Perbedaan Sunscreen dan Pelembap
Perbedaan manfaat sunscreen dan pelembap untuk perawatan kulit sehat. (Pexels)

SKINCARE PEDIA – Apakah sunscreen dan pelembap memiliki manfaat yang sama? Pertanyaan ini sangat umum, terutama bagi kamu yang ingin menjaga kesehatan kulit. Yuk, kita bahas lebih dalam perbedaan antara keduanya!

Pentingnya Sunscreen dan Pelembap

Ketika kamu beraktivitas di luar ruangan, kulit wajahmu pasti terpapar sinar matahari secara langsung. Paparan sinar UV dapat menyebabkan kerusakan kulit, penuaan dini, bahkan meningkatkan risiko kanker kulit.

Oleh karena itu, kamu perlu melindungi kulitmu dengan menggunakan tabir surya atau sunscreen. Selain itu, kulit juga membutuhkan pelembap untuk menjaga kekenyalan dan menyeimbangkan pH kulit.

Apa Bedanya Sunscreen dan Pelembap?

Di pasaran, ada banyak jenis sunscreen dan pelembap yang beragam. Tak jarang, tekstur sunscreen mirip dengan pelembap, sehingga banyak orang mengira keduanya memiliki fungsi yang sama.

Padahal, sunscreen dan pelembap memiliki perbedaan yang signifikan. Yuk, kita lihat perbedaannya!

1. Perbedaan Fungsi

Sunscreen dan pelembap memiliki fungsi dan komposisi yang berbeda. Sunscreen berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV/UVB.

Oleh karena itu, pada kemasan sunscreen biasanya terdapat keterangan SPF dan PA, yang menunjukkan tingkat proteksi terhadap sinar matahari. Semakin tinggi kandungan tersebut, semakin tinggi proteksinya.

Sedangkan pelembap berfungsi untuk melembapkan, menghidrasi, dan menutrisi kulit, serta memperbaiki skin barrier. Pelembap membantu menjaga kekenyalan kulit dan mencegah kulit kering.

2. Cara Penggunaan

Penggunaan sunscreen dan pelembap dalam rutinitas skincare sama-sama penting. Jika kamu memiliki kulit berminyak, kamu bisa melewatkan pelembap karena beberapa kandungan dalam pelembap dapat membuat wajah lebih kilap.

Namun, jika kamu memiliki kulit kering, sangat disarankan untuk menggunakan pelembap setelah sunscreen, karena sunscreen saja tidak cukup untuk menjaga kelembapan kulitmu.

3. Takaran Penggunaan

Penggunaan sunscreen dan pelembap juga berbeda dalam hal takaran. Untuk sunscreen, dianjurkan menggunakan sebanyak dua ruas jari dan harus diaplikasikan ulang setiap 2-3 jam sekali.

Sedangkan untuk pelembap, takarannya harus disesuaikan dengan kebutuhan jenis kulitmu. Menggunakan terlalu sedikit atau terlalu banyak produk dapat mengurangi efektivitasnya.

4. Ketahanan Terhadap Air

Sunscreen umumnya memiliki daya tahan terhadap air yang lebih tinggi dibandingkan pelembap. Jadi, jika kamu hobi berenang, tidak perlu khawatir karena sunscreen tidak akan mudah luntur jika terkena air. Sebaliknya, pelembap cenderung mudah luntur jika terkena air atau keringat.

5. Tingkat Konsistensi

Sunscreen biasanya memiliki konsistensi yang lebih lengket dan beberapa produk sunscreen bisa meninggalkan hasil yang terlihat putih di wajah. Sementara itu, pelembap umumnya lebih ringan dan mudah menyerap ke dalam kulit.

Kesimpulan

Nah, sekarang kamu sudah tahu perbedaan antara sunscreen dan pelembap. Keduanya memiliki fungsi yang sangat penting dalam rutinitas perawatan kulitmu.

Jadi, jangan bingung lagi saat memilih produk skincare. Pastikan kamu menggunakan sunscreen untuk melindungi kulit dari sinar UV dan pelembap untuk menjaga kelembapan dan kesehatan kulitmu.

Dengan mengetahui perbedaan ini, kamu bisa lebih cermat dalam merawat kulitmu dan mendapatkan hasil yang optimal. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan kulit dengan menggunakan produk yang tepat dan sesuai kebutuhanmu. Selamat mencoba!***(Ika Sriani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *