

1. Sesuaikan dengan Jenis Kulit Bayi

Setiap bayi pasti memilki jenis kulit yang berbeda-beda, ada kulit bayi yang kering, sensitif ataupun normal. Kulit kering akan cenderung bertekstur kering dan mengelupas, kulit jenis ini sangat membutuhkan pelembab maupun lotion.

Kulit yang sensitif cenderung mudah iritasi, mudah gatal, dan biasanya memilki warna kemerahan pada kulit. Bayi dengan kulit sensitif pastikan memakai skincare yang khusus untuk kulit sensitif, contohnya adalah skincare bayi yang menggunakan bahan- bahan alami.

2. Tidak memilki kandungan SLS dan Paraben

SLS dan Paraben adalah kandungan kimia yang terdapat di dalam produk perawatan kulit. Dalam memilih skincare untuk bayi sebaiknya hindari dua kandungan skincare ini. Sebab, kedua kandungan tersebut dapat memicu alergi dan membuat kulit kering.

Serta, yang paling berbahaya bisa memicu pertumbuhan sel kanker. Jadi pastikan skincare bayi kamu aman dari kandungan SLS dan Paraben ya!

3. Pilihlah Skincare dengan Kandungan Bahan Alami

Bahan- bahan alami pada skincare pasti terjamin dan aman untuk bayi. Ada beberapa bahan alami yang biasanya bisa kita baca pada komposisi skincare bayi.

Bahan-bahan alami itu di antaranya adalah minyak kelapa, minyak zaitun minyak almond, Avocado Oil dan Calendula Oil.

4. Pastikan Skincare Sudah Teruji Klinis dan Terdaftar BPOM

Kedua hal ini sangat kita perlukan untuk memastikan produk skincare tidak mengandung bahan yang berbahaya dan aman untuk kulit bayi. Cara memastikannya bisa dengan mengecek pada kemasan skincare.

Skincare yang Dibutuhkan Bayi

Orang tua harus tahu bahwa skincare tidak hanya membutuhkan minyak telon saja, bahkan ada yang lebih panting dan lebih bayi butuhkan. Apa saja? Simak penjelasnnya berikut ini.

1. Body Lotion

Seperti yang dijelaskan di atas tadi, justru minyak telon bukan produk yang wajib untuk bayi. Minyak telon hanya berfungsi untuk menghangatkan dan penggunaannnya cukup pada perut dan dada.

Skincare yang kulit bayi butuhkan adalah Body Lotion. Skincare ini berfungsi untuk melembabkan kulit bayi dan menjadikannya terasa lebih lembut. Serta, Body Lotion pada bayi juga dapat berfungsi agar kulit bayi terlihat lebih cerah.

2. Sabun

Sabun digunakan pada saat bayi mandi, sabun yang dipilih adalah sabun yang memilki pH seimbang dan tidak mengandung alkohol dan pewangi.

4. Face Creem

Dikutip dari detikhealt.com, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) telah melarang pengguaan bedak pada bayi. Hal ini dikarenakan bedak beresiko terhirup oleh hidung yang bisa menyebabkan sesak napas.

Maka dari itu untuk bisa menggantikan fungsi bedak, kamu bisa mennggunakan Face Creem untuk bayi kamu. Ada banyak produk Face Creem yang akan membuat wajah bayi kamu menjadi glowing.***(Ika Sriani)

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *