Beauty

Penyebab Pori-Pori Wajah Besar, Ketahui Akar Masalahnya

penyebab pori-pori wajah besar
Akar masalah penyebab pir-pori wajah besar. (Pixabay/Kjerstin_Michaela)

SKINCARE PEDIA – Semua orang pasti mengingikan kulit yang halus, tanpa noda, jerawat dan mulus seperti terlihat tidak ada pori –pori. Pori pori adalah lubang atau tempat jalan keluarnya rambut yang ada di kulit kita.

Selain itu juga memilki fungsi mengeluarkan minyak alami dan keringat. Namun tidak jarang di antara kita yang memiliki pori –pori besar.

Terkadang bagian wajah yang sering mengalami masalah pori – pori besar ada di area sekitar hidung. Sebenarnya apa sih yang menyebabkan pori – pori menjadi besar ?

Yuk ketahui apa yang menjadi penyebab pori – pori besar. Berikut ini faktor yang mungkin menyebabkan pori – pori wajah menjadi besar.

Penyebab Pori- Pori Wajah Menjadi Besar

1. Faktor Genetik

Faktor yang menjadi penyebab pori-pori wajah besar salah satunya yaitu faktor genetik. Beberapa orang memilki pori – pori wajah besar karena keturunan dari anggota keluarganya.

Apakah keluargamu memilki pori-pori wajah besar? Mungkin ini yang menyebabkan pori-pori wajahmu juga besar.

2. Produksi Minyak Wajah yang Berlebih

Faktor penyebab yang bisa menyebabkan pori pori wajah seseorang besar yaitu produksi minyak wajah yang berlebihan. Minyak yang berlebih ini dapat menyumbat pori-pori dan akan membuatnya terlihat lebih besar.

3. Produk Comedogenic

Penyebab pori-pori wajah menjadi besar yang berikutnya yaitu penggunan produk comedogenic. Pengguaan produk comedogenic ini menyebabkan banyak sumbatan komedo di kulit kamu sehingga menyebabkan pori-pori terlihat besar.

Ada beberapa ciri bahwa produk itu comedogenic di antaranya adalah mengandung coconut oil, Coconat Butter, Lanolin, Sodium Lauryl Sulfate, dan Red Algae. Jadi jika kamu tidak ingin pori-pori wajah besar maka hindari produk dengan kandungan tersebut.

4. Paparan Sinar Matahari

Sinar matahari dapat merusak kulit, apalagi jika kamu tidak menggunakan tabir surya atau sunscreen. Terlalu sering terkena paparan sinar matahari akan menyebabkan pori-pori wajah menjadi besar.

Dikutip dari sk-ii.co.id sinar matahari akan menembus lapisan kulit dan akan merusak bahan utama yang dibutuhkan menjaga kekeancangan kulit yaitu kolagen dan dan elastin.

5. Stres dan Perubahan Hormon

Faktor yang menjadi penyebab pori-pori wajah menjadi besar yang selanjutnya adalah stress. Tingkat stres akan memengaruhi hormon pada seseorang sehingga bisa menjadi penyebab pori-pori besar dan muncul jerawat pada wajah.

Pada wanita terkadang perubahan hormon terjadi pada saat dia menstruasi, pada saat inilah pori-pori wajah menjadi membesar

6. Pola Makan Tidak Sehat

Pola makan juga menjadi salah satu penyebab kenapa pori-pori wajah menjadi besar. Perlu kamu tahu kalau  apa yang kamu makan tidak hanya memengaruhi proses pencernaan saja tetapi juga memengaruhi pori-pori wajah.

Ada beberapa jenis makanan yang bisa menjadi penyebab pori-pori besar, di antaranya makanan cepat saji, makanan tinggi gula, makanan tinggi lemak, jenis goreng-gorengan. Jadi mulai sekarang jaga pola makan agar pori-pori wajah kamu terjaga.

Setelah mengetahui faktor penyebab pori-pori besar pada wajah, kini kamu bisa menjaga kulit kamu agar tetap terlihat sehat dan mulus.***(Ika Sriani)

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *