Penyebab Kemerahan pada Wajah dan Cara Ampuh Mengatasinya
Penjelasan penyebab kemerahan pada wajah dan cara mudah mengatasinya. (Pexels/Antoni Shkraba)

SKINCARE PEDIA – Apakah kamu pernah mengalami situasi di mana kondisi wajahmu tiba-tiba memerah? Jika iya, atau mungkin sedang mengalaminya, kamu perlu mencari solusi  untuk menangani permasalahan kulit ini.

Dalam mengatasi kulit kemerahan atau redness ini perlu kehati-hatian agar kulit tidak semakin sensitif dan menjadi iritasi.

Namun, sebelum kamu mengatasi hal ini, kamu juga perlu tahu penyebab apa saja yang bisa memicu kemerahan pada wajah. Yuk, simak penjelasannya!

Penyebab Kemerahan pada Kulit Wajah

Jenis pemicu wajah kemerahan beragam. Bisa karena alergi dengan paparan sinar matahari, alergi dengan makanan tertentu, kesalahan dalam memilih skincare, atau mungkin karena kamu terlalu sering melakukan eksfoliasi.

Penyebab lainnya bisa karena lupus yaitu penyakit autoimun di mana sistem kekebalan tubuhnya justru menyerang tubuhnya sendiri.

Salah satu ciri dari lupus ini adalah adannya pembengkakan atau kemerahan pada area sekitar pipi dan hidung yang biasanya sering dikenal dengan istilah “Topeng kupu-kupu”.

Walapum kemerahan pada wajah seperti ini bisa hilang dengan sendirinya, tapi kamu perlu mengatasinya karena masalah ini pasti sangat mengganggu.

Inilah Cara Meredakan Kemerahan pada Kulit Wajah

  1. Kompres dengan Air Dingin

Air dingin atau es bisa digunakan untuk meredakan wajah kemerahan yang disebabkan oleh alergi paparan sinar matahari. Dengan kompres air dingin bisa membantu meredakan peradangan wajah dan meredakan kulit yang sensitif.

  1. Lidah Buaya

Pada tanaman lidah buaya terdapat kandungan antioksidan di dalamnya yang mampu mengatasi peradangan kulit. Sebelum kamu gunakan untuk meredakan wajah merahmu, pastikan cuci lidah buaya sampai bersih.

Setelah itu, ambil daging tengahnya dan tempelkan pada wajahmu yang mengalami kemerahan. Kamu juga bisa merasakan efek dingin dari lidah buaya ini dengan memasukannya terlebih dahulu pada kulkas.

  1. Irisan Mentimun

Kamu juga bisa menggunakan irisan mentimun untuk meredakan kemerahan pada wajah. Mentimun juga bisa kamu tumbuk untuk kamu jadikan scrub dan tempelkan pada wajah. Mentimun memberi efek menenangkan dan dingin pada wajah.

  1. Lindungi Kulit dengan Sunscreen

Untuk meredakan kemerahan karena paparan sinar matahari, kamu perlu menggunakan sunscreen untuk melindungi wajah. Cara ini ampuh untuk mengurangi ruam dan kemerahan pada wajah.

  1. Hentikan Penggunaan Skincare Tertentu

Jika wajah kemerahanmu karena penggunaan skincare yang tidak cocok dengan tipe kulit, sebaikanya kamu hentikan penggunaannya. Hindari produk yang mengandung alkohol, parfum dan bahan berbahaya lainnya.

Untuk kamu yang sedang menggunakan produk eksfoliasi terlalu sering cobalah untuk melakukannya 1-2 kali dalam seminggu saja.

Penutup

Itulah penyebab kemerahan pada kulit wajah beserta cara mengatasinya. Bagi kamu yang sudah melakukan pengobatan secara mandiri seperti di atas, namun masih mengalami kondisi semakin kronis, sebaiknya datangi klinik atau dokter spesialis.

Mungkin saja ada hal lain yang memang harus diatasi dengan pengobatan tertentu dan secara profesional.***(Ika Sriani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *