Perbedaan Sunscreen dan Sunblock
Penjelasan perbedaan sunscreen dan sunblok untuk perawatan kulit sehari-hari. (Pexels/Karolina Grabowska)

SKINCARE PEDIA – Apakah kamu selalu menggunakan tabir surya jika beraktivitas di luar ruangan ? tabir surya adalah produk yang berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Tabir surya juga sering dikenal dengan sebutan sunscreen maupun sunblock.

Produk mana yang kmau pakai untuk aktivitas keseharianmu? Menurutmu, apakah keduanya sama? Yuk, simak ulasanya berikut ini.

Perbedaan Sunscreen dan Sunblock

Kandungan Sunscreen dan Sunblock

Meskipun fungsinya sama-sama untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet  tapi kamu harus tahu kalau sunscreen dan sunblock memiliki kandungan yang berbeda

Sunscreen umumnya mengandung senyawa kimia berupa oxybenzone, avobenzone, atau octixonate yang berfungsi menyerap sinar UV yang kemudian mengubah panas menjadi tidak berbahaya.

Sedangkan pada sunblock terdapat kandungan berbahan mineral seperti titanium dioxide dan zinc oxide yang fungsinya memantulkan sinar matahari.

Tekstur Produk

Perbedaan yang selanjutnya ada pada tekstur keduanya, sunscreen memiliki tekstur yang ringan dan mudah menyerap kulit.

Tekstur yang seperti ini membuat kulitmu akan terasa  lebih nyaman. Umumnya sunscreen berbentuk gel, krim, lotion ataupun spray.

Sedangkan sunblock teksturnya lebih berat dan kental dibandingkan dengan sunscreen, sehingga akan membuat kulit kamu akan terasa kaku jika menggunakannya.

Dengan tekstur yang seperti itu membuatnya lama terserap oleh kulit. Umumnya sunblock berbentuk krim atau lotion.

Mekanisme Kerja Sunscreen dan Sunblock

Sunscreen fungsi umumnya adalah untuk menyerap radiasi matahari yang kemudian mendistribusikan ke kulit supaya menjadi zat yang tidak berbahaya.

Sunscreen ini biasanya butuh jeda waktu untuk bereaksi. Oleh karena itu, sebaiknya dipakai sekitar 15 menit sebelum kamu memulai aktivitas luar rumah.

Sedangkan sunblock dia akan memantulkan sinar matahari. Jika kita oleskan sunblock pada kulit maka kulit kita langsung bisa mendapatkan proteksinya.

Kapasitas Perlindungan

Meskipun ada beberapa sunscreen yang bisa melindungi kulit dari sinar UV dan UVB, namun umumnya sunscreen hanya melindungi kulit dari sinar UVB saja.

Sedangkan pada sunblock memiliki kandungan yang dinilai efektif untuk melindungi kulit dari kedua jenis sinar ultraviolet yaitu UVA dan UVB.

Mana yang Paling Cocok untuk Aktivitas Sehari- hari?

Tentang memilih antara keduanya kembali ke kepentingan masing-masing. Tentunya dengan menyesuaikan kebutuhan kulit dan kegiatan dari setiap individu.

Kamu yang memiliki tipe kulit sensitif, sunblock menjadi pilihan yang paling tepat. Sedangkan yang punya kulit rentan alergi lebih baik pilih sunscreen untuk melindungi kulit kamu  dari sinar matahari.

Nah itu ulasan seputar perbedaan sunscreen dan sunblock. Pastikan kamu tidak salah lagi dalam memilih jenis tabir surya, agar kulitmu selalu terjaga dan tetap sehat.***(Ika Sriani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *