Perawatan Wajah Alami untuk Usia 30an, Mencegah Tanda Penuaan
Perawatan wajah alami usia 30an untuk mengatasi tanda penuaan. (Anna Shvets)

SKINCARE PEDIA – Bagi kamu yang sudah memasuki usia 30an tentu mengalami berbagai masalah tanda penuaan. Biasanya ditandai dengan munculnya bintik-bintik hitam, garis halus, dan kerutan di area wajah.

Selain karena faktor usia, tanda penuaan juga bisa disebabkan oleh paparan sinar matahari secara terus menerus apalagi tanpa perlindungan.

Meskipun usia semakin bertambah, tapi sah-sah saja jika kamu menginginkan tampilan yang awet muda dengan kulit yang sehat.

Untuk mendapatkannya kamu perlu melakukan rutinitas perawatan kulit dengan konsisten. Konsisten adalah kunci untuk mendaptkan hasil yang lebih maksimal.

Berikut ini perawatan wajah untuk usia 30-an secara alami. Kamu bisa ikuti untuk mendapatkan hasilnya.

Perawatan Wajah Alami untuk Usia 30an

1. Rajin Eksfoliasi

Untuk membantu mencegah tanda-tanda penuaan lakukan eksfoliasi secara rutin. Penuaan dini terjadi karena adanya penumpukan sel-sel kulit mati pada permukaan kulit.

Jika penumpukan ini dibiarkan saja, akan menyebabkan kulit menjadi terlihat kusam. Untuk itu lakukan eksfoliasi 2 kali dalam seminggu. Untuk mengangkat sel-sel kulit mati ini kamu bisa gunakan dengan scrub berbahan alami contohnya saja scrub kopi.

2. Mengonsumsi Makanan Sehat

Makanan tidak hanya untuk membuatmu kenyang, tetapi berperan penting juga pada kesehatan kulitmu. Dengan mengonsumsi makanan sehat yang mengandung antioksidan ini akan membantu kamu dalam mengatasi tanda-tanda penuaan.

Selain itu makanan yang megandung antioksidan juga berguna untuk mencegah radikal bebas yang membawa pengaruh buruk bagi kulit sehingga kulit mengalami kerusakan bahkan yang lebih berbahaya yakni kanker kulit.

Kamu bisa konsumsi makanan dengan kandungan antioksidan seperti buah beri, anggur, atau kacang-kacangan. Selain sebagai antioksidan buah-buahan juga dapat membantu kulit untuk tetap terhidrasi karena kandungan airnya yang banyak.

3. Menggunakan Tabir Surya

Perawatan wajah pada usia 30an yang harus tetap digencarkan adalah menggunakan tabir surya setiap hari. Meskipun kamu hanya beraktivitas di dalam rumah. Minimal gunakan tabir surya dengan SPF 30 pada pagi dan siang hari.

Tabir surya akan memberi perlindungan kulit dari paparan sinar matahari yang bisa menyebabkan munculnya tanda penuaan serta membuat kulit kusam. Dalam penggunaanya pun tabir surya harus diulang secara berkala yaitu setiap 2 jam sekali.

4. Menggunakan Pelembab

Perawatan wajah usia 30-an selanjutnya adalah kamu harus rutin mengoleskan pelembab agar kulitt kamu tetap terhidrasi sepanjang hari.

Gunakanlah pelembab dengan kandungan vitamin A atau C untuk mencegah proses penuaan dini. Dengan kandungan vitamin A dan C, pelembab mampu mencerahkan kulit dan menyamarkan noda hitam.

Menjelang usia 30-an kamu bisa pilih pelembab yang mengklaim memiliki manfaat anti aging.

5. Mengonsumsi Air Putih

Untuk mencegah penuaan dini mulailah untuk rajin mengonsumsi air putih. Dengan air putih kulit kamu akan terhidrasi dan membantu memproduksi kolagen secara alami.

Konsumsilah air putih minimal 8 gelas dalam sehari agar kulit tampak lebih cerah. Hindari minuman yang banyak mengandung gula, kafein maupun mengandung alkohol.

Selain beberapa perawatan di atas kamu juga perlu menjaga pola tidur, rajin berolahraga, serta mengelola stress dengan baik agar kamu tetap terlihat awet muda meskipun usia 30-an. Jangan lupa ikuti cara alami di atas untuk mendapatkan kulit yang sehat. Mudah bukan?***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *