Perbedaan Sunscreen dan Day Cream, Manakah yang Paling Penting
Penjelasan perbedaan Sunscreen dan Day Cream. (Pexels/Alena Darmel)

SKINCARE PEDIA – Sunscreen dan Day Cream adalah dua produk perawatan kulit yang berbeda fungsinya. Menggunakan sunscreen untuk aktivitas sehari-hari dapat mencegah kanker kulit dan tanda-tanda penuaan dini.

Semua tipe kulit harus menggunakan sunscreen untuk melindungi wajah dari kerusakan akibat bahaya sinar ultraviolet. Pada tahapan perawatan kulit pagi hari, sunscreen berada pada step terakhir. Sunscreen perlu berada di lapisan terluar agar bekerja lebih optimal.

Sementara itu day cream perlu kamu gunakan ke wajah sebelum sunscreen. Harus kamu pastikan day cream tersebut tidak mengandung bahan- bahan yang bisa menghalangi kinerja sunscreen.

Lalu apa saja perbedaan sunscreen dan Day Cream?

Perbedaan Sunscreen dan Day Cream

Sunscreen dan day cream memiliki beberapa perbedaan yang signifikan di antaranya sebagai berikut.

1. Dari Segi Manfaat

Sunscreen bermanfaat untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang berlebih. Sunscreen bekerja dengan cara menyerap atau memantulkan sinar matahari agar tidak sampai ke kulit.

Sedangkan day cream berfungsi untuk melembabkan dan menutrisi kulit. Adapun fungsi lain dari day cream adalah untuk menyamarkan noda hitam dan mencerahkan kulit.

Day cream biasanya mengandung bahan- bahan yang dapat menghidrasi kulit seperti hyaluronic acid, glycerin, dan ceramide. Beberapa dari day cream juga memiliki SPF untuk melindungi dari sinar matahari.

2. Dari Segi Teksturnya

Sunscreen memiliki tekstur yang lebih ringan sehingga cocok digunakan untuk kegiatan sehari hari. Sedangkan pada day cream teksturnya lebih kental daripada sunscreen sehingga memerlukan waktu yang lama untuk menyerap ke dalam kulit.

Day cream juga dapat menempel dan bertahan lebih lama di kulit dibandingkan dengan sunscreen yang harus reapply tiap 2 jam sekali. Biasanya day cream cocok untuk digunakan sebagai dasar make up.

Penting Mana Sunscreen atau Day Cream?   

Banyak pertanyaan mengenai sunscreen dan day cream itu lebih penting yang mana, apakah dengan memakai day cream tidak perlu pakai sunscreen?

Jika kamu menginginkan untuk tidak memakai sunscreen kamu perlu memastikan beberapa beberapa hal terlebih dahulu.

Pertama, kamu harus tahu dulu berapa SPF yang terkandung dalam day cream, jika dalam kemasan day cream tidak disebutkan atau di bawah 30, maka perlu kamu timpa dengan sunscreen.

Kedua, dalam penggunaan day cream tidak mungkin sebanyak 2 jari seperti yang dilakukan pada sunscreen. Maka dari itu wajah perlu proteksi dari sunscreen untuk mendapat perlindungan dari sinar matahari.

Kesimpulan

Mengenai pentingnya sunscreen dan day cream, keduanya sama- sama penting. Ini tergantung pada kebutuhan kulit masing-masing. Dengan menggunakan keduannya sekaligus kulit kamu akan menunjukan hasil yang optimal.

Namun untuk kamu yang tidak terbiasa memakai day cream kamu boleh- boleh saja melewatinya. Karena terkadang ada sebagian orang mengalami wajah kusam atau kurang nyaman dengan penggunaan day cream. Semoga bisa menjawab pertanyaanmu ya.***(Ika Sriani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *